...
hitungan weton jodoh
5-min read

Cara Membaca dan Menafsirkan Hitungan Weton Jodoh yang Benar

hitungan weton jodoh

Yuk kenali cara hitungan weton jodoh dan arti penafsirannya dalam artikel berikut ini!

Pernahkah kamu mendengar tentang hitungan weton jodoh? Apakah kamu sudah tahu cara membaca dan menafsirkan hitungan weton jodoh yang benar? Bagi sebagian orang, hitungan weton jodoh dapat menjadi patokan bagi mereka dalam mencari pasangan hidup.

Namun, apabila tidak dibaca dan ditafsirkan dengan benar, hitungan weton jodoh bisa saja menimbulkan kesalahpahaman.

Oleh karena itu, mari kita pelajari lebih lanjut bagaimana cara membaca dan menafsirkan hitungan weton jodoh yang benar agar tidak salah langkah dalam memilih pasangan hidupmu!

Apa itu Hitungan Weton Jodoh?

Apa itu Hitungan Weton Jodoh?
Source: CitySpidey

Hitungan weton jodoh adalah sebuah metode untuk menentukan siapa yang cocok dengan siapa berdasarkan tanggal lahir mereka. Metode ini telah digunakan sejak lama oleh orang-orang di Indonesia terutama orang Jawa, dan masih populer hingga sekarang.

Hitungan ini dimaksudkan untuk membantu orang menentukan tingkat keserasian atau emosi antara dua orang, berdasarkan tanggal lahir mereka. Dengan membuat hitungan ini, diharapkan bisa membantu mencari pasangan yang ideal dan bermanfaat untuk membangun hubungan yang stabil.

Dalam hitungan weton jodoh, biasanya dicari kombinasi weton antara dua orang yang akan menjalin hubungan atau menikah. Kombinasi weton ini dipercaya dapat memengaruhi keharmonisan hubungan dan kesuksesan pernikahan.

Proses hitungan weton jodoh melibatkan pencocokan hari lahir dan pasaran antara kedua individu. Setiap hari memiliki pasaran yang berbeda, seperti Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Manis dalam penanggalan Jawa.

Setelah menemukan kombinasi weton yang tepat, biasanya dilakukan interpretasi atau analisis terhadap karakteristik dan ramalan nasib dari pasangan tersebut.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Dalam tentang Weton Kamis Pahing

Hitungan Weton Jodoh

Hitungan Weton Jodoh
Source: TimesPro

Cara menghitung weton jodoh bisa kamu lakukan dimulai dengan menghitung jumlah hari lahir + hari pasaran. Adapun jumlah hari lahir dan pasaran masing-masingnya ialah sebagai berikut.

  1. Hari lahir
    • Minggu: 5
    • Senin: 4
    • Selasa: 3
    • Rabu: 7
    • Kamis: 8
    • Jumat: 6
    • Sabtu: 9
  2. Hari pasaran
    • Legi: 5
    • Pahing: 9
    • Pon: 7
    • Wage: 4
    • Kliwon: 8

Perhitungan ini bisa kamu lakukan dengan menjumlahkan hari lahir dan hari pasaran. Misalnya, seseorang lahir pada Senin Pahing maka rumusnya 4+9 = 13. Nilai 13 ini nantinya bisa digunakan untuk menentukan karakter weton seseorang tersebut.

Untuk mengetahui hitungan weton jodoh, kamu cukup melakukan rumus dasar di atas dan kembali menjumlahkan neptu antara dua calon mempelai. Misalnya, pihak perempuan merupakan seorang Kamis Legi (8+5 = 13) dan pihak laki-laki merupakan Jumat Pon (6+7=13).

Jika neptu kedua calon mempelai dijumlahkan yaitu 13+13=26, maka angka tersebut merupakan pesthi yang artinya mereka akan memiliki hubungan yang rukun, harmonis, dan damai sampai tua. Lantas, apa saja arti penafsiran dari hitungan weton jodoh?

Arti Penafsiran Hitungan Weton Jodoh

Arti Penafsiran Hitungan Weton Jodoh
Source: Forbes

1. Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Dalam konteks perhitungan weton jodoh, “pegat” merujuk pada suatu kondisi atau situasi di mana kombinasi weton dari pasangan dianggap kurang cocok atau tidak harmonis. Arti harfiah dari kata “pegat” dalam bahasa Jawa adalah “berseberangan” atau “bertentangan”.

Pasangan dengan kombinasi weton yang dianggap pegat dapat dikatakan memiliki perbedaan yang signifikan dalam karakter, kepribadian, atau nasib, yang dapat mengarah pada ketidakcocokan atau konflik dalam hubungan mereka.

Beberapa masalah yang mungkin ditemui oleh penafsiran weton satu ini mulai dari masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan, dan hal-hal lainnya yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau melakukan pegat.

2. Arti penafsiran hitungan weton jodoh: Ratu (2, 11, 20, 29)

Seperti arti kata ratu, hubungan ini akan dihargai dan disegani oleh orang-orang sekitar misalnya tetangga atau keluarga. Bahkan saking harmonisnya, tidak menutup kemungkinan banyak orang yang akan iri pada keharmonisan keluarga tersebut.

Penafsiran dari perhitungan weton jodoh ini bisa dikatakan bahwa pasangan tersebut memang sudah jodohnya. Hal ini juga merupakan salah satu penafsiran yang baik dari perhitungan weton.

Info wajib baca: Penjelasan Singkat Weton Rabu Pahing, dan Keistimewaannya

3. Jodoh (3, 12, 21, 30)

Penafsiran selanjutnya yaitu jodoh. Sudah terlihat jelas dari nama penafsirannya bahwa pasangan tersebut memang benar-benar cocok dan artinya mereka berjodoh satu sama lain.

Pasangan ini bisa saling menerima segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kehidupan rumah tangga “jodoh” ini diyakini dapat rukun hingga hari tua.

4. Arti penafsiran hitungan weton jodoh: Topo (4, 13, 22, 31)

Dalam hal membina rumah tangga, pasangan “topo” mungkin akan sering mengalami kesusahan pada awal masa pernikahan karena masih dalam tahap memahami satu sama lain. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka akan bahagia pada akhirnya.

Beberapa masalah yang mungkin akan dihadapi dalam rumah tangga ini bersifat umum bisa mulai dari masalah ekonomi dan hal lainnya. Jika pasangan ini telah memiliki anak dan sudah cukup lama berumah tangga, diyakini akan hidup sukses dan bahagia.

5. Tinari (5, 14, 23, 32)

Pasangan “tinari” juga akan menemukan kebahagian mereka bersama. Dalam mencari rezeki, diyakini mereka akan diberikan kemudahan dan tidak sampai pada tahap hidup serba kekurangan.

Selain itu, budaya weton Jawa mempercayai bahwa hidup dari pasangan ini akan sering membawa keberuntungan.

6. Arti penafsiran hitungan weton jodoh: Padu (6, 15, 24, 33)

Dalam hidup berumah tangga, pasangan “padu” akan sering mengalami pertengkaran. Namun meskipun sering bertengkar, mereka tidak akan bercerai.

Masalah pertengkaran tersebut bisa dipicu oleh beberapa faktor termasuk dari hal-hal sepele. Oleh karena itu, pasangan ini disarankan untuk lebih dapat mengontrol emosi satu sama lain.

7. Sujanan (7, 16, 25, 34)

Sama seperti pasangan “padu”, pasangan “sujanan” juga dipercayai akan menghadapi soal pertengkaran dalam hubungan berumah tangga.

Hal ini bisa dimulai dari pihak laki-laki atau perempuan yang memulai perselingkuhan. Penting bagi pasangan untuk saling mempercayai dan terbuka terhadap banyak hal antara satu sama lain.

8. Arti penafsiran hitungan weton jodoh: Pesthi (8, 17, 26, 35)

Dalam kehidupan berumah tangga, pasangan “pesthi” akan rukun, tenteram, dan damai sampai mereka tua. Beberapa masalah mungkin akan muncul dan hal tersebut merupakan hal yang normal dalam berumah tangga namun masalah-masalah tersebut tidak akan sampai merusak keharmonisan pasangan.


Itu tadi penjelasan terkait perhitungan weton jodoh beserta cara dan arti penafsirannya. Namun, penting untuk diingat bahwa weton jodoh atau interpretasi weton hanya merupakan kepercayaan atau tradisi budaya, dan tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat.

Keberhasilan hubungan atau pernikahan tidak sepenuhnya ditentukan oleh weton atau faktor astrologi semacam itu.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare