...
makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung
5-min read

Ini 5 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Polip Hidung!

makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung

Makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung ternyata ini lho!

Makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung tentunya mempunyai kandungan yang tidak baik untuk orang yang mempunyai masalah pada rongga pernafasan. Hal ini tentunya wajib diperhatikan untuk kamu yang mengalami masalah ini.

Polip hidung adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti hidung tersumbat, napas berbunyi, dan sakit kepala. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh faktor-faktor seperti alergi, infeksi, dan iritasi.

Nah, berikut ini akan ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita polip hidung agar tidak menimbulkan efek yang keterlaluan.

Info wajib baca: 5 Contoh Penerapan Sikap yang Sesuai dengan Sila ke-1 di Kehidupan Sehari-hari

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Polip Hidung

makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung
Source: Okezone Health

1. Makanan mengandung histamin

Banyak makanan populer, seperti keju dan daging olahan, mengandung kadar histamin yang aman. Sinus adalah bagian sensitif dari tubuh, dan histamin dapat menyebabkan masalah jika ingin mendapatkan perubahan.

Hal ini karena tubuh merespons histamin seperti mengalami reaksi alergi yang sangat ringan.

2. Pisang jadi makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung

Ketika kamu melihat pisang disebutkan sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan sinusitis, jangan terkejut. Ini mungkin terdengar aneh, tetapi pisang memiliki potensi untuk menyebabkan hidung tersumbat karena mengurangi produksi dahak.

Selain itu, kamu harus tahu bahwa pisang dapat menjadi makanan penyebab sinusitis, terlepas dari musimnya. Meskipun ini biasanya terjadi pada musim dingin, dokter juga sering merekomendasikan agar pasien sinusitis tidak makan pisang di malam hari atau sebelum tidur.

Pisang dianggap sebagai makanan penyebab sinusitis karena dapat menyumbat rongga hidung dan menyebabkan sesak napas bagi penderita sinusitis jika dikonsumsi pada malam hari.

3. Daging merah

Daging merah adalah makanan yang kaya protein, tetapi memakan daging bisa menyebabkan sinusitis. Sangat menyedihkan bahwa sumber protein tinggi ini dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lendir.

Daging sapi adalah makanan yang sering dikonsumsi oleh orang yang menderita sinusitis karena dapat meningkatkan hidung tersumbat dan kemudian memperburuk gejala sinusitis yang sudah ada.

4. Makanan gluten jadi salah satu makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung

Penderita sinusitis harus menghindari yang namanya gluten, meskipun banyak orang tidak mengalami masalah dengannya. Gluten harus dihindari saat sinus mulai meradang karena dapat menyebabkan hidung tersumbat atau pilek.

Seseorang dapat mengalami berbagai gejala sinusitis, mulai dari hidung tersumbat, pilek, nyeri wajah, hingga demam dan sakit kepala. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala tidak hilang atau menjadi lebih parah.

Info wajib baca: Arti Warna Ungu: Menguak Makna dan Filosofi dari Sisi Psikologi hingga Kebudayaan

5. Olahan karbohidrat

Konsumsi karbohidrat olahan yang berlebihan dalam makanan favorit kamu, seperti roti gulung, kentang putih, sereal, dan beberapa makanan lainnya, mendorong pertumbuhan bakteri di usus dan menyebabkan inflamasi, yang meningkatkan risiko obesitas dan penyakit radang usus.

Selain itu, ini termasuk makanan yang dapat menyebabkan peradangan, seperti sinusitis, sehingga makanan olahan termasuk dalam daftar makanan yang dapat menyebabkan sinusitis kronis.

Makanan yang Mendukung Kesehatan Hidung

makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung
Source: Grid.ID

Penderita polip hidung harus menghindari makanan yang dapat memperburuk gejalanya juga. Makanan yang penuh nutrisi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

Nah, berikut ini ada makanan yang dapat membantu penderita polip hidung, di antaranya:

  1. Buah-buahan dan Sayuran: Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Contoh makanan sehat ini meliputi brokoli, wortel, bayam, jeruk, dan stroberi.
  2. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang merah adalah sumber protein nabati yang baik dan mengandung lemak sehat. Juga mengandung vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan tubuh.
  3. Oatmeal: Oatmeal mengandung serat larut yang baik untuk pencernaan dan membantu mengontrol berat badan. Makanan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan di selaput lendir rongga hidung.
  4. Ikan: Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3, yang memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan.
  5. Telur: Telur adalah sumber protein yang kaya, serta mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, dan selenium.

Penyebab Sinusitis

Berikut ini ada beberapa penyebab sinusitis secara umum:

  • Infeksi Saluran Pernapasan Atas: Kondisi ini terjadi saat tubuh terinfeksi oleh infeksi virus, seperti flu atau pilek, sering kali menjadi pemicu sinusitis. Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi sinus, terutama jika kondisi tidak membaik setelah beberapa minggu.
  • Alergi: Alergen seperti serbuk sari, debu, bulu hewan, atau iritasi lainnya dapat menyebabkan peradangan di saluran sinus, yang menyebabkan sinusitis alergi.
  • Polip Hidung: Polip adalah pertumbuhan jaringan yang dapat menghalangi saluran sinus dan menyebabkan peradangan jangka panjang.
  • Perubahan Tekanan Udara: Perubahan tekanan udara yang cepat, seperti yang terjadi saat menyelam atau bepergian dengan pesawat, dapat menyebabkan masalah pada sinus dan menyebabkan sinusitis.
  • Anomali Struktural: Kelainan struktural seperti deviasi septum hidung atau kelainan rongga hidung lainnya dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan infeksi.

Nah, itulah dia beberapa makanan yang dilarang untuk penderita polip hidung, beserta makanan yang dapat mendukung kesehatan pada hidung. Untuk kamu yang sedang mengalami hal ini, cobalah untuk mengikuti informasi artikel diatas atau kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter kamu.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare