...
jenis media sosial
5-min read

7 Jenis Media Sosial yang Perlu Kamu Tahu beserta Contohnya

jenis media sosial

Jenis media sosial begitu banyak di era sekarang ini, ditambah perkembangan zaman yang maju.

Pada era zaman sekarang ini media sosial menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk di segala kebutuhan. Oleh sebab itu, terdapat jenis media sosial yang perlu kamu tahu dari sekarang agar kamu tidak ketinggalan zaman.

Media sosial menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya, terutama karena bergerak lebih cepat dari media konvensional, seperti iklan cetak, televisi, brosur, dan selebaran. Selain itu, karena teknologinya yang canggih, media sosial dapat menjangkau penggunanya dengan jarak yang tak terbatas.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, orang Indonesia sekarang sering menggunakan berbagai media sosial. Kamu dapat menggunakan YouTube, WhatApp, Facebook, Instagram, dan banyak situs web lainnya.

Info wajib baca: 10 Jenis-Jenis Komik serta Contohnya

Jenis Media Sosial yang Banyak Digunakan

jenis media sosial
Source: Senius Creative

Di dunia memiliki banyak jenis media sosial. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda-beda tergantung pada fungsinya. Di bawah ini adalah klasifikasinya yang perlu kamu tahu:

1. Jejaring sosial jadi salah satu jenis media sosial yang ada

Jejaring sosial adalah jenis media sosial pertama, yang memungkinkan pengguna berkomunikasi, bertukar informasi, gambar, audio, dan video. Ini berkaitan dengan media sosial, yang biasanya menyatukan orang-orang dengan minat atau kenalan yang sama dan membantu orang berhubungan dengan kelompok atau komunitas tertentu.

Facebook, Twitter, dan LinkedIn adalah contohnya yang populer saat ini. Facebook memungkinkan kamu membangun bisnis kecil dan berhubungan dengan banyak orang, termasuk rekan kerja.

Begitu juga dengan LinkedIn dan Twitter, tetapi LinkedIn lebih cocok untuk mereka yang mencari kerja atau membangun karier.

2. Media sharing network

Jenis media sosial yang kedua adalah jaringan berbagi. Jaringan berbagi adalah jenis media sosial yang berfokus pada sisi visual, yang berarti orang membagikan foto atau video.

Instagram, YouTube, Snapchat, dan TikTok adalah contoh jaringan berbagi media sosial. Selain itu, dengan menggunakan jaringan berbagi media seperti Instagram dan YouTube, kamu dapat membangun bisnis visual untuk menarik perhatian prospek.

3. Forum diskusi

Forum diskusi adalah jenis media sosial berikutnya, yang merupakan salah satu yang tertua. Biasanya memungkinkan orang untuk saling bertukar pendapat tentang topik yang menarik.

Media sosial seperti forum diskusi memungkinkan orang untuk secara bebas berbicara tentang apa yang mereka sukai atau keahliannya tanpa merasa malu terhadap orang lain. Di Indonesia, Quora, Reddit, dan Kaskus adalah contoh media sosial diskusi.

4. Blogging

Social blogging networks adalah jenis media sosial keempat yang sangat disukai oleh orang-orang yang memiliki minat menulis dan ingin membagikan tulisan mereka secara terbuka.

Media sosial seperti jaringan blog sosial memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten agar dapat dicari oleh orang lain melalui situs web pencarian. Jaringan blog sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi konten teks yang berisi ide kreatif pengguna.

Write.As, Tumblr, WordPress, Weebly, Squarespace dan Medium adalah contoh jaringan blog sosial.

5. Social audio networks

Social audio networks adalah jenis media sosial kelima yang semakin populer belakangan ini. Seperti namanya, media sosial ini memungkinkan pengguna membagikan konten audio atau suara.

Media sosial adalah bagian dari social audio network, seperti Clubhouse dan Twitter Space. Podcast, di mana orang berbicara tentang topik tertentu, adalah contohnya.

Info wajib baca: Sukarni Kartodiwirjo, Pahlawan Pejuang Kemerdekaan Indonesia

6. Live streaming jadi salah satu jenis media sosial lainnya

Live streaming adalah jenis media sosial selanjutnya. Ini adalah jenis di mana pengguna melakukan siaran video secara langsung tanpa direkam atau diubah, dan penonton dapat berinteraksi dengan penyedia konten.

Bermain video game, bermain musik, makan, dan podcast live adalah beberapa contoh konten siaran langsung ini. Pengguna dapat berinteraksi dengan mudah dengan fitur live chat di media sosial ini.

Contoh media sosial live streaming adalah YouTube Live, Facebook Live, Instagram Live, TikTok Live, Twitch, dan StreamYard.

7. Review networks

Terakhir adalah jaringan review. Jaringan review menawarkan wadah untuk berbagi pengalaman dengan barang dan jasa tertentu, serta pengalaman yang berkaitan dengan tempat kerja atau tempat tinggal.

Seorang pemasaran akan sangat mendapat manfaat dari media sosial ini. Tim pemasaran akan lebih mudah mengidentifikasi keunggulan produk kompetitor dan menilai produk sendiri melalui review jaringan.

Hal yang diulas dalam review networks dapat berupa prosuk kecantikan, buku, film, produk kesehatan, pakaian, hotel, penginapan, dan tempat wisata. Contoh review networks adalah Google My Business, Trip Advisor, Yelp, dan TrustRadius.


Nah, itulah tadi beberapa media sosial berdasarkan jenisnya yang harus kamu tahu dari sekarang beserta dengan beberapa contohnya. Jadi, pergunakanlah media sosial dengan bijak, baik, dan semestinya ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare