...
minuman khas semarang
5-min read

15 Rekomendasi Minuman Khas Semarang yang Kekinian, Ada Wedang hingga Es Pankuk!

minuman khas semarang

Minuman khas Semarang ini wajib untuk kamu coba. Apa saja?

Siapa di sini yang suka kulineran ke cafe Instagramable di Semarang? Kamu bisa baca artikel ini karena akan ada rekomendasi minuman khas Semarang yang perlu kamu coba! Yang suka minuman segar atau menghangatkan tubuh, yuk gas keun!

Semarang bukan hanya terkenal dengan berbagai hidangan lezatnya, tetapi juga dengan minuman-minuman khas yang menggugah selera. Nah, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi minuman khas yang patut dicoba saat kamu berkunjung atau mungkin tinggal di kost Semarang untuk merantau. Kira-kira apa saja, ya?

Info Wajib Baca: Cicipi Kelezatan Tradisional Lewat 5 Minuman Khas Jawa Tengah Ini

Minuman Khas Semarang Wajib Dicoba

Ada beberapa minuman khas Semarang Jawa Tengah yang wajib kamu coba. Selain rasanya yang lezat, pastinya juga sehat, dong. Berikut di antaranya:

1. Wedang kacang tanah

minuman khas semarang
Source: cookpad.com

Wedang kacang tanah adalah salah satu minuman khas Semarang yang unik dan lezat. Minuman ini terbuat dari kacang tanah yang direbus bersama dengan berbagai rempah-rempah, seperti kayu manis, jahe, dan serai.

Mempunyai rasa yang manis dan gurih dengan sentuhan rempah yang khas. Wedang Kacang Tanah sering dihidangkan dalam keadaan hangat, yang cocok untuk menghangatkan tubuh di malam yang sejuk atau saat hujan.

2. Wedang tahu

Source: suara.com

Wedang tahu adalah minuman tradisional Semarang yang memiliki kombinasi yang unik antara tahu putih, gula merah, dan rempah-rempah. Tahu putih direbus bersama gula merah hingga tahu menjadi lembut dan gula merah mencair, menciptakan rasa manis yang lezat.

Tambahan rempah-rempah seperti kayu manis dan jahe memberikan aroma dan rasa yang khas pada minuman ini. Wedang Tahu dapat dinikmati dalam keadaan panas atau dingin, tergantung pada selera kamu.

3. Es puter conglik

minuman khas semarang
Source: Sonora.id

Ini minuman es krim khas Semarang yang unik dalam penyajiannya. Es krim ini tidak hanya disajikan dalam bentuk bola-bola biasa, tetapi diputar dengan menggunakan alat tradisional sehingga menciptakan tekstur es krim yang lembut dan padat. Rasa manis dan lembutnya membuat es puter conglik menjadi pilihan yang populer untuk meredakan panasnya cuaca Semarang.

4. Es pankuk

minuman khas semarang
Source: banggasemarang.id

Es Pankuk adalah minuman segar khas Semarang yang menggabungkan es krim, roti tawar, dan pankuk (pancake tipis). Minuman ini memiliki rasa yang manis, segar, dan unik berkat kombinasi berbagai elemen tersebut. Tekstur yang lembut dari es krim, renyahnya roti tawar, dan manisnya pankuk menciptakan harmoni cita rasa yang luar biasa.

5. Cong yang

Source: Tagar.id

Cong yang adalah minuman khas Semarang yang terbuat dari fermentasi beras putih dan gula pasir. Minuman ini memiliki cita rasa manis dengan sedikit sentuhan asam dan aroma rempah yang khas.

Proses fermentasi memberikan lapisan rasa yang kompleks pada minuman ini, menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

6. Es marem

minuman khas semarang
Source: tribunnews.com

Minuman ini terbuat dari campuran manisnya gula aren dan es serut, memberikan sensasi segar yang sempurna untuk cuaca yang panas.

Sesuai dengan namanya, kamu memang akan sangat puas saat menikmati minuman ini karena porsinya yang banyak dan isiannya yang beragam, seperti cincau, kolang kaling, kelapa, kacang, cendol, leci hingga tape kering.

Tak hanya itu, ada dua kuah yang bisa dipilih pada es marem, yaitu kuah santan dan kuah jeruk. Agar semakin segar, sajian es tersebut diberi tambahan sirup yang manis.

Info Wajib Baca: 5 Rekomendasi Cafe dan Resto Instagramable di Semarang | Ada yang Dekat UNDIP!

7. Es dawet

Source: frisianflag.com

Es dawet merupakan minuman yang cukup populer dan disukai banyak orang Indonesia. Minuman ini terdiri dari campuran beragam bahan alami yang menyegarkan, seperti agar-agar hijau, santan, dan gula merah.

Agar-agar hijau memberikan minuman ini tekstur kenyal yang khas, sementara santan memberikan kelembutan dan cita rasa kaya yang melengkapi manisnya gula merah. Kombinasi unik dari bahan-bahan tersebut menghasilkan minuman yang tidak hanya manis dan lezat, tetapi juga sangat segar,

8. Es dawet manggar

Varian dari es dawet biasa, es dawet manggar menambahkan potongan mangga matang yang segar, memberikan rasa yang semakin menarik. Mangga matang memberikan sentuhan manis yang khas dan aroma yang menyegarkan.

Kemudian, disempurnakan dengan rasa manis dan gurih dari santan, gula merah, dan agar-agar hijau yang merupakan bahan utama dari es dawet. Kombinasi antara rasa tradisional es dawet dengan kehadiran mangga yang segar memberikan pengalaman rasa yang unik dan menggugah selera.

9. Es mangga muda

Source: cookpad.com

Bagi pencinta mangga, es mangga muda adalah pilihan yang sempurna. Minuman ini berisi potongan-potongan mangga muda yang disajikan dengan gula merah cair dan es serut.

Potongan mangga muda memberikan rasa asam manis yang segar dan tekstur yang renyah, sementara gula merah cair memberikan sentuhan manis yang khas. Kehadirannya sangat cocok untuk dinikmati di musim panas atau di saat cuaca panas.

10. Es teh poci

Es Teh Poci adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari teh hitam yang diseduh menggunakan poci, sebuah alat tradisional untuk menyeduh teh. Proses penyeduhan dengan poci memberikan teh aroma dan cita rasa yang khas, berbeda dengan teh yang diseduh menggunakan metode lainnya.

Teh hitam yang digunakan biasanya memberikan cita rasa yang kuat dan pekat, namun tetap memberikan kelezatan yang unik. Selain itu, penyeduhan dengan poci juga memperkaya pengalaman minum teh dengan aroma harum dari poci itu sendiri yang bisa tercium saat teh disajikan.

11. Wedang ronde

minuman khas semarang
Source: Idntimes.com

Wedang Ronde adalah minuman tradisional yang terdiri dari bola-bola tepung ketan berisi kacang tanah yang direbus bersama dengan jahe dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa manis dan pedas yang khas.

12. Wedang jahe

Minuman hangat ini terbuat dari jahe segar yang direbus bersama gula merah dan rempah-rempah lainnya. Wedang Jahe sangat cocok untuk menghangatkan tubuh kamu, terutama saat cuaca dingin.

Selain itu, jahe juga dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu meredakan masalah pencernaan. Kombinasi antara khasiat kesehatan jahe dan rempah-rempah membuat wedang jahe menjadi minuman yang populer.

13. Es degan

Source: Tribunnews.com

Degan merupakan istilah dalam bahasa Jawa untuk menyebut kelapa muda. Di Semarang, kamu bisa menemukan es degan yang menggunakan tape ketan yang memiliki paduan rasa manis dan masam. Itulah yang membuat rasa es degan ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari sajian es yang lain.

14. Es cao

Es cao adalah minuman khas Semarang yang mencerminkan akulturasi budaya antara Jawa dan Tionghoa. Minuman ini terbuat dari bahan dasar cao atau cincau, sebuah jenis agar-agar hitam yang biasa digunakan dalam minuman tradisional Tionghoa.

Es cao disajikan dengan tambahan buah-buahan lain sebagai pelengkap, seperti potongan kelapa muda, nata de coco, atau buah-buahan segar lainnya. Minuman ini tentunya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner Semarang yang kaya akan cita rasa dan tradisi.

15. Jamu jun 

Source: solopos.com

Jamu jun adalah minuman khas Semarang yang memiliki cita rasa unik dan berbeda dari jamu-jamu pada umumnya. Dibandingkan dengan jamu tradisional yang seringkali memiliki rasa pahit atau asam, Jamu Jun menawarkan rasa manis dan nikmat. 

Kunci dari rasa manis tersebut terletak pada penggunaan gula Jawa yang digunakan dalam pembuatannya. Gula Jawa tidak hanya memberikan manis alami, tetapi juga meminimalisir rasa pahit yang biasanya terkait dengan ramuan jamu.

Updated by Faniditya R.


Nah, itulah beberapa minuman khas Semarang yang wajib dicoba. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Atau punya rekomendasi lainnya? Jangan ragu buat share di kolom komentar di bawah, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare