...
makanan yang mengandung lemak tinggi
5-min read

10 Makanan yang Mengandung Lemak Sehat, Gaya Hidup Jadi Seimbang

makanan yang mengandung lemak tinggi

Apa saja makanan yang mengandung lemak? Yuk, cek di sini!

Makanan yang mengandung lemak sering kali dihindari dalam upaya menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang baik. Namun, penting untuk memahami bahwa nggak semua lemak diciptakan sama.

Soalnya nih, lemak sering kali mendapatkan reputasi negatif dalam dunia makanan dan gizi. Tapi, ada jenis lemak yang sehat dan esensial bagi tubuh kita. Memilih makanan yang mengandung lemak sehat dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Sehat Tinggi

Source: Unsplash.com

Ada banyak sumber makanan yang mengandung lemak sehat yang sebaiknya kita konsumsi dalam pola makan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung lemak sehat. Selain itu, dapat kamu sertakan dalam pola makan seimbang.

Info wajib baca: 6 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol Naik | Kurangi Makanan Berlemak Tinggi

1. Makanan yang mengandung lemak, alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan nutrisi. Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung serat, vitamin E, kalium, dan antioksidan. Kamu dapat menikmati alpukat sebagai salad, dip, atau sebagai bahan tambahan dalam smoothie untuk mendapatkan manfaat gizinya.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung lemak tak jenuh ganda, terutama asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki efek antiinflamasi dan dapat mendukung kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.

Disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak dua hingga tiga kali seminggu. Kamu dapat memanggang, mengukus, atau memasak ikan dengan cara yang sehat untuk menjaga manfaat gizinya.

3. Kacang-kacangan

Sumber makanan lain yang menandung lemak ada kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan kacang tanah adalah sumber lemak tak jenuh ganda yang kaya akan nutrisi. Mereka juga mengandung serat, protein, vitamin E, dan mineral penting seperti magnesium dan tembaga.

Kacang-kacangan dapat dijadikan camilan sehat atau ditambahkan ke dalam salad, smoothie, atau hidangan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi, jadi konsumsilah dalam porsi yang sesuai.

4. Minyak zaitun

Lanjut, ada minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang telah terkenal karena manfaat kesehatannya. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang dapat melindungi jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Gunakan minyak zaitun sebagai dressing untuk salad, dalam saus, atau dalam proses memasak untuk memperoleh manfaat gizi yang maksimal.

5. Makanan yang mengandung lemak, telur

Telur adalah sumber protein lengkap yang juga mengandung lemak sehat dalam bentuk lemak tak jenuh. Mereka juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, selenium, dan kolin.

Sumber makanan ini dapat dimasak dalam berbagai cara, seperti telur rebus, dadar telur, atau omelet. Kalau kamu mengkhawatirkan kandungan kolesterol dalam kuning telur, kamu dapat membatasi konsumsi kuning telur dan fokus pada putih telur yang rendah lemak.

Info wajib baca: 10 Manfaat Buah Pir, Jaga Kesehatan Mata!

Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Sehat Tinggi Lainnya

6. Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji chia, biji rami, dan biji bunga matahari merupakan sumber lemak sehat yang kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega-3.

Kamu dapat menambahkan biji-bijian ini ke dalam smoothie, yogurt, atau taburan pada salad dan sajian pembuka. Mereka juga bisa digunakan sebagai bahan dalam adonan roti atau kue sehat.

7. Minyak kelapa

Meski minyak kelapa mengandung lemak jenuh, sebagian besar lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai sedang yang diketahui dapat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dengan lebih efisien.

Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Gunakan minyak kelapa sebagai bahan dalam memasak, memanggang, atau sebagai tambahan dalam smoothie atau kopi.

8. Dark chocolate

Cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi adalah makanan penutup yang mengandung lemak sehat. Kakao mengandung lemak tak jenuh ganda serta senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan meningkatkan suasana hati.

Pilih cokelat hitam dengan persentase kakao minimal 70% dan nikmati dalam porsi yang sesuai.

9. Kedelai dan produk kedelai

Kedelai adalah sumber lemak sehat yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan protein nabati. Produk kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai adalah pilihan yang baik untuk mendapatkan manfaat gizi kedelai.

Mereka rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol, sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

10. Makanan yang mengandung lemak, biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, barley, dan oatmeal mengandung lemak sehat, serat, dan nutrisi lainnya. Biji-bijian utuh adalah sumber yang baik dari lemak tak jenuh ganda dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Pilihlah sereal utuh yang rendah gula tambahan dan nikmati sebagai sarapan yang sehat atau tambahan dalam kue, roti, atau granola homemade.


Selain rekomendasi makanan seperti alpukat, ikan berlemak, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan telur, ada banyak makanan lain yang mengandung lemak sehat yang dapat kamu sertakan dalam pola makan seimbang kamu.

Penting untuk mencari keseimbangan dan variasi dalam pola makan kamu untuk memastikan asupan lemak sehat yang cukup. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan porsi makan dan mengikuti rekomendasi gizi yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare