...
budaya hidup sehat
5-min read

5 Makanan untuk GERD yang Aman Dikonsumsi | Baca juga Tips Mengurangi Gejala GERD

budaya hidup sehat

Cek makanan untuk GERD yang aman buat kamu konsumsi, nih.

Kalau kamu adalah seorang penderita GERD (gastroesophageal reflux disease), pasti cenderung pilih-pilih makanan untuk GERD biar nggak ngerasain perasaan kurang nyaman akibat kembalinya makanan dari lambung ke kerongkongan, serta rasa panas seperti terbakar dari perut sampai ke dada.

Nah, dalam artikel kali ini, Kostmin akan membahas makanan yang harus kamu waspadai agar keluhan GERD tidak semakin parah. So, jangan lewatkan informasi penting ini, yuk, kita simak bersama-sama!

Apa itu GERD?

makanan untuk gerd
Source: Suara Jogja

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan (esofagus), yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dada, rasa terbakar di dada (heartburn), dan gangguan pencernaan. Penyakit ini juga bisa jadi salah satu penyebab kamu mual tapi tidak muntah.

Pengaturan pola makan sangat penting bagi penderita GERD untuk mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup kamu yang mengidap penyakit ini.

Prinsip dasar dalam makanan untuk penderita GERD adalah menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung atau mengurangi kemampuan sfingter esofagus bawah (LES) untuk menjaga aliran balik asam.

LES adalah otot di antara kerongkongan dan lambung yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Berikut adalah beberapa makanan pantangan asam lambung yang sebaiknya dihindari penderita GERD:

  1. Makanan berlemak tinggi: Hindari makanan yang tinggi lemak, seperti gorengan, daging berlemak, kulit ayam, dan produk olahan dengan kandungan lemak jenuh tinggi.
  2. Makanan pedas: Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung dan memperburuk gejala GERD.
  3. Cokelat dan kafein: Hindari cokelat dan minuman berkafein seperti kopi dan teh, karena keduanya dapat melemahkan fungsi LES.
  4. Minuman berkarbonasi: Hindari minuman berkarbonasi, seperti soda, karena dapat menyebabkan perut kembung dan meningkatkan tekanan pada sfingter esofagus bawah.
  5. Tomat dan ragam produk tomat: Tomat mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  6. Bawang putih dan bawang merah: Kedua bahan ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada dan meningkatkan risiko refluks.
  7. Minuman alkohol: Minuman beralkohol dapat melemahkan LES dan meningkatkan produksi asam lambung.

Info wajib baca: 10 Lauk Pauk yang Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Rekomendasi Makanan Sehat Bagi Penderita GERD

GERD adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung dan konten lambung lainnya naik ke kerongkongan karena disfungsi katup antara kerongkongan dan lambung.

Makanan yang kamu konsumsi dapat berpengaruh terhadap gejala GERD, dan beberapa jenis makanan dapat membantu mengurangi gejala atau mencegah timbulnya asam lambung.

1. Makanan untuk GERD: Yoghurt

Para penderita asam lambung atau GERD dianjurkan untuk menghindari makanan yang asam, tapi meski makanan yang satu ini asam ternyata yoghurt jadi salah satu makanan untuk GERD, lho.

Kandungan di dalamnya bisa menetralisir gejala yang muncul. Manfaat baik ini terjadi berkat proses fermentasi makanan.

Dilansir dari Halodoc, studi berjudul Gastric microbiota in the functional dyspepsia patients treated with probiotic yogurt yang dipublikasikan dalam BMJ Open Gastroenterology menemukan, yoghurt mengandung prebiotik yang dapat membantu mengatasi gejala asam lambung.

Tapi, sampai saat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menganalisis mikrobiota lambung atau menjelaskan mekanisme yang mendasarinya.

2. Oatmeal

Makanan untuk GERD berikutnya ada oatmeal. Walaupun sering disandingkan dengan program diet, ternyata oatmeal juga bisa jadi makanan yang ramah buat penderita GERD.

Sebuah studi menemukan kalau oatmeal berkaitan dengan risiko asam lambung naik lebih rendah. Di samping oatmeal, makanan tinggi serat dan ramah untuk penderita GERD seperti roti gandum serta nasi merah juga bisa jadi pilihan kamu.

3. Makanan untuk GERD: Pisang

makanan untuk gerd
Source: Grid Health – Grid.ID

Siapa yang suka banget makan pisang? Kostmin juga suka banget! Pisang emang salah satu buah yang punya banyak penggemar karena selain rasanya enak, buah satu ini juga bisa dibikin bermacam-macam makanan, dan ramah buat para penderita GERD!

Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang mampu menetralkan asam lambung dan meredakan gejalanya. Buah ini juga bekerja dengan melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung, dan dapat membantu meredakan gejala GERD.

Info wajib baca: 12 Rekomendasi Obat Flu yang Paling Ampuh | Mudah Didapatkan di Apotek Terdekat!

4. Sayuran dan buah

Kamu yang menderita GERD disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, selada, timun, buncis, kembang kol, sayuran berdaun hijau, dan juga kamu bisa konsumsi kentang.

Sayur-sayuran tersebut dipercaya memiliki kandungan tinggi serat yang mampu menurunkan asam pada lambungmu dan mengurangi gejala GERD yang kamu alami.

Selain sayuran, kamu juga bisa makan buah-buahan lain selain pisang seperti kelapa, kurma, pepaya, serta melon. Buah-buahan ini juga dipercaya dapat meredakan gejala GERD yang kamu alami, dan ramah untuk para penderita asam lambung.

5. Makanan untuk GERD: Ikan

Kata siapa penderita GERD nggak boleh makan ikan? Boleh banget! Karena siapa sangka kalau ikan juga bisa berperan pula sebagai makanan penurun asam lambung. Ikan sendiri jadi salah satu makanan untuk GERD yang memiliki kadar asam dan lemak rendah.

Beberapa jenis ikan yang dapat kamu konsumsi sehari-hari sebagai penderita GERD meliputi ikan salmon, sarden, gurame, lele, dan tongkol. Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu cara pengolahannya.

Sebaiknya kamu nggak perlu terlalu banyak menggunakan bumbu yang pedas dan asam, serta hindari memasak dengan cara digoreng. Kedua hal tersebut justru dapat memicu asam lambungmu naik.

Tips yang Membantu Kamu Mengurangi Gejala GERD

makanan untuk pengidap gerd
Source: Halodoc

Selain mengatur pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi, ada juga beberapa tips tambahan yang mungkin dapat membantumu mengurangi gejala GERD yang dirasakan, di antaranya:

  1. Makanlah dalam porsi kecil dan sering, hindari makan berlebihan.
  2. Hindari makan malam terlalu larut dan usahakan makan beberapa jam sebelum tidur.
  3. Jaga berat badan yang sehat, karena kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko refluks.
  4. Hindari merokok dan paparan asap rokok, karena merokok dapat melemahkan LES.
  5. Hindari mengenakan pakaian ketat yang dapat menekan perut.

Setiap individu mungkin memiliki sensitivitas makanan yang berbeda, jadi sangat penting bagi penderita GERD untuk mencatat makanan yang menyebabkan gejala agar dapat dihindari di masa mendatang.

Selain itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing jika perlu, ya.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare