...
cara diet sehat alami
5-min read

13 Cara Diet Sehat Alami, Salah Satunya Minum Air Putih yang Cukup

cara diet sehat alami

Cara diet sehat alami merupakan cara yang cukup mudah untuk dilakukan oleh pemula, nih.

Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman setiap orang. Dengan memiliki badan yang ideal, orang tampak akan lebih percaya diri dan lebih leluasa dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Untuk mendapatkan hal tersebut, tidak sedikit yang rela melakukan diet alami bahkan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, alias body goals. Bahkan, sebagian orang juga lebih memilih cara instan untuk menurunkan berat badan, seperti dengan mengonsumsi obat. 

Padahal, ada cara diet alami yang bisa dilakukan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Diet secara alami juga bisa dilakukan dengan mudah dan efektif, lho. 

Nah, meskipun menurunkan berat badan dengan cara yang alami hasilnya tidak instan, namun cara ini cenderung lebih aman dan memberikan sejumlah dampak baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa aja caranya? Langsung simak baik-baik cara diet sehat alami di bawah ini, yuk.

Info wajib baca: Ide Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg | Bisa Banget Dapetin Tubuh Ideal dan Sehat

5 Cara Diet Alami yang Mudah dan Praktis

cara diet sehat alami
Source: CNN Indonesia

Berikut lima cara diet alami yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Simak sampai habis, ya.

1. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Makanan sehat dan seimbang merupakan kunci dari diet sehat yang berhasil. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang serta mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral. 

Asupan yang sehat juga lebih rendah kalori dan lemak jenuh, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Kamu juga dapat menyimak tips mengecilkan perut buncit untuk medapatkan berat badan ideal.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus kamu konsumsi dalam diet sehat dan alami:

  • Sayuran dan buah-buahan: Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Hindari sayuran dan buah yang mengandung gula tambahan, seperti jus buah yang dikemas dalam kemasan.
  • Protein: Protein penting untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh. Pilih sumber protein yang rendah lemak dan kalori, seperti ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan, dan telur.
  • Karbohidrat kompleks: Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, nasi merah, dan pasta gandum utuh, memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti gula dan tepung putih.
  • Lemak sehat: Lemak sehat, seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan, baik untuk kesehatan jantung dan membantu menjaga berat badan.

Hal yang juga perlu diperhatikan, kamu tentunya harus menghindari makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan manis dan berlemak, dan makanan yang mengandung gula tambahan.

2. Minum air putih yang cukup

Air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Tubuh manusia terdiri atas sebagian besarnya cairan, dan air membantu menjaga fungsi tubuh bekerja lebih optimal. 

Ketika sudah minum air yang cukup, maka kamau juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dari makanan dan minuman lainnya.

Berapa banyak air yang harus kamu minum setiap hari? Jumlah air yang dibutuhkan setiap orang berbeda, tergantung pada faktor seperti berat badan, tinggi badan, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan. 

Sebagai aturan umum, kamu harus mencoba untuk minum setidaknya 8 gelas air putih sehari. Namun, jika kamu aktif atau tinggal di daerah yang panas, mungkin kamu akan memerlukan lebih banyak air agar tidak dehidrasi.

Jika kamu kesulitan minum air putih karena tidak mengandung rasa apa pun, cobalah tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis ke dalam air putih. Kamu juga bisa mencoba minuman nonkalori, nih,  seperti teh herbal atau kopi hitam.

3. Lakukan olahraga secara teratur

cara diet sehat alami
Source: Orami

Olahraga sangat penting dalam diet sehat dan alami. Olahraga membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan membantu menjaga berat badan. Selain itu, olahraga juga dapat membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan mood dan kesehatan mental.

Jenis olahraga terbaik adalah yang biasa kamu lakukan secara teratur. Ada banyak pilihan olahraga sederhana yang bisa kamu coba, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, dan banyak lagi. Lalu, cobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit setiap hari untuk olahraga, dan lakukan olahraga tersebut secara teratur.

Jika kamu kesulitan menemukan waktu untuk olahraga, cobalah untuk mencari cara untuk menyisipkan olahraga dalam rutinitas harian. Misalnya, kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja atau toko, atau kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

4. Kurangi konsumsi gula

Konsumsi gula yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh dan meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Gula juga dapat membuat kamu merasa lapar dan tidak kenyang, sehingga membuat kamu menyerap lebih banyak kalori dari makanan dan minuman lainnya.

Untuk mengurangi konsumsi gula, cobalah untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan, seperti minuman manis aneka rasa, permen, kue, dan makanan cepat saji. 

Perhatikan pula bahan-bahan pada label produk yang kamu beli. Beberapa bahan yang sebenarnya mengandung gula adalah fruktosa, sirup jagung, sirup tebu, maltosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Apabila kamu ingin menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman, cobalah pilih pengganti gula alami seperti madu, stevia, atau gula kelapa. Akan tetapi, ingat bahwa pengganti gula alami pun tetap mengandung kalori, sehingga harus dikonsumsi secara bijak dan teratur.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu cara diet sehat alami. Dengan beristirahat yang cukup, maka akan menjaga kesehatan tubuh dan membantu kamu mencapai tujuan diet sehat. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung, dan dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam. Buatlah jadwal tidur yang konsisten dan hindari mengonsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur. Nah, jangan lupa juga untuk mengurangi penggunaan gadget atau elektronik sebelum tidur, karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu produksi hormon melatonin dan mengganggu kualitas tidur.

Info wajib baca: 7 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun, Salah Satunya untuk Salad Dressing

8 Tips dan Trik Membiasakan Cara Diet Sehat Alami

cara diet sehat alami
Source: MyMeal Catering

Selain mengikuti lima cara diet sehat alami yang telah dipaparkan di atas, ada beberapa tips dan trik lain yang dapat membantu kamu membiasakan cara diet sehat alami, berikut selengkapnya.

1. Tips sehat untuk acuanmu

1. Mulailah secara perlahan

Jangan mencoba mengubah seluruh pola makan kamu dalam semalam. Mulailah secara perlahan dengan membuat beberapa perubahan kecil terlebih dahulu, seperti mengganti camilan dengan buah-buahan, mengurangi konsumsi gula, dan menambahkan sayuran pada setiap hidangan.

2. Buatlah jadwal makan

Makan secara teratur dapat membantu mengatur metabolisme tubuh kamu. Cobalah buat jadwal makan yang teratur dan usahakan untuk makan pada waktu yang sama dan teratur setiap hari.

3. Hindari makanan siap saji

Makanan siap saji cenderung mengandung banyak gula, garam, dan lemak yang tidak sehat. Hindari makanan siap saji dan coba untuk memasak makanan sendiri di rumah.

4. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan adalah makanan yang paling penting dalam sehari. Hindari melewatkan sarapan dan pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan mengenyangkan.

2. Trik sehat yang pantang dilewatkan

5. Minumlah air yang cukup

Minum air yang cukup penting untuk menjaga tubuh tetap hidrasi dan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Usahakan untuk minum minimal delapan gelas air dalam sehari.

6. Siapkan makanan kamu sendiri

Ketika kamu memasak sendiri, kamu dapat memilih bahan-bahan yang sehat dan mengontrol jumlah gula dan garam yang kamu konsumsi.

7. Beri diri kamu hadiah

Beri diri kamu hadiah setelah berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Hadiah bisa berupa belanja baju baru atau pergi ke tempat favorit kamu.

8. Dukung diri sendiri

Ingatlah bahwa diet sehat dan alami adalah proses jangka panjang. Dukunglah diri sendiri dan fokus kepada kemajuanmu daripada kesalahan, ya.


Demikian penjelasan cara diet sehat alami. Dengan mengikuti sejumlah cara diet sehat alami dan tips dan trik yang telah disebutkan di atas, kamu dapat memperoleh hasil yang diinginkan secara efektif dan berkelanjutan.  Semoga bermanfaat dan dapat kamu terapkan dengan baik, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare