...
tanaman hias depan pagar rumah
5-min read

10 Tanaman Hias Depan Pagar Rumah yang Bikin Memanjakan Mata

tanaman hias depan pagar rumah

Tanaman hias depan pagar rumah memang menjadi hal yang penting untuk setiap orang

Tanaman hias depan pagar rumah merupakan bagian dari rumah yang pasti pertama kali dilihat oleh orang-orang yang melintas di depannya. Tujuannya agar memberikan kesan yang positif pada rumah kamu.

Buat kamu yang ingin mulai mencari tanaman hias depan pagar rumah dari sekarang, yuk coba intip artikel dibawah ini ya. Supaya kamu mendapat referensi jenis tanaman yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Info wajib baca: 7 Film yang Dibintangi Jang Ki-yong | Dari The Bad Guys: Reign of Chaos hingga Sweet and Sour

Tanaman Hias Depan Pagar Rumah

Kamu bingung mau cari jenis tanaman hias buat depan pagar rumah kamu? Nggak usah bingung, ini dia beberapa tanaman yang bisa jadi referensi kamu.

1. American Holly salah satu tanaman hias depan pagar rumah yang cantik

tanaman hias depan pagar rumah
Source: Panter Nursery

American Holly adalah salah satu pohon dengan bentuk piramida yang menarik. Daunnya memiliki bentuk holly tradisional dengan tepi berduri dan berwarna hijau cerah sepanjang tahun.

Bunga pohon ini berwarna putih dan buahnya berwarna merah muda. Pohon ini biasanya digunakan untuk sebuah pagar.

Dibutuhkan pemangkasan teratur karena tanaman ini dapat tumbuh hingga 20 meter. Sangat umum digunakan untuk meningkatkan daya tarik visual taman. Baik di dalam maupun di luar, American Holly sering digunakan untuk hiasan natal juga lho.

2. Tanaman pagar privet (ligustrum lucidum)

Tanaman privet, juga disebut Ligustrum, adalah tumbuhan semak. Biasanya sering digunakan sebagai pagar di taman dan memberikan pemandangan semi hijau yang rimbun.

Daun tanaman ini berbentuk lonjong dan hijau berkilau, dan beberapa varietas memiliki corak daun yang berbeda. Tanaman ini kuat dan tumbuh dengan cepat.

Privet dapat tumbuh antara 30 dan 60 cm per tahun. Selain itu juga dapat digunakan untuk menghentikan angin. Karena tahan terhadap polusi, privet sering ditanam di kota-kota.

3. Tanaman pagar bambu

Bambu adalah penghias pagar yang cantik. Selain itu, bambu juga bisa digunakan sebagai pendamping pagar rumah, dapat memberikan sentuhan modern ke ruang luar.

Ketinggian bambu dapat memberikan privasi di dalam dan luar rumah. Namun, tanaman bambu ini sulit diatur untuk pertumbuhannya karena tumbuh di alam yang bebas.

Bambu fargesia, yang tumbuh lebih lambat dan memiliki akar menggumpal, adalah pilihan yang bagus. Meskipun cuaca dingin, bambu tetap kuat dengan daun hijau.

4. Pittosporum jadi satu tanaman hias depan pagar rumah

tanaman hias depan pagar rumah
Source: Architectural Plants

Pintosporum adalah semak hijau yang lebat dan padat yang dapat tumbuh tinggi dan tahan terhadap pemangkasan berulang, panas, dan kering. Tanaman ini sangat populer karena dedaunan hijau yang bergerombol.

Selain itu, pittosporum ini memiliki susunan daun yang padat, yang membuat pemangkasan dan pembentukannya mudah. Pittosporum sangat cocok untuk pagar taman dan halaman rumah.

5. Pucuk merah

Tanaman yang paling umum digunakan untuk menghiasi taman adalah pucuk merah. Pucuk daun awalnya berwarna oranye-merah, tetapi kemudian berubah menjadi kuning, hijau pucat, dan akhirnya hijau tua.

Pucuk Merah dapat dipangkas seperti pagar dan ditanam di sekitarnya. Selain itu, kamu juga dapat memangkas tanaman ini menjadi bentuk luar biasa yang akan memanjakan mata kamu.

Meskipun dipangkas, tanaman ini tumbuh dengan cepat. Pucuk Merah sering digunakan sebagai pagar tanaman di Indonesia, Thailand, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Halaman rumah kamu akan menjadi sangat asri dan rimbun dengan pagar yang dibuat oleh tanaman ini.

Info wajib baca: Sinopsis dan Pemain The World of The Married | Perselingkuhan yang Dramatis

6. Soka jawa

tanaman hias depan pagar rumah
Source: Greeners.Co

Bunga Soka Jawa banyak digunakan sebagai pagar taman atau tanaman hias. Ini adalah tanaman pagar yang bagus karena daunnya selalu hijau.

Tanaman Soka Jawa menjadi lebih menarik saat bunganya bermekaran. Selain itu, tanaman tropis ini menghasilkan bunga berbentuk bintang kecil yang berkelompok di ujung batang dan berwarna merah, pink, oranye, atau kuning.

7. Clematis

Salah satu tanaman rambat yang paling mencolok adalah Clematis. Tanaman ini sangat baik untuk menyamarkan pagar yang tidak sedap dipandang dan mengaburkan tepi taman kamu.

Clematis adalah tanaman semak paling populer untuk pagar karena tanaman ini berbunga sepanjang tahun. Kemudian bisa tumbuh dengan cepat dan mudah berubah lingkungan. Jika kamu ingin membuat taman kamu lebih indah, cobalah menanam clematis ungu dan mawar merah muda.

8. Glossy abelia

Abelia adalah tanaman merambat dengan daun semi hijau yang berkilau. Tanaman ini menghasilkan bunga berbentuk terompet yang menjuntai di seluruh musim panas.

Secara alami, tanaman pagar berbunga ini membentuk gundukan melengkung yang tinggi. Kamu bisa memotongnya untuk membuat pagar yang lebih rendah.

Abelia adalah semak multifungsi yang bagus untuk pagar. Selain itu, abelia akan membuat taman kamu lebih menawan jika ditanam bersama dengan bunga lain. Bunga Abelia tahan selama lima bulan juga lho.

9. Cemara kipas

Cemara kipas tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Asia Tenggara dan Australia. Pohon cemara kipas sangat mudah ditanam. Pohon-pohon ini dapat digunakan sebagai hiasan tanaman pagar atau penahan angin.

Tanaman ini juga tahan terhadap cuaca kota yang buruk. Cemara kipas sangat bermanfaat sebagai pagar hidup. Kayu yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk membuat furniture, membuat kayu bakar, atau menghasilkan arang.

Daunnya yang berbentuk pipih dan berbentuk jarum dapat digunakan untuk mengobati sembelit, diare, batuk, dan maag. Namun, pohon ini cocok untuk ditanam di pantai.

10. Boxwood jadi salah satu tanaman hias depan pagar rumah populer

Tanaman pagar klasik Boxwood termasuk yang terpopuler. Dedaunan cemara multifungsi ini cocok untuk taman formal dan informal.

Boxwood dapat dipotong dengan rapat menjadi bentuk geometris atau dibentuk sesuai keinginan kamu juga lho. Selain itu, tanaman ini dapat bervariasi dalam ukuran, bentuk, pertumbuhan, dan kemampuan bertahan hidup.

Boxwood berbentuk bulat, tegak, atau kerucut. Meskipun dipotong berulang kali, boxwood tumbuh dengan cepat dan subur. Boxwood adalah tanaman pagar yang ideal untuk membuat rumah tampak lebih hijau dan asri.


Nah, itulah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di pagar depan rumah kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencari jenis tanaman apa yang paling cocok untuk pagar rumah depan.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare