...
jurusan di unair
5-min read

Sebelum Mendaftar, Yuk Kenali Jurusan di UNAIR yang Kamu Harus Tahu

jurusan di unair

Terdapat banyak sekali jurusan di UNAIR atau Universitas Airlangga yang harus kamu tahu!

Sebelum memilih tempat kuliah, sangat disarankan bagi para calon mahasiswa agar mengenali beberapa jurusan kuliah yang ada di kampus incaran, termasuk jurusan di UNAIR atau Universitas Airlangga. FYI, kampus ini menjadi salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Airlangga atau biasa disingkat UNAIR ini berada di Surabaya, Jawa Timur, dikenal sebagai kampus yang memiliki akreditasi sangat baik, yaitu A. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa jurusan yang ada di Universitas Airlangga.

Info wajib baca: 4 Contoh Review Jurnal PDF, Jadi Bisa Makin ‘Sat Set’!

Daftar Fakultas dan Jurusan di UNAIR

jurusan di unair
Source: Kompas.com

Awalnya, UNAIR hanya terdiri atas lima fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Sastra. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk, simak beberapa fakultas dan jurusan yang ada di UNAIR ini!

1. Fakultas Kedokteran

Pada Fakultas Kedokteran terdapat jurusan S1 Kedokteran dan S1 Kebidanan. Lokasi Kampus A Universitas Airlangga di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.47, Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

2. Fakultas Kedokteran Gigi

Pada Fakultas Kedokteran Gigi ini memiliki jurusan S1 Kedokteran Gigi. Berlokasi di Kampus A UNAIR di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.47, Surabaya, Jawa Timur.

3. Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas ini mempelajari mengenai penyakit dan anatomi hewan dengan jurusan S1 Kedokteran Hewan. Lokasinya berada Kampus C UNAIR yaitu di Mulyorejo, Surabaya.

4. Fakultas Kesehatan Masyarakat

Selanjutnya, ada Fakultas Kesehatan Masyarakat atau yang disingkat sebagai FKM. Memiliki jurusan S1 Gizi dan juga S1 Kesehatan Masyarakat. Berlokasi di Kampus C Mulyorejo, Surabaya.

5. Fakultas Farmasi

Pada Fakultas Farmasi ini memiliki jurusan S1 Farmasi yang berlokasi di Kampus C Mulyorejo, Surabaya.

6. Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas Sains dan Teknologi atau disebut SAINTEK adalah fakultas yang menghimpun berbagai disiplin ilmu terkait ilmu alam dan teknologi. Terdiri atas jurusan S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Statistika, S1 Matematika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Biomedis, S1 Teknik Lingkungan, S1 Matematika dan IPA (MIPA).

7. Fakultas Perikanan dan Kelautan

Lalu ada Fakultas Perikanan dan Kelautan atau FPK. Fakultas ini menghimpun disiplin ilmu yang berkaitan dengan ekosistem laut dan perairan.

Fakultas ini terdiri atas jurusan S1 Akuakultur dan S1 Teknologi Hasil Perikanan. Berlokasi di Kampus C Mulyorejo.

8. Fakultas Teknik Maju dan Multidisplin

Fakultas Teknik Maju dan Multidisiplin memiliki jurusan S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Industri, S1 Teknologi Sains Data, S1 Rekayasa Nano Teknologi, serta S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Lokasinya di Gedung Kuliah Bersama, Kampus C, Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, Kota Surabaya, Jawa Timur.

9. Fakultas Hukum

jurusan di unair
Source: unair.ac.id

Fakultas Hukum atau juga terkenal dengan FH UNAIR memiliki jurusan S1 Hukum. Lokasinya di Kampus B UNAIR di Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR menghimpun berbagai jurusan yang mempelajari cabang ilmu ekonomi dan bisnis baik dari segi teori ataupun terapan. Selain itu, fakutas ini terdiri atas 4 jurusan, yaitu S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Islam, dan S1 Ekonomi Pembangunan. FEB UNAIR ini berlokasi di Kampus B Jalan Airlangga 4-6 Surabaya.

10. Fakultas Ilmu Budaya

Selanjutnya, ada Fakultas Ilmu Budaya sebagai pilihan tepat bagi kamu yang tertarik mempelajari sastra dan kajian budaya. Kampus FIB UNAIR terdiri atas beberapa jurusan di antaranya S1 Linguistik, S1 Ilmu Sejarah, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, S1 Sastra Indonesia, S1 Kajian Sastra dan Budaya.

Info wajib baca: 7 Cara Mengatasi WC Mampet, Bisa Pakai Botol Plastik Bekas!

11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau dikenal FISIP menjadi salah satu yang terbaik di UNAIR. Ada 7 jurusan yang berada di fakultas ini, yaitu S1 Sosiologi, S1 Ilmu Politik, S1 Antropologi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Administrasi Publik, S1 Hubungan Internasional, serta S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

12. Fakultas Psikologi

UNAIR juga mempunyai Fakultas Psikologi atau FPsi. Fakultas ini pun hanya mempunyai satu jurusan saja yaitu S1 Psikologi dengan akreditasi unggulan.

13. Fakultas Vokasi UNAIR

Untuk faskultas ini berada di Kampus B Universitas Airlangga yang beralamat di Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan No.28 – 30, Surabaya. Ada 3 departemen yang berada di bawah Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, yaitu Departemen Teknik, Departemen Bisnis, dan Departemen Kesehatan.

a. Departemen Kesehatan

Terdiri atas jurusan D3 Teknik Gigi, D3 Paramedik Veteriner, D3 Keperawatan, D4 Pengobat Tradisional, D4 Fisioterapi, D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, D4 Teknologi Laboratorium Medik, D4 Keselamatan, dan Kesehatan Kerja.

b. Departemen Bisnis

Departemen Bisnis pada jenjang Vokasi ini terdiri atas jurusan D3 Akuntansi, D3 Bahasa Inggris, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Perpajakan, D4 Manajemen Perhotelan, D4 Destinasi Pariwisata, D4 Manajemen Perkantoran Digital, serta D4 Perbankan dan Keuangan.

c. Departemen Teknik

Terakhir ada Departemen Teknik di bawah Fakultas Vokasi yang terdiri atas jurusan D3 Perpustakaan, D4 Teknik Informatika, serta D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol.


Nah, itulah dia fakultas dan jurusan di UNAIR yang perlu kamu tahu. Jadi gimana, apakah kamu sudah siap untuk mencari kampus? Yuk, coba tinggalkan komentar di bawah.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare