...
kerajinan dari kayu unik
5-min read

7 Kerajinan dari Bahan Kayu yang Unik dan Mempunyai Nilai Jual Tinggi

kerajinan dari kayu unik

Tak hanya fungsional, kerajinan unik dari kayu juga mempunyai nilai ekonomis tinggi!

Kayu telah lama menjadi bahan favorit para pengrajin dalam menciptakan karya seni yang menakjubkan. Kelembutan tekstur dan keindahan alami kayu memberikan sentuhan istimewa pada setiap produknya.

Berbagai kerajinan dengan bahan dasar kayu pun bisa kamu temukan dengan mudah mulai dari meja, lemari, hingga dekorasi ruangan yang unik seperti rak, jam dinding, atau lainnya. Bahkan, produk kerajinan kayu juga mempunyai nilai artistik dan ekonomis yang cukup tinggi, lho. 

Jenis Kayu untuk Bahan Kerajinan

kerajinan dari kayu unik
Source: Courtina

Penggunaan kayu sebagai bahan kerajinan dipilih karena teksturnya yang kuat, tahan lama, dan mudah dibentuk menjadi sesuatu yang indah. Berikut ini beberapa jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku kerajinan unik:

Info wajib baca: 10 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

1. Kayu Jati

Kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang paling sering digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan. Kelebihan utama kayu jati adalah kekuatannya yang luar biasa dan daya tahan terhadap cuaca dan perubahan suhu. Selain itu, serat-serat kayu jati yang indah memberikan sentuhan elegan pada setiap produk yang dibuat.

2. Kayu Mahoni

Kayu mahoni juga menjadi pilihan populer para pengrajin karena kualitasnya yang tinggi dan warnanya yang menarik. Jenis kayu ini mudah diolah, sehingga memudahkan proses pembentukan berbagai macam bentuk kerajinan seperti ukiran, patung, atau bingkai foto.

3. Kayu Akasia

Jika kamu mencari kayu dengan pola alami yang unik, maka kayu akasia bisa menjadi pilihan menarik. Pola garis-garis halus pada tekstur kayunya memberikan kesan artistik dan eksotis pada setiap produk kerajinan.

4. Kayu Pinus

Kayak pinus memiliki sifat ringan namun kokoh, menjadikannya ideal untuk membuat furnitur atau perabot rumah tangga dari bahan kayu seperti meja atau kursi lipat portabel.

Contoh Produk Kerajinan Bahan Dasar Kayu Unik

kerajinan dari kayu unik
Source: EduHistoria

Ada beberapa jenis kerajinan berbahan dasar kayu yang mempunyai bentuk unik dengan nilai ekonomis tinggi. Misalnya, yaitu:

1. Kerajinan dari kayu unik: Miniatur Perahu

Miniatur perahu kayu merupakan salah satu kerajinan tangan yang sangat diminati oleh pecinta seni dan kolektor barang antik. Dibuat dengan detail yang sempurna, miniatur perahu kayu ini bisa menjadi hiasan menawan untuk ruang tamu kamu, lho.

2. Patung Ukir Kayu

Mempunyai harga jual tinggi, patung ukiran kayu menjadi salah satu kerajinan bahan keras yang paling diminati saat ini. Patung ukir kayu adalah karya seni yang membutuhkan ketelatenan dan kreativitas tinggi.

Keindahannya terletak pada motif-motif ukiran halus di setiap bagian patungnya. Patung ukir kayu bisa ditempatkan sebagai dekorasi di rumah atau dipamerkan sebagai koleksi seni.

3. Topeng Kayu Tradisional

Selain patung, topeng tradisional juga menjadi salah satu jenis kerajinan unik yang disukai oleh banyak orang Indonesia karena keindahan dan nilai seninya yang tinggi. Topeng ini dibuat dengan teknik ukiran khusus dan hiasannya dipercantik dengan warna-warni menarik.

Info wajib baca: 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Wajah yang Perlu Diketahui!

4. Mainan Anak Kayu

Nggak mau anak main gadget terus-terusan? Mainan anak dari kayu ini sangat cocok untuk untuk diberikan kepada buah hati. Mainan kayu terbuat dari bahan alami dan didesain secara unik sehingga sangat aman bagi anak-anak.

5. Kerajinan unik dari kayu: Aksesoris fashion

Source:BP Guide

Aksesori fashion seperti kalung, gelang, cincin, dan anting-anting dari kayu semakin populer saat ini. Dengan berbagai bentuk dan pola uniknya, aksesori fashion dari kayu dapat memberikan sentuhan alami pada penampilan.

Selain itu, aksesoris dengan menggunakan bahan dasar kayu juga bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas daerah yang menarik. Pastinya bisa bikin penampilan kamu makin kece!

6. Jam Dinding Kayu

Jam dinding kayu adalah salah satu bentuk kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kayu. Terdapat berbagai macam desain jam dinding kayu yang tersedia, mulai dari desain modern hingga tradisional.

Jenis jam ini juga mudah untuk dirawat dan dipasang di tembok atau langit-langit ruangan. Memberikan kesan natural dan old school untuk kamu yang ingin mempunyai nuansa berbeda dalam rumah.

7. Furnitur kayu

Terakhir, kerajinan dari kayu juga bisa diolah menjadi furnitur rumah yang unik dan fungsional. Misalnya saja rak kayu minimalis dan meja yang bisa digunakan di kamar atau ruang tamu.

Kerajinan dari bahan kayu memang memiliki daya tarik tersendiri. Keindahan alami dan kekuatan yang dimiliki oleh kayu membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam pembuatan berbagai produk kerajinan. 

Jadi, jika kamu ingin memiliki produk kerajinan dari bahan kayu dengan nilai jual tinggi, nggak ada salahnya untuk menginvestasikan waktu dan uang pada kerajinan-kreasi ini. Tidak hanya sebagai dekorasi rumah yang cantik tetapi juga sebagai investasi jangka panjang karena nilai estetika serta kesan artistik yang ditawarkannya.


Nah, itu lah sejumlah informasi mengenai barang kerajinan yang terbuat dari bahan kayu dengan nilai jual tinggi. Apa kamu termasuk orang yang suka dengan kerajinan bahan dasar kayu sebagai dekorasi rumah? Share cerita kamu di kolom komentar, yuk!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare