...
manfaat donor darah bagi pria
5-min read

7 Manfaat Donor Darah bagi Pria, Ternyata Baik untuk Kesehatan!

manfaat donor darah bagi pria

Ternyata ini manfaat donor darah bagi pria yang perlu kamu tahu!

Donor darah adalah salah satu bentuk kepedulian sosial yang dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pria. Selain membantu orang lain yang membutuhkan, ternyata terdapat manfaat donor darah bagi pria lho.

Jadi, tidak hanya individu yang menerima manfaat dari donasi darah, tetapi juga pria yang mendonorkan darahnya akan mendapatkan banyak keuntungan. Apa manfaat donor darah bagi pria? Berikut ini adalah jawabannya.

Info wajib baca: Ramalan Zodiak Taurus Minggu Ini, Fokus Pada Tujuan Asmara Kamu!

Manfaat Donor Darah bagi Pria

manfaat donor darah bagi pria
Source: Pexels.com

Kenali manfaat dari donor darah bagi pria, di antaranya:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah salah satu keuntungan besar bagi pria yang menjadi donor darah. Bagaimana mungkin hal ini terjadi? Zat besi berlebih dalam darah meningkatkan risiko pembekuan darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, tetapi donasi darah secara teratur dapat membantu menurunkan kadar zat besi dalam darah.

Pria yang mendonorkan darah secara teratur memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang yang tidak melakukannya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa donor darah yang aktif memiliki risiko serangan jantung sebesar delapan puluh delapan persen.

2. Menurunkan risiko kanker menjadi manfaat donor darah bagi pria

Selain menguntungkan kesehatan jantung, donor darah juga dapat membantu mengurangi risiko kanker lho, terutama kanker prostat dan usus besar. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang secara teratur mendonorkan darah memiliki risiko lebih rendah terkena kanker tertentu.

Salah satu teori yang mungkin menjelaskan hal ini adalah penurunan kadar zat besi dalam tubuh. Kadar zat besi yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, terutama kanker usus besar.

Pria dapat membantu menjaga kadar zat besi mereka di bawah batas yang sehat dengan mendonorkan darah secara rutin.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Donor darah mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Hal itu karena meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah, yang dapat membantu jantung bekerja lebih efisien dan menurunkan stres pada sistem kardiovaskular.

Selain itu, donor darah juga dapat membantu kesehatan jantung bukan hanya penerima darah. Akan tetapi juga para donor sendiri dengan memastikan sirkulasi darah yang baik dan tekanan darah yang terkontrol.

4. Meningkatkan kesehatan mental jadi salah satu manfaat donor darah bagi pria

Tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan emosional seseorang dapat dipengaruhi oleh donor darah. Melakukan perbuatan baik seperti mendonorkan darah dapat membawa kepuasan dan kebahagiaan yang besar, karena kamu telah memberikan harapan kepada mereka yang membutuhkan.

Selain itu, mendonorkan darah memberi kamu kesempatan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Saat kamu mendonorkan darah, kamu akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk membuat hubungan sosial dan merasa terlibat dalam komunitas. Membangun ikatan sosial seperti ini dapat membantu kesehatan mental pria.

Info wajib baca: Manfaat Makanan Sehat bagi Tubuh, Bagus untuk Diet!

5. Meningkatkan produksi sel darah merah

Dengan membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sel darah merah memainkan peran penting dalam tubuh. Donor darah dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah baru, yang penting untuk menjaga tingkat hematokrit dalam batas normal.

Ketika kamu mendonorkan darah, tubuh kamu harus menggantikan volume darah yang hilang, yang mendorong sumbu produktif dan mendorong tubuh kamu untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah sebagai tanggapan. Ini membantu menjaga tingkat hematokrit yang sehat dan fungsi sel darah merah yang baik.

6. Membantu mendeteksi penyakit

Sebelum seseorang dapat mendonorkan darah, darahnya akan menjalani sejumlah pemeriksaan. Ini termasuk pengecekan kadar hemoglobin, tes penyakit menular seperti hepatitis B dan C, dan tes tambahan yang dapat membantu mendeteksi kondisi medis tertentu.

Dengan kata lain, donor darah juga dapat membantu mendeteksi penyakit yang mungkin belum terdiagnosis secara dini. Kamu akan diberitahu dan dapat mencari perawatan tambahan jika hasil pemeriksaan menunjukkan potensi masalah kesehatan.

Donor darah juga disebut sebagai “tes kesehatan gratis” karena ini adalah cara yang bagus untuk mengawasi kesehatan kamu dan menemukan potensi masalah kesehatan yang perlu diatasi.

7. Mengelola berat badan

Donor darah juga dapat membantu menjaga berat badan ideal. Sebuah studi dari University of California San Diego menyatakan bahwa satu sesi donor darah menghasilkan pembakaran 650 kalori, yang dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal dan mengurangi risiko obesitas.

Namun, jika seseorang berusaha menurunkan berat badan, tidak disarankan untuk donor darah secara terus-menerus. Sebab kesehatan tubuh kamu dapat terancam jika donor darah dilakukan secara berlebihan.


Nah, itulah dia beberapa manfaat dari donor darah bagi pria yang harus kalian ketahui. Bukan hanya membantu orang lain, tapi kamu juga bisa terhindar dari beberapa penyakit, dan tentunya baik untuk kesehatan kamu juga, lho.

Pertimbangkan untuk mendonorkan darah jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya. Kamu tidak hanya menyumbangkan darah, tetapi juga menyumbangkan harapan dan kemungkinan menyelamatkan hidup orang lain.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare