...
kultum singkat tentang sedekah
5-min read

Kultum Singkat tentang Sedekah yang Bikin Semangat Tambah Pahala

kultum singkat tentang sedekah

Simak kultum singkat tentang sedekah biar makin semangat tambah pahala di bulan Ramadan.

Sedekah jadi salah satu ibadah yang paling dianjurkan dalam agama Islam. Namun, terkadang kita merasa sulit untuk melaksanakannya secara rutin. Bagaimana cara agar kita semangat dan lebih rajin beramal dengan sedekah? Kita harus mendapatkan motivasi baik dari keluarga atau orang terdekat, bahkan diri sendiri.

Agar bisa mendapatkan motivasi untuk bersedekah, kita bisa menyimak sebuah ceramah atau kultum. Nah, buat kamu atau adik-adikmu yang dapat tugas untuk menyampaikan kultum tentang sedekah, simak kultum singkat berikut agar terus semangat tambah pahala.

Dengan tips-tips praktis dan inspiratif ini, kamu akan menjadi lebih mudah untuk melakukan kebaikan dan mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk memperbanyak amalan baikmu!

Apa Itu Sedekah?

kultum singkat tentang sedekah
Source: Bola.com

Sedekah adalah sebuah bentuk amal yang dilakukan dengan memberikan sebagian harta kepada orang lain. Dalam Islam, sedekah dianggap sebagai suatu ibadah yang dapat mendekatkan seseorang kepada Allah SWT. Sedekah juga dapat diberikan kepada fakir miskin, anak yatim, korban bencana, dan sebagainya.

Sedekah sendiri memiliki pahala yang cukup besar, lho. Ditambah di bulan Ramadan, pahala dari keutamaan bersedekah juga tentunya meningkat. Tapi, emang sedekah itu penting? Kenapa kita harus bersedekah? Apa, sih, manfaatnya di kehidupan kita?

Semua pertanyaan tersebut akan dijawab dalam contoh kultum singkat tentang sedekah berikut ini! Kultum berikut bisa disampaikan baik kepada para jemaat di masjid, murid-murid di sekolahan, atau yang paling dekat, teman-teman dan keluarga kamu, terutama adik-adik biar semangat bersedekahnya bisa ditanamkan sejak dini.

Info wajib baca: 9 Ide Dekorasi Idul Fitri untuk Kantor Biar Makin Cakep | Bisa Kamu Bikin Sendiri Juga

Contoh Kultum Singkat tentang Sedekah

Bismilahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas izinnya, saya dapat hadir dan diizinkan untuk memberikan kultum singkat di hari ini. Para hadirin yang dirahmati Allah SWT, pada kali ini, saya akan menyampaikan kultum singkat mengenai salah satu amalan yang mungkin terdengar sederhana tapi cenderung sulit dilakukan, apa itu? Sedekah.

Sedekah adalah salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW telah mengajarkan kita bahwa sedekah dapat meningkatkan pahala di sisi Allah SWT. Oleh karena itu, sedekah ini penting dilakukan, bahkan ada Muslim yang rutin melakukan sedekah.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyatakan: “Barangsiapa yang menolong (melakukan) sedekah maka ia telah membantu dirinya sendiri.” (HR. Muslim). Hadis ini menunjukkan betapa berharganya sedekah bagi siapa pun yang melakukannya. Dengan bersedekah, kita bukan hanya membantu orang lain, tapi juga membantu diri sendiri untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu akan mendatangkan suatu keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim). Artinya, dengna bersedekah, kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, sebagai balasan dari kebaikan yang kita perbuat dengan bersedekah ini. Mashaa Allah.

Nggak melulu soal harta, waktu, ataupun energi yang kita berikan kepada orang lain secara sukarela tanpa berharap timbal balik, itu juga bisa termasuk kedalam sedekah. “Tapi saya belum punya banyak harta untuk bersedekah”, nggak perlu menunggu untuk memiliki banyak harta agar bisa bersedekah, sebab yang penting adalah niat dan keikhlasan hati kita, bukan seberapa banyak harta yang kita beri.

Dengan memberikan ceramah pun, secara tidak langsung ini adalah sebuah sedekah. Sedekah apa? Sedekah ilmu, pengetahuan mengenai kebajikan apa yang penceramah miliki, disebarkan dan diberikan kepada orang-orang, dan jadi sebuah hal yang berguna.

Info wajib baca: Catat! 20 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Sedekah juga dapat mencegah kita dari kemurkaan Allah SWT. Di dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 195 disebutkan: “Dan janganlah kamu menjauhkan (sedekah) itu [diwajibkan] bagimu, sedekah yang disyariatkan untuk mengekalkan hubungan silaturrahim”.

Kata “menjauhkan” di sini dapat diartikan sebagai menunda-nunda atau enggan untuk melakukannya. Jadi, ketika kita enggan dan/atau menunda untuk bersedekah, sama saja kita menunda untuk mengekalkan hubungan silaturahmi, bahkan menunda kesempatan untuk mencegah kita mendapatkan kemurkaan Allah SWT.

Dengan bersedekah, sekecil apa pun nominalnya, tetap akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 261, di mana Allah SWT berfirman:

لُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

(Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab’a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā’ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi’un ‘alīm)

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia Kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.”

Untuk itu, saudara-saudaraku yang dirahmati Allah SWT, janganlah kita malas apalagi sampai enggan untuk bersedekah. Karena walaupun sederhana, tapi pahala dan balasan yang didapatkan dapat membantu kita di dunia maupun akhirat nanti.

Demikian kultum singkat yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita senantiasa dilindungi dan diberkahi oleh Allah SWT, aamiin Yaa Rabbal ‘alamin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Nah, itu dia tadi contoh kultum singkat mengenai sedekah yang pastinya, bikin makin semangat buat melakukan salah satu amalan kebaikan yang simpel ini! Setelah mengetahui manfaat dari sedekah, yakin kamu masih nggak tergerak buat menyisihkan sedikit rezeki buat orang-orang yang lebih membutuhkan?

Buat kamu yang udah siap, jangan lupa niat sedekahnya ikhlas karena Allah SWT, ya! Lebih bagus lagi kalau kamu sedekah secara diam-diam, atau tidak menunjukkan berapa nominal yang kamu sedekahkan, agar pahalanya lebih mantep lagi! Semoga bermanfaat!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare