...
kue khas surabaya
5-min read

Wajib Coba! Inilah 5 Rekomendasi Kue Khas Surabaya

kue khas surabaya

Jalan-jalan ke Surabaya (cakep!), jangan lupa beli kue khasnya!

Kota yang disebut sebagai Kota Pahlawan ini ternyata juga memiliki kuliner khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Surabaya. Kota ini tidak hanya terkenal lewat wisata budayanya yang menarik, tetapi juga dengan berbagai hidangan tradisionalnya.

Surabaya memiliki banyak ragam kue tradisional yang pasti akan memanjakan lidah kamu. Dari rasa manis hingga gurih, tekstur lembut hingga renyah, setiap suapannya akan membuatmu ketagihan. Mari kita mulai menjelajahi beberapa tempat terbaik di Surabaya untuk menemukan kue-kue legendaris dan nikmat ini!

Rekomendasi Kue Nikmat Khas Surabaya

Ada banyak pilihan kue khas Kota Pahlawan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sana, bahkan bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah atau pacarmu.

1. Kue Lapis Surabaya

Terdiri atas lapisan cake cokelat dan kuning telur dengan tambahan selai nanas di tengahnya, kue ini memiliki cita rasa lezat dan tekstur yang lembut. Kue lapis kukus biasanya disajikan dalam bentuk kotak kecil maupun berbentuk persegi panjang yang membuatnya menjadi camilan sempurna untuk dinikmati saat santai bersama keluarga atau teman.

2. Manisnya Klepon Tradisional

Siapa yang bisa menolak sensasi gula merah meleleh di mulut? Klepon adalah salah satu jajanan tradisional Surabaya yang terbuat dari tepung ketan berwarna hijau dengan isian gula merah cair di dalamnya. Ditambah dengan taburan parutan kelapa, klepon memberikan kejutan manis saat digigit pertama kali. Rasanya begitu autentik dan menggugah selera.

3. Almond Crispy

Almond Crispy merupakan oleh-oleh yang harus kamu coba saat berkunjung ke Surabaya. Tak hanya manis, Almond Crispy juga memiliki cita rasa gurih yang membuatmu tidak bosan untuk mengunyah hidangan satu ini. Teksturnya yang garing dan tipis juga akan membuatmu ketagihan, karena tidak menimbulkan rasa giung pada lidah.

Terdapat berbagai macam rasa yang bisa kamu coba, seperti cokelat, matcha, susu, dan kopi. Almond Crispy biasanya dijual di toko oleh-oleh Surabaya dengan harga yang terbilang cukup mahal. Hal itu dikarenakan pembuatannya yang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Tak heran kalau jajanan ini banyak diminati oleh wisatawan.

4. Spikoe Resep Kuno

Spikoe merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang wajib untuk kamu beli saat ingin membawakan buah tangan buat orang tersayang. Buat yang belum kenal, nih, spikoe merupakan kue dengan dua warna, yakni kuning dan cokelat yang memiliki cita rasa manis dan merupakan salah satu kue basah tradisional.

Kue ini telah ada semenjak zaman pemerintahan Belanda di Indonesia yang membuatnya terbilang unik dan autentik dibandingkan kue lainnya.

5. Kue Lapis Kukus Surabaya

Kue lapis kukus Surabaya original dengan cita rasa manis dan lembut. Dijamin bikin ketagihan!
Source: Fimela.com

Kue Khas Surabaya memang memiliki tempat yang istimewa di hati para pencinta kuliner. Salah satu kue khas Surabaya yang terkenal adalah Kue Lapis Kukus. Terdiri atas dua lapisan dengan cita rasa manis dan lembut, kue ini menjadi favorit banyak orang. Dengan tekstur yang lembut, setiap gigitan akan memberikan sensasi menggoyang lidah. Hal ini membuatnya diminati para pencinta hidangan manis.

Taburan keju di atas kue lembut yang satu ini menciptakan rasa gurih yang membuatnya tidak membosankan. Tak hanya itu, terdapat banyak macam rasa kue lapis kukus Surabaya, dari yang tradisional sampai yang modern, seperti rasa pandan, cookies and cream, pisang, brownies, hingga red velvet.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong di Surabaya yang Murah, dari Konsep Perpustakaan sampai Foodtruck!

Rekomendasi Tempat Membeli Kue Khas Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal akan budayanya yang kental, Surabaya juga memiliki banyak kuliner lezat yang patut dicoba. Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan adalah kue-kue khas Surabaya.

Ketika berada di Kota Pahlawan ini, jangan lupa mencari tempat-tempat jualan kue Surabaya yang tersohor. Ada begitu banyak pilihan untuk memanjakan lidahmu dengan cita rasa manis nan enak dari olahan tepung dan gula.

Di tengah keramaian Pasar Atom ataupun pasar tradisional lainnya, kamu akan menemui toko-toko kecil yang menjajakan aneka jenis kue tradisional seperti Lapis Surabaya atau Almond Crispy. Rasanya begitu autentik dan pastinya membuat kita ingin segera menikmatinya!

Tak hanya kue yang disajikan dengan suhu ruang, kamu juga bisa makan kue yang disajikan dengan es krim legendaris khas Surabaya di toko es krim Zangrandi. Terletak di kawasan strategis, kamu bisa makan es krim legendaris ini sambil jalan-jalan menikmati pemandangan di Balai Kota Surabaya.

Dengan segala variasinya tersebut, Kostmin yakin bahwa mencari tempat jualan kue Surabaya akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Baca juga: 7 Wisata Malam Surabaya yang Unik dan Menarik, Sudah Pernah ke Sini?


Itulah rekomendasi hidangan manis khas Surabaya serta tempat untuk membelinya. Kalau berkunjung, jangan lupa beli ya, Rek!

Kamu mahasiswa baru atau karyawan yang bekerja di Surabaya? Ingin mendapatkan rekomendasi kost yang nyaman dan terjangkau? Ikutin terus update dari media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare