...
makanan pembuka indonesia
5-min read

11 Makanan Pembuka Indonesia Rumahan yang Enak, Adakah Favoritmu?

makanan pembuka indonesia

Terdapat makanan pembuka Indonesia yang paling banyak di cari. Ini dia list makanannya!

Makanan pembuka Indonesia memiliki sejuta rasa dan jenisnya. Kamu dapat menemukan makanan ini di berbagai tempat, mulai dari pedagang keliling, warung kecil, atau bisa juga kamu buat dari rumah.

Makanan pembuka dikenal juga dengan istilah appetizer. Nah, untuk kamu yang penasaran kira-kira apa saja yang menjadi makanan pembuka Indonesia berjenis rumahan, berikut ini daftarnya.

Info wajib baca: 8 Cara Menahan Tangis dengan Mudah, Beserta Pencegahannya

Makanan Pembuka Indonesia

Terdapat banyak sekali pilihan makanan pembuka Indonesia yang memiliki rasa lezat, enak, dan gurih. Berikut di antaranya:

1. Bakwan, favorit makanan pembuka Indonesia

makanan pembuka indonesia, bakwan.
Source: Kompas.com

Salah satu makanan pembuka yang paling populer di Indonesia adalah bakwan. Jika kamu ingin memulai makanan yang gurih, ini menjadi pilihan yang tepat.

Terdapat juga isian bakwan yang lebih menggoda, seperti bakwan isi wortel, sayuran, dan yang lainnya, sehingga membuat satu bakwan saja rasanya tak cukup, ya. Cocok untuk camilan kamu di waktu pagi hari, siang, maupun malam.

2. Lumpia

Lumpia adalah salah satu jenis lainnya yang biasa dimakan sebagai hidangan pembuka, seperti yang disebutkan dalam poin pertama tentang gorengan bakwan. Rasa gurih dan lezat dari isian yang digunakan, dikombinasikan dengan renyahnya kulit lumpia, pasti akan membuat lidah kamu bergetar.

Tidak mengherankan bahwa banyak orang menyukai kudapan ini. Biasanya hidangan ini disajikan dengan saus kacang yang manis dan gurih, atau saus tomat yang segar.

3. Martabak telur, jadi makanan pembuka Indonesia

makanan pembuka indonesia, martabak telur.
Source: Fimela.com

Tak boleh dilewatkan makanan pembuka khas Indonesia yang satu ini, ya, namanya martabak telur. Tidak ada yang bisa menolak kulit martabak yang renyah dan isiannya yang penuh seperti telur, daging cincang, bawang merah, daun bawang, dan yang lainnya.

Jadi, tidak mengherankan bahwa banyak orang menyukai olahan ini sebagai hidangan pembuka. Untuk mendapatkan sensasi rasa nikmat yang berlebih, kamu bisa menambahkan saus sambal agar bisa memberikan rasa pedas yang ekstra.

4. Batagor

Siapa, sih, yang tidak kenal jenis makanan yang satu ini? Olahan lezat dengan bumbu kacang yang digunakan tentu membuat cita rasa dari batagor semakin enak. Tak heran bila jajanan masa kecil ini sering dikonsumsi sebagai hidangan pembuka sebelum mengonsumsi menu utama. 

Biasanya, batagor disajikan dengan saus kacang yang lezat, atau saus sambal untuk kamu yang menyukai sensasi pedas. Kelezatan batagor terletak pada kombinasi antara tekstur renyah dari tahu dan bakso ikan yang empuk.

5. Cireng

Selanjutnya, ada makanan pembuka Indonesia asal Jawa Barat yaitu cireng. Cireng adalah hidangan pembuka yang terbuat dari tepung tapioka dan berbagai bumbu yang membuatnya menjadi enak.

Biasanya, adonan cireng dicetak menjadi bentuk lingkaran dan kemudian digoreng hingga matang. Sering kali, cireng disajikan dengan saus sambal atau saus kacang untuk menambah rasanya, beserta cireng yang mempunyai tekstur empuk meskipun tampak gurih dan renyah di luarnya.

6. Risoles

Camilan selanjutnya yang biasa disajikan sebelum hidangan utama adalah risoles. Potongan sayurnya yang dibungkus dengan kulit, dilapisi dengan tepung roti, dan kemudian digoreng kering, mempunyai tekstur yang gurih dan nikmat.

Banyak orang membuat risoles dengan berbagai isian, seperti ragourt dan mayones ayam. Camilan ini bisa ditambah juga dengan saus biar menambah rasa.

Info wajib baca: Khodam Selasa Kliwon, Setia Mendampingi Menurut Primbon Jawa

7. Kue pukis

Sajian kue pukis ini harus dicoba oleh kamu yang menyukai kue tradisional. Bentuknya unik dengan pinggiran cokelat dan bagian atas kuning.

Kue tradisional ini biasanya memiliki topping cokelat atau keju. Setelah dicelupkan dalam teh hangat, rasanya akan semakin manis.

8. Cilok

Makanan pembuka alternatif lainnya adalah cilok. Di buat dari paduan tepung tapioka, daun bawang, daging, dan beberapa jenis rempah dibuat dan kemudian dibulatkan, dan direbus.

Cilok bisa ditambahkan bumbu kacang untuk membuatnya lebih enak. Camilan ini bisa kamu temukan juga pada pedagang keliling.

9. Tempe goreng, favorit makanan pembuka indonesia lainnya

makanan pembuka indonesia, tempe goreng.
Source: Grid.ID

Pencinta gorengan pasti sudah akrab dengan jenis tempe goreng ini. Banyak orang menyukai potongan tempe yang dibungkus tepung dan digoreng ini.

Memiliki tekstur yang lembut di dalam dan garing di luar, serta rasa yang cenderung asin gurih. Kamu juga dapat menikmatinya dengan cabai rawit hijau jika kamu menyukai rasa pedas, serta bisa juga menambahkan saus pedas.

10. Tahu isi goreng

Tahu isi adalah hidangan camilan yang terbuat dari tahu goreng yang diisi dengan bihun dan sayur. Semakin hangat, rasanya semakin gurih.

Untuk kamu yang suka rasa pedas, tahu ini biasanya disajikan dengan petis dan cabai rawit. Camilan ini bisa juga dimakan dengan tambahan nasi.

11. Rengginang

Saat Lebaran, makanan pembuka khas Indonesia ini hampir selalu disajikan. Sebagian besar pusat oleh-oleh tidak jarang menjual rengginang.

Selain itu, camilan ini bisa dimakan sebagai lauk karena teksturnya yang garing. Rengginang memiliki dua rasa, seperti manis dan asin.


Nah, itulah dia beberapa camilan makanan pembuka Indonesia yang dapat jadi referensi kamu jika ingin membuatnya di rumah. Kira-kira adakah menu camilan yang lainnya? Yuk, coba komen di bawah.

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare