...
isi kandungan surat luqman
5-min read

Isi Kandungan Surat Luqman dan Pesan Penting di Dalamnya

isi kandungan surat luqman

Isi kandungan Surat Luqman mempunyai pesan penting untuk manusia. Simak penjelasan lengkapnya!

Al-Qur’an, sebagai kitab suci bagi umat Muslim, merupakan sumber ilmu dan petunjuk kehidupan. Di dalamnya terdapat berbagai surat yang mengandung hikmah dan pesan bijak.

Salah satu surat yang terkandung di dalamnya adalah Surat Luqman, yang menawarkan pelajaran berharga dan nasihat yang relevan untuk kehidupan kita saat ini. Nah, apa kamu sudah pernah membaca dan memahami isi Surat Luqman di Al-Qur’an? Kalau belum, yuk, jelajahi isi kandungan Surat Luqman dan menemukan hikmah di balik setiap ayatnya berikut ini

Isi Kandungan Surat Luqman

Surat Luqman adalah surat ke-31 dalam Al-Qur’an, terdiri dari 34 ayat. Isi kandungan surat ini berisi nasihat-nasihat penting manusia yang penuh dengan kearifan dan kebenaran. Berikut di antaranya:

Info wajib baca: Pentingnya Menerapkan Perilaku Taubat dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Isi kandungan Surat Luqman: Pentingnya ilmu

isi kandungan surat luqman
Source: Pustaka Guru

Surat Luqman menegaskan betapa pentingnya ilmu untuk kehidupan manusia dan sikap orang-orang yang menganggap remeh soal keilmuan. Hal ini sebagaimana yang tercantum pada ayat 6-7, yaitu:

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan percakapan kosong untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa ilmu dan menjadikannya olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan. Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami, dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbatan di kedua telinganya, maka gembirakanlah dia dengan azab yang pedih.” (QS. Luqman [31]: 6-7)

Ayat ini menekankan pentingnya mencari ilmu pengetahuan yang benar dan mengikuti petunjuk Allah. Perdebatan tanpa ilmu dan sombong dalam menolak kebenaran adalah perilaku yang merugikan diri sendiri dan dapat menyebabkan seseorang tersesat dari jalan yang benar.

2. Pentingnya mensyukuri nikmat Allah

Isi kandungan Surat Luqman juga mengajak manusia untuk bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya. Pada ayat 12, disebutkan bahwa, 

“Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.’ (QS. Luqman [31]: 12)

Ayat ini menegaskan pentingnya mensyukuri setiap nikmat yang diberikan oleh Allah. Bersyukur bukan hanya akan membawa manfaat bagi diri sendiri, tetapi juga akan mendatangkan lebih banyak berkah dari Allah. Sebagai manusia yang lemah dan rentan, kita harus selalu mengenang nikmat-Nya dan berterima kasih atas segala yang telah diberikan-Nya.

3. Isi kandungan Surat Luqman: Nasihat bijak untuk anak

Source: Purnawarta

Surat Luqman berlanjut dengan menyampaikan nasihat bijak dari Luqman kepada putranya. Ayat-ayat ini berisi petunjuk tentang bagaimana hidup dengan akhlak yang baik dan menjauhi perbuatan yang sia-sia.

Luqman menasihati putranya untuk berbakti kepada orang tuanya dan menjaga hubungan yang baik dengan mereka, serta untuk menghindari kesombongan dan sikap congkak.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman [31]: 14)

Nasihat-nasihat ini menekankan pentingnya berbuat baik kepada orang tua sebagai bentuk penghormatan atas jerih payah mereka dalam mendidik dan membesarkan kita. Selain itu, Surat Luqman juga mengingatkan agar kita senantiasa merendahkan diri dan tidak sombong dalam bersikap, karena kesombongan adalah sifat yang tidak disukai oleh Allah.

Info wajib baca: Kultum Singkat tentang Sedekah yang Bikin Semangat Tambah Pahala

4. Keyakinan pada kebangkitan setelah kematian

Salah satu tema sentral dalam Surat Luqman adalah keyakinan pada kehidupan setelah kematian dan hari kiamat. Isi kandungan ini pun terdapat pada ayat 2, yaitu:

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. Menciptakan dan membangkitkan kamu (bagi Allah) hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja (mudah). Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Melihat” (QS. Luqman [31]: 27-28)

Ayat ini mengajak kita untuk merenungkan betapa Allah Maha Kuasa dalam menciptakan segala sesuatu. Dia-lah yang menciptakan kehidupan dari tanah kering dengan air hujan yang turun dari langit.

Dengan demikian, ayat ini juga menegaskan bahwa Allah memiliki kekuasaan mutlak untuk menghidupkan kembali kita setelah mati dan mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita di akhirat.

Perintah dan larangan dalam Surat Luqman memberikan panduan bagi kita dalam menjalani kehidupan dengan akhlak yang baik dan berpegang teguh pada kebenaran. Kita diajarkan untuk merendahkan diri, berbakti kepada orangtua, dan menghindari sikap sombong yang merusak hubungan kita dengan Allah dan sesama.

Mari ambil hikmah dari Surat Luqman dan terapkan ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran, kita akan mampu menjalani kehidupan dengan bijaksana dan beroleh kesuksesan di dunia dan akhirat.


Nah, sudah tahu isi kandungan Surat Luqman, semoga ini menjadikan kita semua sebagai pribadi yang bertaqwa, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare