...
manfaat jus tomat bagi wajah
5-min read

Manfaat Jus Tomat Bagi Wajah, Bisa Mencegah Penuaan!

manfaat jus tomat bagi wajah

Nggak cuma enak diminum, jus tomat juga punya segudang manfaat untuk kecantikan! Ini manfaat jus tomat bagi wajah kamu!

Tomat jadi salah satu buah yang enak dan baik untuk dikonsumsi, baik sebagai salah satu campuran dalam sayur, dimakan secara langsung, maupun dijadikan jus. Biasanya, kamu-kamu yang minum jus tomat ini pasti jadi salah satu minuman untuk diet.

Di samping rasanya yang enak dan bisa untuk diet, tomat juga ternyata memiliki berbagai manfaat lainnya, salah satunya untuk kecantikan. Tepatnya untuk kulit wajah.

Tomat sendiri pasti banyak ditemukan di dapur setiap orang, karena banyak juga masakan yang menggunakan buah yang satu ini. Buah yang juga jadi sayur ini, bisa bikin kulit wajah kamu jadi cantik, loh!

Kandungan dalam Buah Tomat

manfaat jus tomat bagi wajah
Source: detikFood – Detikcom

Buah yang juga seringkali dijadikan komoditas sayur ini, memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan antioksidan baik untuk tubuh. Buah ini seringkali ditemukan ditanam di pot-pot kecil, atau bahkan di daerah yang berada di ketinggian 1-1.600 mdpl.

Nah, sebelum masuk ke manfaatnya, kamu wajib tahu beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah tomat berikut ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Serat
  2. Vitamin C
  3. Kalium
  4. Vitamin K1
  5. Vitamin B9 (Folat)
  6. Likopen
  7. Beta Karoten
  8. Flavonoid
  9. Asam Klorogenat

Di antara kandungan-kandungan di atas, yang jadi primadona adalah likopen. Likopen sendiri adalah zat warna merah yang paling banyak terdapat pada buah tomat. Likopen bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Manfaat Jus Tomat Bagi Wajah

manfaat jus tomat bagi wajah
Source: Kompas.com

Para cewek-cewek pasti udah sering nih berurusan sama tomat, baik buat diet, ataupun buat kecantikan, hayo siapa yang begini, nih? Nah, selamat buat kamu yang suka tomat, apalagi kalau dijus!

Kamu berarti udah dapet beberapa manfaat ini dari si merah! Buat yang lagi cari solusi buat kecantikan wajah, yuk disimak beberapa manfaat jus tomat bagi wajah berikut ini sampai habis!

1. Manfaat jus tomat bagi wajah, bisa menyamarkan bintik hitam dan jerawat

Tomat mengandung likopen, yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan kerusakan radikal bebas. Selain itu, likopen juga membantu mengurangi bintik hitam dan jerawat pada kulit.

Kamu dapat membuat jus tomat segar dan menggunakannya sebagai masker wajah alami untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

2. Menjaga kulit tetap lembap

Jus tomat kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan halus. Antioksidan membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak dan mengurangi keriput. Kamu dapat menggunakan jus tomat sebagai toner wajah untuk membantu menjaga kulit tetap lembap sepanjang hari.

3. Mengurangi tanda penuaan

Tomat mengandung asam askorbat atau vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk kulit. Vitamin C membantu memproduksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Hal ini membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Kamu dapat mengonsumsi jus tomat setiap hari atau menggunakannya sebagai masker wajah untuk membantu mengurangi tanda penuaan.

Info wajib baca: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mudah dan Aman!

4. Meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan

Jus tomat juga kaya akan vitamin A, B, dan K yang membantu menjaga kulit sehat secara keseluruhan. Vitamin A membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus, sementara vitamin B membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan vitamin K membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Kamu dapat mengonsumsi jus tomat secara teratur untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

5. Membantu mengatasi masalah kulit tertentu

Tomat memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

Selain itu, jus tomat juga mengandung asam salisilat yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membantu membersihkan pori-pori. Kamu dapat mengonsumsi jus tomat atau menggunakannya sebagai masker wajah untuk membantu mengatasi masalah kulit tertentu.

6. Meningkatkan produksi kolagen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jus tomat kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Kolagen membantu menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Kamu dapat mengonsumsi jus tomat secara teratur atau menggunakannya sebagai masker wajah untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

7. Manfaat jus tomat bagi wajah, bisa mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit

Tomat mengandung asam folat yang membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. Cocok buat kamu-kamu yang ingin mengurangi kemerahan akibat iritasi kulit.

Info wajib baca: Manfaat Lidah Buaya untuk Luka dan Cara Mengolahnya!

Jadi Masker, Nggak Kalah Bermanfaat!

manfaat jus tomat bagi wajah
Source: Astronauts.id

Selain bisa diminum, kamu juga bisa bikin masker dari jus tomat! Biar jadi glowing luar dalam. Simak cara-caranya berikut ini, ya!

  • Haluskan tomat (secara manual menggunakan sendok atau menggunakan blender)
  • Tambahkan 1 sendok teh gula ke pure tomat
  • Celupkan kapas ke pure tomat lalu oleskan ke permukaan wajah menggunakan gerakan memutar. Hindari area mata dan bibir.
  • Diamkan masker tomat selama kurang lebih 5 menit.
  • Selanjutnya bilas wajah menggunakan air bersih.
  • Keringkan wajah menggunakan handuk atau kain bersih yang lembut.
  • Kamu juga bisa mencampurkan masker tomat dengan menggunakan bahan alami lainnya, seperti yogurt atau minyak zaitun, untuk mendapatkan manfaat masker wajah alami yang maksimal.

Selain dijadikan masker, kamu juga bisa bubuhkan kapas yang sudah dibasahi jus tomat atau potongan tomatnya secara langsung ke bagian wajah yang kamu inginkan.

Kalau kamu mau minum atau mengkonsumsi tomat, sebaiknya jangan terlalu berlebihan, ya, gaes. Karena tomat jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan heart burn akibat asam lambung yang naik. Penggunaan masker wajah dari tomat atau jus tomat juga baiknya hanya dilakukan sebanyak 3 kali seminggu.


Gimana informasi di atas, cukup menarik, kan? Siapa sangka kalau tomat juga bisa membersihkan dan membantu merawat wajah, baik dari luar maupun dalam?

Memang buah yang juga sering jadi sayur ini punya banyak manfaat. Kamu suka buah tomat juga, nggak? Tulis di kolom komentar, ya! Semoga info di atas berguna!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Cari

Compare listings

Compare