...
makanan yang terbuat dari serealia
5-min read

10 Makanan yang Terbuat dari Serealia, Penuh akan Manfaat!

makanan yang terbuat dari serealia

Ternyata ini dia makanan yang terbuat dari serealia. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Makanan yang terbuat dari serealia ternyata mengandung sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh lho. Selain itu, juga mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral.

Sebelumnya, apa kamu tahu serealia itu apa? Jadi, serealia itu adalah tanaman pangan yang ditanam dan dipanen bijinya sebaga sumber karbohidrat. Artinya serealia ini termasuk ke dalam golongan padi-padian.

Nah, berikut ini akan ada beberapa makanan yang terbuat dari serealia lho. Mau tahu itu apa aja? Yuk simak artikel dibawah ini!

Info wajib baca: Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Pria yang Perlu Kamu Tahu

Makanan yang Terbuat dari Serealia

makanan yang terbuat dari serealia
Source: KlikDokter

Berikut ini di antaranya:

1. Beras merah salah satu makanan yang terbuat dari serealia

Beras merah adalah pilihan yang luar biasa untuk meningkatkan asupan serat dalam makanan. Resep makanan dari serealia yang satu ini juga sangat mudah untuk dibuat.

Kandungan serat yang tinggi menjaga kesehatan jantung dan membantu pencernaan. Selain itu, nasi merah juga sering digunakan dalam diet karena mengandung fitonutrien dan antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. Roti gandum

Karena gandum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, roti gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi berkelanjutan. Roti ini juga mengandung vitamin B dan serat.

Dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan membuat kamu lebih kenyang untuk waktu yang lebih lama. Sangat cocok untuk pengganti nasi.

3. Granola dengan oats

Granola, yang biasanya terbuat dari oats, sering mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan untuk tambahan nutrisi dan protein. Selain itu oats kaya akan serat beta-glukan, yang berguna untuk mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Sangat baik untuk kesehatan kamu. Selain itu, bisa menambah sumber energi kamu.

4. Sereal juga salah satu makanan yang terbuat dari serealia

Sereal berfiber tinggi adalah cara sempurna untuk memulai hari kamu. Pilihlah sereal yang mengandung serat larut, seperti psyllium atau serat gandum, yang membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Hal ini dapat melancarkan pencernaan kamu serta menjauhkan dari penyakit pencernaan maupun usus. Sangat cocok untuk menjaga pola kesehatan kamu.

5. Quinoa

makanan yang terbuat dari serealia
Source: Alodokter

Quinoa adalah sumber protein nabati yang lengkap dengan semua asam amino esensial. Ini menjadikannya pilihan yang hebat untuk vegetarian atau vegan.

Quinoa juga mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks. Ini adalah makanan pokok di Amerika Selatan dan telah populer di seluruh dunia karena manfaat gizinya yang tinggi.

6. Mie soba, makanan yang terbuat dari serealia

Mie soba terbuat dari tepung soba, yang berasal dari gandum utuh. Ini merupakan salah satu resep masakan dari negara Jepang yang super enak.

Mie ini rendah kalori dan kaya akan serat. Selain itu juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti mangan dan tembaga.

7. Popcorn tanpa mentega

Popcorn yang diolah dengan sedikit minyak dan tanpa mentega adalah camilan rendah kalori yang kaya akan serat. Ini adalah alternatif sehat untuk camilan yang biasanya tinggi lemak dan gula.

Sangat berguna untuk kebutuhan tubuh kamu. Pasalnya, memiliki kandungan gizi yang baik dan tinggi untuk kamu.

8. Barley di dalam sup sayuran

Selanjutnya ada barley. Barley adalah sumber serat dan nutrisi dalam sup sayuran.

Ini menambahkan tekstur dan memberikan rasa yang kaya pada hidangan. Barley juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

9. Bubur jagung manis juga salah satu makanan yang terbuat dari serealia

Sarapan lezat yang penuh vitamin C dan serat yaitu bubur jagung manis memiliki rasa manis alami dan energi tahan lama. Jagung adalah makanan pokok di Amerika dan digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari tortilla hingga keripik jagung.

Selain itu juga jagung manis segar atau pipilan jagung yang diolah menjadi berbagai produk makanan adalah hidangan yang sangat populer. Banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kamu.

Info wajib baca: 9 Ciri-ciri Suami tidak Sayang pada Istri yang Wajib Kamu Tahu!

10. Muesli buah-buahan

Pilihan sarapan yang lezat dan sehat adalah muesli dengan oats dan potongan buah segar. Ini memberikan nutrisi, serat, dan energi yang diperlukan untuk memulai hari.

Apalagi kalau ditambah susu, muesli akan terasa lebih nikmat. Susu juga kaya akan nutrisi dan seringkali digunakan sebagai minuman sehat.

Manfaat Makanan yang Terbuat dari Serealia

makanan yang terbuat dari serealia
Source: Grid.ID

Setelah kita mengetahui beberapa makanan yang terbuat dari serealia, waktunya sekarang kita membahas beberapa manfaat dari serealia, di antaranya:

1. Sumber energi yang kuat

Serealia adalah sumber karbohidrat yang sangat baik, yang diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari.

Karbohidrat adalah bahan bakar utama bagi otak dan otot kita, sehingga serealia dapat membantu menjaga energi dan stamina kita sepanjang hari.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat merupakan komponen penting dalam serealia. Selain itu, serat larut dalam air dapat membantu memperlancar pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

Dengan mengonsumsi serealia yang kaya serat, kamu dapat membantu tubuh dalam memproses makanan dengan lebih baik.

3. Menjaga kesehatan tulang

Serealia kaya akan serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kandungan serat juga dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Mengonsumsi serealia sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung juga lho.

4. Mengontrol berat badan

Serat dalam serealia memiliki sifat mengenyangkan. Dengan mengonsumsi serealia yang kaya serat, kamu akan merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengontrol nafsu makan kamu.

Ini dapat membantu kamu dalam menjaga berat badan yang sehat atau dalam program penurunan berat badan kamu juga.

5. Meningkatkan energi dan produktivitas

Karbohidrat dalam serealia adalah sumber utama energi. Mengonsumsi makanan yang mengandung serealia sebelum aktivitas fisik atau pekerjaan mental dapat meningkatkan daya tahan dan produktivitas kamu.

6. Menyediakan nutrisi penting

Selain karbohidrat dan serat, serealia juga mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, vitamin (terutama vitamin B), dan mineral. Ini mencakup tiamin, niacin, riboflavin, zat besi, magnesium, dan seng.

Jadi, konsumsi serealia dalam diet kamu dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beraneka manfaat pada tubuh kamu.


Itulah dia beberapa makanan yang terbuat dari serealia beserta manfaatnya yang bisa kamu pelajari. Yuk, saatnya sekarang untuk menyayangi tubuh kita, agar sehat selalu dan bisa menjalankan aktivitas dengan lebih baik.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare