...
khodam minggu wage
5-min read

Mengenal Khodam Minggu Wage dan Makna Weton Tersebut dalam Primbon Jawa

khodam minggu wage

Beda weton, beda khodamnya. Ini khodam Minggu Wage dan makna dari weton berikut menurut Primbon Jawa!

Siapa yang nggak tertarik dengan hal-hal mistis dan gaib? Salah satu dari sekian banyak kepercayaan dalam budaya Jawa adalah adanya khodam atau makhluk halus yang menjadi penjaga seseorang. Selain khodam Rabu Pahing, salah satunya ada khodam Minggu Wage.

Selain bahas terkait khodam yang menyertai weton berikut ini, kita juga akan bahas arti dari weton Minggu Wage berdasarkan Primbon Jawa. Jadi, simak sampai habis, ya!

Khodam Minggu Wage

khodam minggu wage
Source: Sewelaz.com

Kamu yang lahir di hari Minggu Wage ini, dikabarkan punya tiga khodam pendamping. Dimana tiga khodam ini adalah khodam Nyai Ratu Mustika Kencana, khodam Harimau Putih dan juga khodam Eyang Semar. Dipercaya juga kalau khodam-khodam ini adalah khodam yang sakti, loh.

Khodam Nyai Ratu Mustika Kencana ini sendiri berwujud seorang wanita yang berparas cantik yang berhias serba ungu, bermahkota, dan memancarkan aura magis. Weton ber-neptu sembilan ini jadi pilihan dari khodam Nyai Ratu Mustika Kencana.

Kamu yang lahir di hari ini dipercaya memiliki sifat yang sama dengan khodam Harimau Putih, yaitu pemberani dan emosional. Tapi, walaupun emosional, kamu tetap sabar saat sedang marah, makanya khodam ini senang mendampingimu, ya karena kamu orangnya tetap sabar walaupun sedang emosi.

Dengan adanya khodam Harimau Putih ini, menjadikan kamu yang lahir di hari ini memiliki energi kepemimpinan yang besar dan kuat. Walaupun penyabar, kalau masalah yang ada udah nggak bisa dikendalikan, kamu yang punya weton ini bakalan jadi sosok yang menakutkan karena ledakan emosional yang dipicu oleh khodam Harimau Putih ini. Hati-hati, ya buat yang suka bikin kesel orang Minggu Wage!

Jadi salah satu naungan Eyang Semar

Yang terakhir ada khodam Eyang Semar. Sosok ini pasti udah nggak asing buat sebagian besar orang Indonesia karena beliau diabadikan dalam bentuk wayang. Buat yang belum tau, Eyang Semar sebenarnya adalah sosok kiyai berbadan gempal. Eyang Semar sendiri senang menggunakan selendang putuh, serta sarung dengan corak hitam putih seperti Hanuman, salah satu tokoh legenda yang sakti.

Dengan dampingan khodam Eyang Semar, kamu dipercaya jadi sosok yang dicintai banyak orang, sehingga bisa terhindar dari permusuhan atau kebencian orang lain. Kamu pun dikenal setia dan memiliki wibawa yang tinggi serta mampu membuat orang bersimpati padamu, makanya orang yang punya weton ini jadi salah satu pilihan yang dinaungi oleh khodam Eyang Semar.

Info wajib baca: Mengenal Khodam Rabu Legi dan Rabu Legi Menurut Primbon Jawa

Karakter Orang Minggu Wage Lainnya

Beberapa karakter dari orang yang lahir di Minggu Wage sudah disebutkan di atas, seperti tetap sabar walaupun sebenarnya emosian, setia, dan memiliki wibawa yang tinggi. Ada juga bebrapa karkateristik lainnya dari kamu yang lahir di weton ini.

Kamu juga dikenal sebagai orang yang selalu berusaha menjadi lebih unggul dari orang lain yang ada di sekitarnya. Selain itu, kamu juga cerdas dan teliti, juga memiliki wawasan yang cukup luas. Kamu sebenarnya adalah salah satu orang yang memiliki sifat pekerja keras, dan juga iba, serta pemurah hati. Pertahankan sifatmu yang bagus ini, ya!

Minggu Wage Menurut Primbon Jawa

khodam minggu wage
Source: Kapanlagi Plus

Minggu Wage merupakan salah satu penanggalan dalam Primbon Jawa yang digunakan untuk menentukan hari baik atau hari yang dianggap istimewa dalam budaya Jawa. Penanggalan Primbon Jawa ini memiliki perhitungan berdasarkan sistem perhitungan Weton (harian dan pasaran).

Secara khusus, Minggu Wage adalah kombinasi antara hari Minggu dan pasaran Wage dalam kalender Jawa. Hari Minggu (Ahad) dalam budaya Jawa memiliki makna spiritual dan dianggap sebagai hari yang penuh berkah. Sementara itu, pasaran Wage merupakan salah satu pasaran dalam siklus lima hari dalam kalender Jawa yang memiliki nilai mistik dan dianggap sebagai pasaran yang penuh energi positif.

Dianggap hari baik

Minggu Wage dianggap sebagai hari yang baik dan istimewa dalam Primbon Jawa. Banyak orang yang mengaitkan Minggu Wage dengan pelaksanaan berbagai upacara keagamaan, perayaan, atau acara penting lainnya.

Hari tersebut diyakini memiliki energi yang kuat dan harmoni yang tinggi. Alhasil dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan, seperti pernikahan, pemilihan hari baik untuk melaksanakan acara, atau pelaksanaan ritual keagamaan.

Selain itu, ada juga yang menghubungkan Minggu Wage dengan kegiatan spiritual atau kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan batin. Beberapa orang mungkin memilih Minggu Wage untuk melakukan meditasi, berdoa, atau melakukan praktik keagamaan tertentu.

Info wajib baca: Ciri-ciri Orang yang Memiliki Khodam Rabu Wage, Apakah Kamu Salah Satunya?

Penting untuk dicatat bahwa penafsiran dan kepercayaan terhadap Minggu Wage berdasarkan Primbon Jawa adalah bagian dari tradisi dan budaya Jawa yang memiliki nilai subjektif. Setiap individu dapat memiliki keyakinan dan penggunaan yang berbeda terkait dengan weton Minggu Wage.


Ternyata, kamu yang lahir di Minggu Wage juga disenangi oleh khodam Eyang Semar, ya! Kamu juga punya banyak karakter baik yang pastinya bikin kamu disenangi orang. Pertahankan karakter baikmu tersebut, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare