...
5 Ide Mainan dari kardus yang mudah dibuat
5-min read

5 Ide Mainan dari Kardus yang Mudah Dibuat | Uji Kreativitasmu

5 Ide Mainan dari kardus yang mudah dibuat

Mainan dari kardus bekas menjadi salah satu langkah untuk menjaga lingkungan. Coba, yuk!

Tanpa kamu sadari, ternyata beberapa barang bekas yang ada di rumahmu dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna. Contohnya seperti kardus yang dapat kamu gunakan kembali untuk membuat sebuah mainan sederhana.

Membuat mainan dari kardus juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi penumpukan barang-barang bekas di rumahmu. Kamu bisa memilih kardus-kardus bersih yang masih layak pakai dan memanfaatkan alat-alat yang ada di rumah untuk membuat sebuah mainan.

Buat kamu yang masih bingung mau bikin apa, berikut lima ide mainan dari kardus yang bisa kamu coba buat di rumah. Yuk, disimak artikelnya!

Info wajib baca: 5 Ide Kreasi Menarik dari Bahan Kardus Daur Ulang | Murah dan Hemat Lingkungan!

Keuntungan Membuat Mainan dari Kardus

Source: Freepik

Membuat mainan dari kardus tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan, di antaranya:

1. Ramah lingkungan

Membuat mainan dari kardus bekas menjadi salah satu langkah tepat untuk menjaga lingkungan. Dengan memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak terpakai, kamu sudah membantu mengurangi penumpukan sampah di sekitarmu. Kamu bahkan bisa membuat diy rak make up dari kardus sambil merapikan kamar, tuh.

2. Bahan mudah didapatkan

Umumnya tiap-tiap rumah memiliki kardus bekas tidak terpakai dan dibiarkan menumpuk begitu saja. Jika hal itu ada di rumahmu, kamu bisa memanfaatkan kembali kardus-kardus tersebut. Jika tidak ada, kamu bisa mencarinya di pertokoan di sekitar rumahmu.

3. Melatih kreativitas

Mendaur ulang barang bekas juga dapat melatih kreativitasmu. Kamu dituntut untuk mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang terlihat menarik. Jika berhasil, kamu akan bangga terhadap hasilnya dan berpotensi untuk menjual kembali mainan yang sudah dibuat itu, termasuk membuat kincir angin dari kertas bekas.

Info wajib baca: Tips Dekor Kamar Kost dan 5 Inspirasi Barang-Barang yang Bisa Kamu Taruh di Kamarmu

Ide Mainan dari Kardus yang Mudah Dibuat

Buat kamu yang masih bingung ingin membuat mainan seperti apa, berikut lima ide mainan dari kardus yang mudah untuk dibuat.

1. Mobil-mobilan

Salah satu mainan dari kardus yang paling banyak dibuat, yakni mobil-mobilan. Kamu bisa menentukan untuk membuat mobil-mobilan kecil ataupun mobil-mobilan besar.

Jika ingin membuat mobil-mobilan kecil, kamu dapat membuat mobil mini yang bisa dinaiki oleh boneka atau action figure-mu. Potong dan bentuk kardus sesuai dengan bentuk mobil, tambahkan roda dari bahan bekas lainnya seperti sandal atau tutup botol.

Apabila ingin membuat mobil-mobilan besar, kamu perlu menyiapkan kardus yang agak besar dan tinggi. Kemudian kamu bisa menghiasnya dengan cat warna agar terlihat seperti mobil sungguhan. Jika ingin dinaiki oleh anak kecil, kamu bisa menambahkan kardus lebih banyak sebagai tempat duduknya.

2. TV kardus

Freepik">mainan dari kardus
Source: Freepik

Dengan mainan berbentuk TV ini, kamu dapat berperan seolah-olah sedang berada di layar kaca. Kamu juga dapat mengajak orang-orang di sekitarmu untuk membuat sebuah pertunjukan kecil di dalam kardus tersebut.

Pilihlah kardus yang agak besar, sesuaikan dengan badanmu. Potong bagian depan kardus, layaknya sebuah televisi. Lukis kardusmu dengan cat warna atau spidol agar terlihat seperti TV sungguhan.

Kamu bisa memanfaatkan sisa dari potongan kardus lainnya untuk membuat remot TV ataupun antena.

3. Rumah-rumahan

Selain mobil-mobilan, rumah-rumahan dari kardus juga menjadi salah satu mainan yang sering dibuat. Untuk membuatnya kamu bisa memilih kardus ukuran besar supaya mudah untuk dimasuki.

Potonglah salah satu sisi kardus untuk membuat sebuah pintu. Pastikan kamu sudah menyesuaikan ukurannya sesuai keinginanmu.

Potong sisi lainnya untuk membuat jendela. Kemudian, manfaatkan potongan kardus sisa untuk membuat atap atau dekorasi rumah lainnya.

4. Masak-masakan

Jika hanya memiliki sedikit kardus bekas, kamu bisa membuat mainan sederhana dengan ukuran kecil seperti masak-masakan.

Potonglah kardus dengan pola menyerupai alat-alat masak, seperti wajan bulat ataupun talenan. Sisa dari potongan kardus tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat bahan-bahan masakan di atasnya.

Supaya terlihat lebih menarik, kamu dapat memberi warna dengan cat air pada kardus-kardus tersebut.

5. Mesin cuci

Dengan kardus berukuran kecil, kamu juga bisa membuat mainan mesin cuci berukuran mini. Buat lubang berbentuk bulat di tengah kardus menyerupai mesin cuci sungguhan untuk memasukkan pakaian yang akan dicuci, hihihi.

Manfaatkan tutup botol bekas untuk membuat tombol mesin cuci. Pertegas lubang dengan potongan kardus bekas lainnya. Supaya bentuknya terlihat jelas, kamu bisa memberi warna pada permukaan mesin cuci buatanmu tersebut.


Itu dia lima ide mainan dari kardus yang mudah untuk kamu buat. Yuk, manfaatkan kardus bekas tidak terpakai yang ada di rumahmu atau lingkungan sekitar sambil membereskan ‘sampah’ tersebut. Dari lima mainan di atas, kamu tertarik untuk membuat mainan yang mana?

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare