...
makanan burung
5-min read

9 Jenis Makanan Burung yang Terbaik, Banyak akan Nutrisi!

makanan burung

Ternyata ini lho jenis makanan burung yang paling baik. Ada apa aja? Yuk simak di bawah ini!

Untuk memenuhi nutrisi peliharaan burung kamu, ternyata ada banyak jenis makanan burung yang tersedia lho. Memelihara burung adalah suatu hobi tersendiri bagi mereka yang menyukai hewan dengan suara uniknya lho.

Pemilik burung pasti sering bingung tentang berapa banyak nutrisi yang harus mereka berikan kepada burung mereka. Ini karena memberi burung mereka nutrisi yang salah juga akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis makanan burung mana yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Yuk simak artikel di bawah ini ya.

Info wajib baca: 10 Tempat di Baturaden Wisata yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Keluarga!

Jenis Makanan Burung

makanan burung
Source: Berita99.co

Ada beberapa jenis makanan burung yang dapat kamu berikan kepada burung peliharaan kamu lho. Setiap jenis makanan memiliki karakteristiknya sendiri yang memengaruhi kesehatan burung. Berikut ini jenisnya:

1. Biji-bijian

Biji-bijian adalah jenis makanan burung yang paling umum dan alami. Beberapa contoh biji-bijian yang sering diberikan kepada burung meliputi millet, biji matahari, biji kenari, dan biji sawit.

Biji-bijian kaya akan karbohidrat dan lemak, yang merupakan sumber energi penting bagi burung. Namun, biji-bijian juga memiliki tingkat serat yang tinggi, yang membuat burung sulit mencerna semua nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, biji-bijian sebaiknya tidak diberikan sebagai makanan tunggal kepada burung. Makanan ini sebaiknya diberikan sebagai bagian dari diet yang seimbang.

2. Pelet

Selanjutnya, ada pelet, jenis makanan burung yang terbuat dari campuran berbagai bahan, seperti biji-bijian, tepung ikan, tepung tulang, dan vitamin. Pelet mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh burung, menjadikannya pilihan yang baik untuk memastikan burung kamu mendapatkan nutrisi yang cukup.

Salah satu keuntungan utama dari pelet adalah konsistensinya, yang memastikan burung kamu mendapatkan nutrisi yang sama di setiap sajian. Meskipun pelet sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan nutrisi burung, tidak semua burung menyukainya.

Karena itu, perlu diperhatikan preferensi burung peliharaan kamu dalam memilih jenis makanan.

3. Voer

Voer mirip dengan pelet dalam hal nutrisi, tetapi seringkali mengandung lebih banyak bahan tambahan seperti pewarna, pengawet, dan perasa. Banyak burung lebih menyukai voer dibandingkan pelet karena rasanya yang lebih variatif.

Namun, kamu harus hati-hati memilih voer yang memiliki bahan tambahan yang sehat dan aman bagi burung. Jangan biarkan jumlah bahan tambahan berlebihan menggantikan nutrisi utama dalam makanan.

4. Ulat Hongkong

Selanjutanya, ada ulat hongkong, jenis makanan ini adalah yang paling populer. Karena ulat hongkong adalah pakan murah.

Namun demikian, manfaatnya bagi perkembangan burung tidak dapat dilupakan. Ulat hongkong memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga cocok untuk berbagai jenis burung, terutama burung berkicau.

5. Ulat kandang, makanan burung

Pakan burung yang baik untuk kesehatan dan stamina adalah ulat kandang. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung peliharaan kamu, ulat kandang cukup bagus karena mengandung banyak protein, lemak, ekstrak non-nitrogen, dan air.

Namun, ulat kandang tidak sepopuler ular hongkong. Ulat kandang juga menjadi jenis pakan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan burung karena mengandung air. Harga ulat kandang bervariasi di pasaran dan bervariasi tergantung pada jenis dan kualitasnya.

6. Telur semut

makanan burung
Source: IDN Times

Telur semut, juga dikenal sebagai kroto, adalah jenis pakan burung terbaik karena berbagai kandungannya. Beberapa nutrisi yang tersbeut adalah tinggi vitamin, rendah lemak, dan tinggi protein.

Hingga saat ini, telur semut masih merupakan bisnis yang patut diperhitungkan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa telur semut dapat diperoleh melalui berbagai proses alami yang cukup sederhana, dan jika kamu memiliki bisnis ternak semut yang cukup menjanjikan, kamu juga dapat membuat pakan burung sendiri lho.

Info wajib baca: Kepala Terasa Berputar Tiba-tiba, Inilah 6 Penyebab Vertigo Mendadak!

7. Jangkrik, makanan burung

Jangkrik adalah jenis makanan burung yang sangat populer lainnya. Ini adalah serangga yang bagus untuk diberikan kepada burung peliharaan rumahan.

Karena jangkrik dikatakan memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan burung, dan mereka juga dikatakan dapat meningkatkan nafsu makan burung, sehingga memperbaiki masalah kesehatan burung.

Caranya cukup mudah, kamu dapat memberi burung peliharaan kamu dengan jangkrik hingga tiga kali setiap hari. Namun, jangan berikan jangkrik secara langsung ke lokasi yang ditunjuk. Pastikan tangan dan kaki jangkrik bersih agar tidak melukai tenggorokan burung peliharaan.

8. Buah-buahan

Selain itu, buah-buahan adalah jenis makanan burung yang paling murah dan tepat untuk diberikan. Pada umumnya, buah-buahan untuk burung peliharaan adalah pepaya dan pisang ambon, karena keduanya memiliki vitamin dan mineral yang tepat untuk perkembangan burung.

Agar burung mudah mencerna buah-buahan, potong buah-buahan menjadi potongan kecil sebelum diberikan.

9. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah jenis pakan burung yang terakhir. Sayuran adalah pakan terbaik karena penuh dengan serat dan mineral.

Untuk membuat burung peliharaan lebih mudah memakan pakan mereka, pastikan untuk memotong sawi menjadi potongan kecil terlebih dahulu ya.


Itulah rekomendasi jenis makanan burung terbaik supaya peliharaan di rumah makin sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang hobi memelihara burung, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare