...
Manfaat buah pinang muda
5-min read

7 Khasiat Pinang Muda untuk Kesehatan

Manfaat buah pinang muda

Walau namanya jarang terdengar, buah pinang muda kaya akan khasiat yang baik bagi tubuh.

Buah pinang muda mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Walau namanya jarang terdengar, buah ini mengandung banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah pinang termasuk dalam jenis tanaman palem. Biji dari buah pinang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam tradisi menyirih.

Buat yang ingin tahu lebih dalam mengenai khasiat dari buah pinang muda, yuk, simak artikel berikut ini!

Info wajib baca: Buah Pinang Muda: Rahasia Khasiatnya untuk Kesehatan Pria

Apa itu Buah Pinang Muda?

Source: Orami

Buah pinang muda, atau dikenal dengan nama buah areca, adalah buah yang berasal dari pohon pinang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah pinang termasuk dalam jenis tanaman palem.

Warna kulit dari buah pinang muda adalah hijau muda dengan tekstur yang sedikit lembut saat masih muda. Buah ini sering digunakan dalam berbagai hidangan tradisional di beberapa daerah.

Pinang muda memiliki rasa manis dan segar. Umumnya buah pinang muda dikonsumsi secara langsung setelah dibuka kulitnya. Namun, beberapa orang juga mengolahnya menjadi minuman segar atau bahkan campuran dalam kue-kue tradisional.

Info wajib baca: 13 Cara Diet Sehat Alami, Salah Satunya Minum Air Putih yang Cukup

Manfaat Buah Pinang Muda untuk Kesehatan

Buah pinang muda kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh. Oleh sebab itu, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai sumber energi dan gizi tambahan dalam pola makan sehari-hari.

Salah satu manfaat utama dari buah pinang muda adalah sebagai sumber serat alami. Serat membantu meningkatkan pencernaan serta menjaga kestabilan tingkat gula darah dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi pinang muda secara teratur, kamu dapat merasakan efek positif pada sistem pencernaanmu.

Buah pinang muda juga mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan E, serta mineral seperti zat besi dan kalsium. Senyawa-senyawa tersebut membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berikut tujuh khasiat pinang muda untuk kesehatan secara lebih rinci:

Source: Orami

1. Menjaga kesehatan gigi

Kandungan senyawa antibakteri dalam buah pinang muda dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Hal tersebut dapat membantu mencegah masalah gigi yang kerap terjadi, seperti gigi berlubang dan radang gusi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat berkumur menggunakan air rebusan pinang muda yang sudah dingin.

2. Mengatasi bau mulut

Buah pinang muda dipercaya dapat menjadi penyegar mulut. Mengonsumsi banyak buah pinang dapat menghasilkan lebih banyak air liur, sehingga membantu mencegah mulut kering dan mengatasi bau mulut.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Buah pinang muda mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Buah ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan menjaga berat badan tetap stabil.

Mengunyah pinang muda secara teratur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga kesehatan tubuh tetap terjamin.

4. Mengontrol kadar gula darah

Buah pinang diyakini mengandung arecoline, yaitu salah satu bio-kimia yang telah diteliti dapat mengontrol penyakit diabetes.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah pinang dalam jangka panjang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesuburan pria dan wanita

Buah pinang diyakini dapat menjaga dan meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Mengonsumsi buah pinang muda dapat meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh pria dengan cepat.

Oksida nitrat secara dapat memengaruhi gairah seks dengan meningkatkan aliran darah ke klitoris maupun penis. Pada pria hal ini dapat mempertahankan ereksi.

6. Mengatasi anemia

Anemia merupakan masalah kesehatan yang kerap kali dialami oleh wanita. Penyakit ini berisiko meningkatkan infertilitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa amenore dapat terjadi akibat anemia defisiensi besi.

Mengonsumsi pinang muda dapat menurunkan risiko anemia. Buah ini dapat mengatasi kekurangan zat besi, serta mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

7. Mengatasi keputihan

Buah pinang muda diyakini dapat mengontrol hormon esterogen dalam tubuh. Secara tidak langsung, buah pinang dapat mengatasi masalah keputihan yang kerap dialami wanita.

Salah satu penyebab keputihan yang berlebih adalah hormon estrogen yang tidak seimbang di dalam tubuh.

Tips Mengonsumsi Buah Pinang Muda

Berikut beberapa tips mengkonsumsi buah pinang muda yang dapat kamu ikuti:

1. Makan buahnya secara langsung

Cara termudah untuk menikmati buah pinang muda adalah dengan memakannya langsung. Kupas kulitnya dan nikmati dagingnya yang segar dan renyah.

2. Dibuat menjadi jus buah segar

Kamu juga dapat membuat jus segar dari buah pinang muda. Campurkan buah pinang muda dengan air dan sedikit gula atau madu. Jus ini akan memberikan nutrisi tinggi dan rasa yang menyegarkan, seperti manfaat minum air kelapa.

3. Tambahkan dalam salad

Cara lain mengonsumsi buah pinang muda adalah menyantapnya bersama salad. Potong buah pinang muda menjadi irisan tipis dan tambahkan ke dalam salad sayuran favoritmu untuk memberikan sentuhan eksotis pada hidangan tersebut.


Itu dia tujuh khasiat pinang muda untuk kesehatan. Walaupun nama buah yang satu ini jarang terdengar, tetapi khasiatnya bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Kamu sudah pernah coba buah pinang atau belum?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare