...
jenis-jenis komik
5-min read

10 Jenis-Jenis Komik serta Contohnya

jenis-jenis komik

Apakah kamu tahu kalo ternyata terdapat 10 jenis-jenis komik lho selama ini!

Kamu sering membaca komik? Nah, kira-kira jenis-jenis komik itu ada berapa ya? dan apa saja ya? Jangan sampai kamu nggak tahu ya jika kamu sedang membaca dan nggak tahu itu jenis komik apa.

Komik adalah buku dengan cerita bergambar yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Selain itu, terdapat jenis-jenis komik berdasarkan bentuk dan isi ceritanya lho.

Nah, kali ini kita akan mengulas mengenai jenis-jenis komik beserta contohnya agar bisa memudahkan kamu dalam memahaminya.

Info wajib baca: Mengenal Sosok Achmad Soebardjo, Sang Perumus Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Jenis-Jenis Komik

jenis-jenis komik
Source: Kreativv

Setiap jenis komik biasanya dibuat dengan tujuan dan ide yang berbeda. Namun, membedakan antara jenis ini memberi pembaca banyak pilihan.

1. Komik strip menjadi salah satu jenis-jenis komik yang populer

Komik jenis ini juga disebut sebagai komik potongan. Karena hanya dapat memuat beberapa panel, hanya tiga sampai enam panel yang dibuat.

Komik jenis ini sangat banyak di internet. Selain itu, komik strip ini dapat dihabiskan dalam beberapa menit. Ini jelas karena cerita yang diangkat tidak terlalu rumit.

2. Komik buku

Komik buku memiliki ratusan panel, berbeda dengan komik strip yang hanya memiliki tiga sampai enam panel. Banyaknya panel pada komik buku disebabkan oleh penceritaannya yang lebih kompleks, yang membutuhkan banyak panel untuk menggambarkan cerita.

Komik buku dapat dibuat dalam berbagai seri, bahkan berpuluh seri dalam satu jenis komik buku. Namun, ada komik yang berulang sampai tidak ada yang selesai, dan ada juga komik yang hanya selesai dalam satu buku.

3. Komik humor dan petualangan

Anak-anak sangat menyukai komedi humor dan petualangan. Karena komik jenis ini membuat anak-anak tertawa. baik dari teks percakapan yang sering membuat orang tertawa.

Rasa humornya sangat tinggi sehingga disebut komik humor. Namun, komik petualangan biasanya menampilkan pertarungan antara karakter protagonis dan antagonis.

Petualangan menakjubkan dapat mencakup aktivitas seperti pencarian, pembelaan, perkelahian, atau yang lain yang termasuk dalam kategori ini. Seringkali, komedi petualangan berakhir dengan protagonis mengalahkan antagonis.

4. Komik ilmiah dan biografi

Komik biografi biasanya menceritakan kisah kehidupan seorang tokoh terkenal yang memiliki contoh hidup.

Sementara itu, komik ilmiah, di sisi lain, menceritakan tentang penemuan ilmiah. Gaya penulisan komik biasanya merupakan percampuran antara ilmiah dan narasi.

Contohnya termasuk penemuan seperti listrik, lampu, dan telepon, antara lain.

5. Komik edukasi jadi salah satu jenis-jenis komik

Komik jenis ini bertemakan tentang memberi tahu orang lain tentang sesuatu. Biasanya sangat informatif karena tujuan mereka adalah untuk memberi tahu orang lain tentang sesuatu.

Pengetahuan tentang cara memberi tahu anak-anak tentang seks pada usia dini adalah contohnya.

6. Komik promosi atau iklan

Komik ini digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa. Biasanya dikemas dalam bentuk gambar visual berurutan. Namun, komik termasuk iklan barang dan jasa.

Tujuannya adalah agar pembeli atau pengguna jasa memahami manfaat barang dan jasa. Komik adalah cara yang populer untuk perusahaan mengiklankan barang dan jasa mereka.

7. Komik wayang jadi salah satu jenis-jenis komik

Komik berusaha menjaga budaya Nusantara, khususnya Jawa, yang terkait dengan dunia pewayangan, seperti Mahabharata, Ramayana, Lima Pandhawa, Semar, Petruk, Gareng, dan sebagainya.

8. Komik silat

Komik jenis ini menceritakan pertempuran antara jagoan silat. Petualangan adalah genrenya.

Kebanyakan komik ini memiliki banyak adegan laga atau aksi. Semua orang tahu bahwa Naruto, One Piece, Dragon Ball, dan lainnya adalah komik silat.

Info wajib baca: Mengenal Kucing Siam dari Asal Muasal, Jenis, Fakta Menarik, dan Ciri-cirinya

9. Komik tahunan

Komik jenis ini biasanya sangat ditunggu-tunggu dan muncul hanya sekali setahun. Selain itu, komik tahunan hanya muncul sekali setahun karena memiliki kualitas tinggi dan bergengsi.

10. Komik online jadi salah satu jenis-jenis komik

Komik terbit secara terus menerus di media online. Untuk mengakses komik online, kamu memerlukan koneksi internet. Ini karena komik tersebut diterbitkan di sebuah website yang isinya komik online.

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, kamu dapat membaca komik kapan saja dan di mana saja dengan smartphone yang ada di genggaman kamu.

Contoh Jenis-Jenis Komik Indonesia

jenis-jenis komik
Source: Bumilangit

Berikut ini adalah contoh-contoh komik Indonesia yang cukup terkenal:

1. Komik mahabharata

Komik Mahabharata adalah kisah terbesar dari India kuno. RA. Kosasih adalah komposer terkenal asal Indonesia yang menulis komik ini.

Secara garis besar, komik mahabharata ini berfokus pada pertarungan antara Pandawa Lima dan Kurawa untuk tahta Hastinapura. Komik ini telah berhasil mengubah kisah pewayangan menjadi sebuah buku yang sangat menyenangkan untuk dibaca oleh anak-anak dan orang dewasa.

2. Komik si buta dari gua hantu

Salah satu komikus terkenal asal Indonesia, Ganeh TH, menciptakan komik berjudul “Si Buta dari Gua Hantu”, yang menceritakan kisah seorang pesilat nusantara yang berhasil membuat para pembacanya berdecak kagum dengan tindakannya.

Komik “Si Buta dari Gua Hantu” berubah menjadi film laga dengan judul yang sama pada akhir tahun 1970.

3. Komik benny & mice

Komik Benny and Mice pertama kali dibuat dalam bentuk strip atau potongan. Diciptakan oleh Benny Rachmadi dan Muhammad “Mice” Misrad.

Setiap minggu, surat kabar Harian Kompas menerbitkan komik Benny and Mice ini. Komik Benny and Mice menggambarkan Jakarta sebagai kota metropolitan.

4. Komik gundala

Komik Gundala adalah komik dengan tema superhero yang berasal dari Indonesia. Ini adalah salah satu karya Hasmi, atau yang lebih dikenal sebagai Harya Suraminata.

Tokoh Gundala pertama kali muncul dalam komik berjudul Gundala Putra Petir. Namanya berasal dari kata Jawa Gundolo, yang berarti petir.

5. Komik put on

Terakhir, komik Put On karya Kho Wang Gie termasuk di antara komik tertua di Indonesia. Komik ini dibuat selama pendudukan kolonial Belanda dan pertama kali dirilis di Koran Sin Po pada tahun 1931.

Biasanya komik Put On keluar dua kali seminggu yakni Jumat dan Sabtu. Komik ini masih menggunakan Bahasa Melayu dan termasuk dalam kategori komik strip komedi atau komedi bergenre.


Itulah dia pembahasan mengenai jenis-jenis komik beserta contohnya ya. Semoga artikel diatas dapat memberikan referensi kamu yang saat ini sedang membaca atau bingung mau baca jenis komik apa.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare