...
khodam sabtu kliwon
5-min read

Mengenal Khodam Sabtu Kliwon, Seperti Apa Khodam Ini?

khodam sabtu kliwon

Bagaimana ciri-ciri khodam Sabtu Kliwon? Simak selengkapnya di sini, yuk!

Apakah kamu pernah mendengar tentang khodam Sabtu Kliwon? Mungkin bagi beberapa orang, istilah ini masih terdengar asing di telinga. Namun dalam kepercayaan masyarakat Jawa, khodam sabtu kliwon adalah salah satu jenis khodam yang sering dipercaya dapat membantu dan memberikan perlindungan pada pemiliknya.

Bagi kamu yang penasaran dengan apa itu khodam sabtu kliwon dan siapa saja orang yang memiliki khodam ini, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Info wajib baca: Khodam Kamis Kliwon Menurut Primbon Jawa

Apa itu Khodam Sabtu Kliwon?

Khodam Sabtu Kliwon merupakan salah satu jenis khodam yang berasal dari budaya Jawa. Berdasarkan Primbon Jawa, khodam pendamping dari weton ini yakni dari leluhur seperti Raden Kian Santang Khodam dan Eyang Semar. Ini dipercaya bisa membantu pemiliknya dalam berbagai hal, seperti memberikan perlindungan, keberuntungan, serta mendatangkan rejeki. Sabtu Kliwon sendiri adalah hari dan pasaran dalam kalender Jawa.

Menurut kepercayaan Jawa, setiap orang memiliki khodam yang berbeda-beda dan dapat ditemukan melalui primbon atau ramalan jawa. Salah satunya adalah khodam sabtu kliwon. Meski demikian, tidak semua orang percaya dengan keberadaan khodam ini.

Sebagian juga menganggap bahwa cara mendapatkan atau memanggil khodam tersebut sangat sulit dan harus dilakukan dengan cara-cara tertentu agar berhasil.

Namun, ada pula yang percaya bahwa khodam Sabtu Kliwon dapat datang secara tiba-tiba ketika seseorang sedang melakukan amalan doa-doa tertentu atau sedang menjalankan ritual-ritual untuk meningkatkan kesadaran diri.

Khodam Sabtu Kliwon: Mengenal Khodam Pendampingnya

Berdasarkan kitab Primbon Jawa kuno, setiap weton memiliki khodam pendampingnya masing-masing dan tentunya dengan ciri khas tertentu. Nah, yuk simak di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam dari khodam pendamping Sabtu Kliwon.

1. Khodam pendamping Sabtu Kliwon: Raden Kian Santang

Raden Kian Santang adalah salah satu khodam pendamping Sabtu Kliwon yang dikenal juga tokoh legenda dalam kerajaan di Tanah Air. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, Raden Kian Santang merupakan sosok yang memiliki kemampuan gaib dan bisa membantu manusia dalam menghadapi berbagai masalah hidup.

Salah satu ciri khas dari khodam ini adalah kemampuannya dalam memimpin pasukan gaib. Konon, Raden Kian Santang juga terkenal sebagai seorang pejuang yang gigih dan tegas dalam melawan kejahatan.

Para pemilik dari khodam ini meyakini bahwa dengan memiliki khodam seperti Raden Kian Santang, mereka akan mendapatkan perlindungan dan bantuan ketika sedang menghadapi kesulitan atau bahkan saat ingin mencapai tujuan tertentu.

Weton Sabtu Kliwon memiliki dua perpaduan kekuatan cakra, yaitu kekuatan Cakra Mahkota Bumi dan kekuatan Cakra Mahkota Langit. Tak hanya itu, weton Sabtu Kliwon ini juga merupakan pewaris ilmu Saipi Angin.

2. Khodam pendamping Sabtu Kliwon: Khodam Eyang Semar

Khodam pendamping berikutnya dari weton ini adalah Eyang Semar. Diceritakan bahwa khodam ini memiliki energi yang cukup besar. Energi tersebut sering disebut lantaran adanya kekuatan Eyang Semar, rupanya ada salah satu weton yang dianggap mempunyai energi tersebut yaitu Sabtu Kliwon.

Menurut Primbon Jawa, Eyang Semar sendiri digambarkan sebagai sosok Kyai yang memiliki badan gemuk dan menggunakan selendang berwarna putih.

Eyang Semar sendiri merupakan putra dari Sang Hyang Wisesa yang diberi sebuah anugerah batu mustika manik astagina.

Konon menurut Primbon Jawa, batu mustika tersebut memiliki delapan daya yang cukup menakjubkan. Sebab karena delapan daya tersebut pemilik weton Sabtu Kliwon ini dipercaya mampu tidak merasakan lapar, mengantuk, jatuh cinta, hingga merasa sedih.

Terlebih lagi, pemilik khodam Eyang Semar sendiri juga dipercaya tidak pernah merasakan sakit, tidak pernah kepanasan, bahkan kedinginan, lho.

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Khodam Sabtu Kliwon

khodam sabtu kliwon
Source: Nusantara 62

Khodam Sabtu Kliwon dianggap sebagai salah satu jenis khodam yang paling kuat dan memiliki kekuatan spiritual tinggi. Banyak orang percaya bahwa mereka memiliki Khodam Sabtu Kliwon, terutama pada hari Sabtu Kliwon menurut penanggalan Jawa. Namun, apakah kamu tahu ciri-ciri orang yang memiliki khodam Sabtu Kliwon ini?

1. Insting yang kuat

Pertama-tama, seseorang yang memiliki khodam Sabtu Kliwon biasanya mempunyai insting dan intuisi yang sangat kuat. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan alam gaib melalui mimpi atau meditasi.

Selain itu, orang-orang ini kerap memiliki kemampuan untuk merasakan energi baik maupun buruk dari lingkungan sekitarnya. Mereka bisa merasakan jika ada keberadaan hal-hal negatif seperti energi jahat atau gangguan gaib.

2. Mudah bergaul

Kemudian, seseorang dengan khodam Sabtu Kliwon umumnya memiliki daya tarik sosial dan mudah bergaul dengan siapa saja. Hal ini dikarenakan khodam tersebut memberikan aura positif dalam diri pemiliknya sehingga membuat hubungan interpersonal menjadi lebih harmonis.

3. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Orang-orang dengan khodam ini biasanya menyimpan rasa ingin tahu yang tinggi, terutama tentang hal-hal mistis dan spiritual. Mereka selalu mencari cara untuk meningkatkan kemampuan spiritual mereka agar dapat membantu diri sendiri serta orang lain.


Nah, itulah penjelasan mengenai khodam Sabtu Kliwon dari mulai khodam pendampingnya hingga ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan khodam ini.

Namun, perlu diperhatikan bahwasanya kepercayaan terhadap khodam tentunya berbeda-beda bagi setiap individu. Tentunya ini hanya sebatas wawasan buat kamu dan tidak sepenuhnya bisa dipercaya, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!



Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare