...
jajanan khas betawi
5-min read

12 Jajanan khas Betawi yang Populer dan Banyak Diburu, Kamu Suka yang Mana?

jajanan khas betawi

Jajanan khas Betawi memang paling juara, deh. Ini beragam jajanannya!

Sudah pergi ke ibu kota Jakarta? Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan Betawi yang lezat dan enak ya. Indonesia memiliki banyak daerah dan suku yang berbeda, yang menghasilkan keragaman budaya, termasuk pakaian tradisional dan makanan.

Setiap daerah memiliki makanan khas yang unik, baik makanan utama maupun minuman ringan. Salah satunya makanan khas Betawi yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya

Jajanan khas Betawi mungkin sekarang sedikit lebih sulit ditemukan, dan mungkin hanya tersedia di tempat tertentu atau pada acara khas Betawi. Penasaran dengan jajanan khas betawi? Yuk, cek dibawah ini ya!

Info wajib baca: Wajib Tahu! Ini Dia 5 Jenis Ular yang Tidak Berbisa

Jajanan khas Betawi yang Wajib Dicoba

Ada beragam jajanan khas Betawi yang layak untuk kamu coba. Antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Kerak telor

Source: Fimela.com

Kerak telor adalah salah satu jajanan khas Betawi yang paling terkenal. Hidangan ini terbuat dari beras ketan, telur, dan bumbu-bumbu khas Betawi.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan beras ketan dan telur lalu menggorengnya hingga mengeras. Kerak telor biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri, memberikan cita rasa yang gurih dan harum.

2. Es selendang mayang

Es selendang mayang adalah minuman khas Betawi yang segar dan manis. Minuman ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan.

Namanya yang unik berasal dari penampilannya yang mengingatkan pada selendang yang dililitkan. Es selendang mayang biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang memberikan tekstur dan rasa yang lezat.

3. Kue pancong

Kue pancong adalah jajanan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Dan dibuat dengan cara memanggangnya dalam cetakan khusus yang memberikan bentuk bundar dengan lubang di tengahnya.

Biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah, yang memberikan kombinasi rasa manis dan gurih yang lezat. Makanan ini bisa ditemukan di beberapa warung kopi, salah satunya warkop.

4. Kue cucur

Source: Independen Media

Kue cucur adalah jajanan khas Betawi yang memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah, kue cucur biasanya digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan.

Setelah digoreng, kue cucur disajikan dengan taburan gula pasir yang memberikan rasa manis yang sempurna. Biasanya kue ini tersedia untuk acara arisan keluarga maupun pengajian rumahan.

5. Kue putu mayang

Putu mayang adalah makanan betawi yang biasa dimakan saat lapar. Dua ciri khas kue ini adalah rasa manis, tekstur kenyal, dan penampilan warna-warni yang indah.

Kue berwarna putih, merah, dan hijau biasanya berasal dari daun pandan yang harum. Keu putu mayang biasanya disajikan dengan kuah gula merah karena terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan gula merah.

Hingga hari ini pun, putu mayang masih banyak dijual oleh pedagang yang menggunakan gerobak dan berkeliling. Harganya pun terbilang sangat murah.

6. Kue ape

Kue apes tipis dengan bagian tengah yang tebal dan sedikit basah adalah camilan yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia. Biasanya kue ape ini berwarna hijau dan memiliki tekstur yang renyah dan garing di pinggirannya.

Mereka juga manis dengan aroma pandan. Namun, saat ini, kue ape tersedia dalam berbagai varian yang dicampur dengan cita rasa modern, seperti meises, keju, cokelat, selai nanas, pisang, dan lainnya.

Info wajib baca: 4 Manfaat Minyak Biawak yang Perlu Kamu Tahu | Beserta Mitos dan Bahayanya

7. Kembang goyang

Kembang goyang biasanya disajikan pada hari raya atau pesta masyarakat Betawi, yang berbeda dengan beberapa jajanan sebelumnya. Pemberian nama kembang goyang bukan tanpa alasan.

Karena bentuknya mirip dengan bunga dan perlu digoyang-goyang saat dibuat, kue ini disebut “kembang goyang”. Tepung beras yang digoreng garing dengan wijen digunakan untuk membuat kembang goyang. Kue ini memiliki rasa gurih dan manis.

8. Bir pletok

Bir pletok adalah minuman Betawi lainnya yang berhasil menjadi ikon kebudayaan Betawi. Ini adalah minuman tanpa alkohol, meskipun memiliki nama bir.

Bahan dasar bir pletok biasanya adalah secang dan beberapa rempah lainnya. Minuman berwarna coklat kemerah-merahan ini memiliki sifat yang dapat menghangatkan kamu.

9. Kue dongkal

Source: Okezone.com

Kue dongkal adalah jajanan khas Betawi lainnya yang berbentuk kerucut. Tepung beras digunakan untuk membuat kue dongkal dan dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk kerucut.

Setelah itu, tambahkan gula aren ke dalam kue dan kukus hingga matang. Kue dongkal biasanya diletakkan di atas daun pisang dan kemudian dilapisi dengan parutan kelapa.

10. Kue ongol-ongol

Kue ongol-ongol, mirip dengan kembang goyang, biasanya ditemukan di pesta pernikahan masyarakat Betawi. Bahan baku untuk kue ini adalah campurang tepung sagu dan gula aren.

Ketika disajikan, kue ongol-ongol dilapisi dengan parutan kelapa. Kenyal dan bau gula aren adalah karakteristik kue ongol-ongol ini.

11. Dodol betawi

Jika kita berbicara tentang makanan Betawi, jangan lupakan makanan khas Betawi, dodol Betawi. Tiga rasa utama dodol Betawi adalah ketan putih, ketan hitam, dan durian.

Dodol Betawi berbeda dari dodol lainnya karena hanya menambahkan santan dan gula merah, meskipun teksturnya sama. Dodol betawi membutuhkan waktu yang lama, yakni 8 jam untuk proses pembuatannya.

12. Kue rangi

Kue rangi, atau sagu Rangi, adalah jajanan khas Betawi selanjutnya. Umumnya, kue ini sangat disukai oleh banyak orang. Sesuai dengan namanya, kue rangi terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa yang dipanggang.

Setelah itu, kue rangi dibuat menggunakan cetakan khusus yang dimasak di atas kompor tungku kecil. Olesan gula merah pun ditambahkan ke atas kue rangi setelah dirasa matang. Bikin ngiler, ya?


Itulah beberapa jajanan khas Betawi yang bisa kamu nikmati dan bisa kamu temukan di beberapa kawasan ibu kota. Kira-kira mana yang menjadi favorit kamu, nih? Yuk, komen di bawah!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare