...
makanan penyebab kolesterol
5-min read

6 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol Naik | Kurangi Makanan Berlemak Tinggi

makanan penyebab kolesterol

Makanan dengan kolesterol tinggi dapat menjadi penyebab datangnya berbagai penyakit untuk tubuh

Makanan enak tentunya menjadi favorit bagi setiap orang. Namun, makanan dengan cita rasa yang enak dan tampilan menarik belum tentu termasuk makanan sehat. 

Sayangnya, belum banyak orang yang paham atau sadar akan hal ini. Padahal, makanan yang nggak sehat bisa mengundang banyak penyakit ke dalam tubuh. Seperti misalnya kolesterol yang bisa menjadi awal mula dari beberapa penyakit.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh dengan menjaga kualitas makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Makanan Penyebab Kolesterol Naik

Ada sejumlah makanan yang menjadi penyebab kolesterol dalam tubuh jadi naik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Makanan tinggi lemak jenuh

Source: Mufit Indonesia

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam makanan seperti daging merah berlemak, produk susu tinggi lemak (seperti mentega dan keju), serta kulit ayam. Walaupun begitu, bukan berarti kita harus menghindari semua makanan ini sepenuhnya, ya.

Konsumsilah makanan tersebut dalam jumlah yang wajar. Misalnya, pilih daging tanpa lemak atau rendah lemak, dan cobalah untuk memilih keju rendah lemak atau susu rendah lemak.

Sebab bagaimana pun, daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang bermanfaat untuk meningkatkan massa otot tubuh.

2. Makanan penyebab kolesterol: Gorengan

Siapa sih yang bisa menolak makanan gorengan? Tapi sayangnya, makanan yang memiliki cita rasa gurih ini memiliki bahaya yang mengancam tubuh.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori untuk Memulai Hari Penuh Energi

Pasalnya, makanan yang dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas bisa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Contohnya adalah kentang goreng, ayam goreng, atau gorengan lainnya.

Jadi, lebih baik membatasi konsumsi makanan gorengan ini dan mencoba alternatif yang lebih sehat seperti memanggang atau merebus makanan.

3. Makanan penyebab kolesterol: Kue dan roti manis

Kue, roti manis, donat, dan kue-kue lainnya memang lezat, tapi makanan ini juga biasanya mengandung lemak jenuh dan gula yang tinggi. Jadi, cobalah untuk mengurangi konsumsi kue dan roti manis ini.

Jika kamu penggemar manis, coba pilih makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan segar atau camilan rendah gula. Hal ini akan membuatmu tetap mendapatkan cita rasa manis tanpa khawatir kolesterol naik.

4. Makanan olahan

Source: Fimela

Makanan olahan seperti daging olahan, misalnya sosis dan nugget, juga bisa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Pasalnya, makanan ini sering mengandung bahan tambahan yang mungkin tidak sehat bagi tubuh kita.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan olahan dan beralih ke makanan segar, seperti daging ayam tanpa kulit atau ikan.

5. Minuman manis

Minuman manis seperti soda, minuman bersoda, jus buah olahan, dan minuman manis lainnya mengandung gula yang cukup tinggi untuk tubuh. Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Memilih minuman yang lebih sehat seperti air mineral, teh herbal, atau infused water dengan rasa buah segar bisa menjadi alternatif yang menjanjikan untuk mengurangi minuman manis yang mengandung pemanis tambahan.

Info wajib baca: Khasiat Luar Biasa Kunyit dan Madu untuk Kesehatan Tubuhmu

6. Makanan cepat saji

makanan penyebab kolesterol
Source: AloDokter

Makanan cepat saji memang praktis, tapi sering kali mengandung lemak jenuh, garam, dan kalori berlebihan. Misalnya, burger, kentang goreng, atau nugget.

Jadi, cobalah mengurangi konsumsi makanan cepat saji ini dan pilihlah makanan yang lebih sehat seperti salad, sandwich sehat, atau lauk-pauk yang direbus atau dipanggang.

Meskipun daftar makanan di atas bisa meningkatkan kolesterol, namun kamu nggak perlu khawatir, sobat. Sebab, masih ada banyak pilihan makanan sehat yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tubuh tetap seimbang.

Sebut saja beberapa makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon. Makanan tersebut dapat membantu kamu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh.


Jadi, intinya adalah jaga keseimbangan dan mengonsumsi makanan dengan bijak. Penting untuk memilih makanan sehat dalam pola makan sehari-hari kita dan tetap aktif bergerak. Yuk, mulai terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare