...
baturaden wisata
5-min read

10 Tempat di Baturaden Wisata yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Keluarga!

baturaden wisata

Inilah beberapa lokasi di baturaden wisata yang bikin liburan kamu senang.

Baturaden wisata berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kawasan Baturaden ini dikelilingi oleh gunung dan bukit, yang pastinya memberikan pemandangan yang sangat asri lho.

Jika kamu masih bingung tentang tempat liburan, Baturaden tampaknya sangat cocok untuk dipilih nih. Mau tahu tempat apa yang paling keren? Yuk simak selengkapnya.

Info wajib baca: 5 Arti Tahi Lalat di Pipi Kanan, Kepribadian yang Rajin dan Jujur

Rekomendasi Baturaden Wisata

baturaden wisata
Source: Pegipegi

Nah, di bawah ini ada baturaden wisata yang bisa kamu kunjungi, di antaranya:

1. Telaga Sunyi, baturaden wisata

Pertama, kamu mungkin harus mengunjungi Telaga Sunyi. Tempat wisata Baturaden ini memiliki air jernih dan suasana tenang seperti namanya.

Kamu dapat bersantai di tepian telaga atau menyelam ke dalamnya untuk bersantai. Jika kamu tidak memiliki peralatan snorkeling, kamu dapat menyewanya.

Suasana di sekitar telaga sangat alami. Telaga ini berada di tengah hutan rimbun, yang membuatnya tempat terbaik untuk ketenangan, terutama bagi mereka yang telah bosan dengan rutinitas dan kompleksitas hidup. Kamu dapat menikmatinya dengan datang ke Limpakuwus, Sumbang.

2. Curug Bayan

Ada juga Curug Bayan, yang oleh penduduk setempat disebut Curug Gede. Lokasinya di Baturaden, distrik Ketenger. Karena lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari pintu masuk dan tidak terlalu masuk ke hutan, ini adalah pilihan terbaik jika kamu tidak ingin keluar banyak tenaga.

Curug Bayan adalah tempat yang bagus untuk bersantai karena tidak tinggi dan kolamnya tidak dalam. Dengan hawa sejuk di sekitar, kamu dapat rileks dan menikmati pemandangan. Air terjun mengalir dari celah bebatuan, dan lokasinya sangat indah.

3. Curug Lawang / Sendari Bidadari

Curug Lawang, yang juga disebut Sendang Bidadari, adalah lokasi wisata Baturaden. Jika kamu berada di Baturaden, tempat ini harus menjadi bagian dari perjalanan kamu. Pintunya yang menyerupai goa, yang tidak terlihat dari luar air terjun, membuat tempat ini menarik.

Karena jalan menuju air terjun sulit dan terjal, kamu harus berjalan jauh untuk melihat keindahan air terjun ini. Siapkan stamina yang cukup, tetapi ketika kamu tiba di lokasi, lelahmu akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

4. Taman Miniatur Dunia

Ini adalah wisata tematik yang paling menarik di Banyumas saat ini. Dengan nama Taman Miniatur Dunia, itu memiliki banyak replika bangunan atau landmark terkenal di seluruh dunia, seperti Menara Pisa, Patung Liberty, Menara Eiffel, Patung Merlion Singapura, dan Kincir Angin.

Selain itu, tempat ini berada di Jalan Raya Baturaden Barat Nomor 270, Desa Ketenger, dan memiliki taman besar yang sangat indah dengan banyak bunga berwarna-warni. Tempat wisata Baturaden, yang juga dikenal sebagai Small World Baturaden, sangat disukai oleh remaja.

5. Curug Jenggala, baturaden wisata

baturaden wisata
Source: nativeindonesia.com

Curug Jenggala adalah air terjun lain yang cantik di Baturaden. Air terjun ini berada di hutan dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Ini membuat suasananya nyaman dan sejuk. Jika kamu datang ke tempat ini, kamu benar-benar dapat menghidupkan kembali otak kamu.

Di depan air terjun, ada sebuah papan besar berbentuk hati yang sengaja dipasang untuk menjadi lokasi yang ideal untuk foto. Tak mengherankan bahwa banyak pasangan muda yang mengunjungi tempat ini karena pemandangan romantisnya. Akibatnya, air terjun ini juga disebut “Air Terjun Cinta”.

Info wajib baca: Ternyata Ini Penyebab Karang Gigi yang Perlu Kamu Ketahui, Yuk Antisipasi!

6. Kebun Raya Baturaden

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia tumbuhan? Kamu harus mengunjungi Kebun Raya Baturaden. Di sini kamu akan menemukan berbagai jenis anggrek, pinus, perdu, liliana, dan flora lainnya. Bangunannya juga unik, seperti jalannya yang memiliki tangga undak, yang menyerupai struktur suku Amerika kuno.

Kebun Raya Baturaden tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga sering digunakan oleh siswa untuk melakukan penelitian. Beberapa sudutnya yang indah biasanya menjadi lokasi foto.

7. Baturaden Adventure Forest

Wisata Baturaden Adventure Forest adalah tempat yang harus dikunjungi bagi mereka yang menyukai pengalaman ekstrim karena memiliki banyak wahana permainan yang menantang adrenalin. Salah satu tempat bermain adalah riverboarding, di mana kamu memiliki kemampuan untuk menyusuri sungai.

Ada juga permainan rappelling, di mana kamu harus menuruni jurang dan tebing dengan kecepatan tinggi. Tempat wisata ini pasti akan membuat liburan kamu lebih menyenangkan.

8. Bukit Bintang Baturaden

Wisata Bukit Bintang Baturaden di Purwokerto banyak didatangi oleh warga lokal dan asing. Perbukitan yang tinggi ini memiliki pemandangan kota Purwokerto yang indah dan memukau dari ketinggian.

Kamu juga bisa melihat matahari terbit yang indah di pagi hari. Berbeda dengan tempat wisata Baturaden lainnya, banyak pengunjung yang menginap di sini untuk menunggu matahari terbit.

9. Desa Wisata Ketengger Baturaden

Desa Wisata Ketengger Baturaden adalah destinasi berikutnya yang harus kamu kunjungi. Tempat wisata ini memiliki pemandangan pedesaan yang indah.

Desa Wisata Ketengger Baturaden menawarkan banyak aktivitas, salah satunya adalah memancing. Hal ini disebabkan luas lahan dan area yang luas sehingga kamu dapat memilih tempat-tempat indah seperti gemerisik suara sungai, taman, hingga pegunungan.

10. Taman Kaloka Widya Mandala

Taman Kaloka Widya Mandala berbeda dari Kebun Raya Baturaden dalam hal jenis satwa. Wisata Baturaden ini memiliki kebun binatang mini yang beroperasi sejak tahun 1995.

Kamu dapat belajar tentang berbagai jenis satwa yang unik dan langka di dalam dan luar negeri di tempat wisata Baturaden ini. Taman Kaloka Widya Mandala memiliki banyak satwa yang dibawa dari berbagai tempat, seperti Orangutan Kalimantan, Buaya Irian, dan Harimau Sumatera.


Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Baturaden yang bisa kamu kunjungi. Gimana? Sudah ada pikiran untuk berlibur ke sana?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare