...
manfaat minyak kayu putih untuk wajah
5-min read

5 Manfaat Luar Biasa Minyak Kayu Putih untuk Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini!

manfaat minyak kayu putih untuk wajah

Ternyata terdapat manfaat minyak kayu putih untuk wajah, lho!

Mau punya kulit wajah yang sehat dan kinclong? Pastinya sudah nggak perlu cara yang ribet lagi! Salah satu bahan ajaib yang bisa bantu kamu adalah minyak kayu putih.

Iya, minyak kayu putih yang biasanya dipakai untuk obat-obatan seperti menyembuhkan flu, sakit kepala, atau sakit gigi itu. Ternyata, minyak kayu putih ini punya banyak manfaat buat kulit wajah, lho!

Nah, kalau kamu ingin melakukan perawatan alami dan nggak ribet, minyak kayu putih bisa jadi solusinya. Yuk, kita bahas manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan kulit wajah kamu. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Info wajib baca: Manfaat Biji Mahoni, Menurunkan Kolesterol Hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Wajah

manfaat minyak kayu putih untuk wajah
Source: Mengerti.id

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa minyak kayu putih ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan wajah. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari minyak kayu putih yang perlu kamu tahu:

1. Manfaat minyak kayu putih untuk menangkal jerawat di wajah

Jerawat menjadi salah satu musuh abadi kita, apalagi buat kamu yang tengah berada di masa remaja. Selain bikin kulit jadi kurang oke, jerawat juga bisa mengganggu kepercayaan diri kita, lho. Apalagi kalau jerawat yang muncul dalam bentuk besar.

Nah, minyak kayu putih bisa jadi penyelamat untuk melawan jerawat, nih. Minyak kayu putih mempunyai manfaat untuk menangkal jerawat di wajah karena di dalamnya ada senyawa eucalyptol dan alpha-terpineol yang punya sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Jadi, minyak kayu putih ini bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat.

Cara pemakaiannya pun gampang banget. Cukup campur beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Terus, olesin ke wajah yang lagi berjerawat. Biarin aja selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dua kali seminggu buat hasil yang maksimal.

2. Manfaat minyak kayu putih untuk membuat kulit wajah lebih lembut

Kulit kering bisa bikin masalah untuk kesehatan wajah seperti membuat kulit jadi kusam, muncul garis-garis halus, atau bahkan kerutan. Jadi, penting banget buat menjaga kelembaban kulit supaya tetap sehat dan cantik.

Nah, minyak kayu putih salah satunya mempunyai manfaat untuk melembabkan kulit wajah. Minyak ini bisa memberikan nutrisi dan menjaga kelembaban kulit kita. Selain itu, ada senyawa alpha-pinene dan limonene di dalamnya yang bisa bikin kulit jadi lebih sehat dan bercahaya.

Cara penggunaannya pun bisa dilakukan dengan mudah, lho. Kamu hanya perlu campur beberapa tetes minyak kayu putih dengan pelembab wajah favorit kamu. Terus, aplikasikan ke wajah setiap pagi dan malam sebelum tidur. 

3. Meredakan kulit yang meradang

Kulit yang meradang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti misalnya eksim, psoriasis, atau reaksi alergi. Nah, buat meredakan peradangan di kulit wajah, minyak kayu putih bisa jadi pilihan alami yang oke, lho.

Eucalyptol yang ada di minyak kayu putih punya sifat anti-inflamasi. Jadi, minyak kayu putih bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang lagi meradang.

Cara penggunaannya pun sama kaya buat mengatasi jerawat. Campur beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, terus aplikasikan ke area kulit yang lagi meradang. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin buat hasil yang lebih baik.

Info wajib baca: 5 Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

4. Manfaat minyak kayu putih untuk menyamarkan noda hitam di wajah

manfaat minyak kayu putih untuk wajah
Source: Urban Jabar

Noda hitam di wajah sering kali muncul karena terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari atau juga karena ada bekas jerawat yang belum hilang. Nah, noda hitam ini bisa bikin kulit jadi kurang rata dan kurang sehat, lho.

Minyak kayu putih juga dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah dengan cara menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Ada senyawa cineole di dalamnya yang bisa mengurangi produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Untuk pemakaiannya, kamu hanya perlu campur beberapa tetes minyak kayu putih dengan madu atau yoghurt, lalu aplikasikan ke wajah seperti masker. Selanjutkan, kamu bisa diamkan selama 15-20 menit untuk kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan ini dua kali seminggu.

5. Mencegah penuaan dini

Penuaan adalah proses alami yang nggak bisa dihindari. Proses penuaan dini pun bisa dipicu oleh banyak faktor seperti polusi, terlalu lama terpapar sinar matahari, atau stres. Nah, minyak kayu putih mempunyai manfaat untuk membantu mencegah penuaan dini, tuh.

Minyak kayu putih bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, yang bikin kulit tetap kencang dan elastis. Selain itu, ada senyawa alpha-pinene yang bisa melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Cara penggunaannya simple aja. Campur beberapa tetes minyak kayu putih dengan serum atau krim anti-penuaan yang biasa kamu pakai lalu aplikasikan ke wajah setiap malam sebelum tidur.


Nah, itulah beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kulit wajah kita. Praktis, alami, dan pastinya gampang ditemuin.

Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak merawat kulit wajah dengan baik. Yuk, mulai sekarang, coba perawatan dengan minyak kayu putih dan nikmati hasilnya!

Apa kamu termasuk orang yang sudah pernah melakukan perawatan wajah dengan minyak kayu putih? Bagaimana pendapatmu? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.



Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare