...
tips menurunkan tekanan darah tinggi
5-min read

7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mudah dan Aman!

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Meski di usia produktif, kamu juga perlu baca tips menurunkan tekanan darah tinggi berikut!

“Sehat itu mahal.” Pernah dengar kalimat ini? Memang betul kalau sehat itu mahal, gaes. Tapi, ketika kita sakit justru biaya yang dikeluarkan lebih mahal lagi. Makanya, kita harus menjaga kesehatan, termasuk tekanan darah. Keadaan ini biasanya dialami oleh orang yang berusia lanjut, namun bukan tidak mungkin anak muda seperti kita juga kena ‘darting’.

Darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang mengalami peningkatan signifikan di atas batas normal. Batas tekanan darah yang normal yaitu sekitar 120/80 mmHg atau sedikit lebih rendah, jika meningkat sedikit dari angka tersebut maka seseorang dikatakan mengalami peningkatan darah, sedangkan jika lebih dari 130/80 mmHg, maka kondisi ini disebut sebagai tekanan darah tinggi, atau yang biasa disebut hipertensi.

Masih ingin menikmati hidup lebih lama? Kamu dapat mempraktikkan tips menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini!

Info wajib baca: 10 Budaya Hidup Sehat Buat Anak Kost | Sehat Fisik dan Mental!

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

tips menurunkan tekanan darah tinggi
Source: freepik

“Ah, gue, kan, masih muda. Nggak perlu takut kena hipertensi, dong!” Eits, kata siapa? Orang-orang di usia produktif juga bisa terserang penyakit darah tinggi, lho! Pasalnya ada beberapa faktor selain usia yang dapat memengaruhi tekanan darah seseorang, yaitu:

  • Usia lanjut
  • Faktor keturunan atau memiliki keluarga kandung dengan riwayat tekanan darah tinggi
  • Jarang berolahraga atau memiliki berat badan berlebih (obesitas)
  • Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, termasuk banyak mengonsumsi garam
  • Kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol
  • Sering stres
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, gangguan tiroid, dan apnea tidur (sleep apnea)

Nah, sekarang sudah tahu, kan, kalau ada beberapa faktor lain yang dapat membuat seseorang terkena tekanan darah tinggi? Agar kita senantiasa sehat dan terhindar dari tekanan darah tinggi, berikut ada beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat kamu lakukan. Jangan lupa bagikan kepada anggota keluarga dan sahabat kamu. Yuk, disimak!

Info wajib baca: 8 Tips Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Alami | Auto Langsing!

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tentunya, kamu nggak mau kalau sampai terkena darah tinggi, dong. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan beberapa hal agar tekanan darahmu tetap terjaga. Simak beberapa tips yang dapat membantu kamu menurunkan dan menjaga tekanan darahmu tetap normal!

1. Makan buah-buahan

Makan Buah-Buahan
Source: lifeforstock (freepik)

Emang makan buah bisa menurunkan darah tinggi? Bisa, dong! Kamu bisa menurunkan darah tinggi dengan mengonsumsi beberapa buah secara rutin seperti pisang, semangka, anggur, kiwi, buah delima, dan buah bit.

Pada buah-buah ini terdapat senyawa yang dapat membantu penurunan tekanan darah, seperti kalium dalam pisang atau L-citrulline pada semangka. Anggur memiliki polifenol, sementara kiwi kaya akan vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Kamu juga bisa menemukan kalium dan polifenol pada buah delima, serta nitrat pada buah bit. Cara enak untuk menurunkan darah tinggi, nih!

2. Rutin berolahraga

tips menurunkan tekanan darah tinggi
Source: pressfoto (freepik)

Kata siapa olahraga cuma untuk orang yang sedang diet? Orang dengan tekanan darah tinggi juga butuh olahraga, lho! Kamu dapat melakukan beberapa olahraga sederhana untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti berjalan kaki, jogging santai, bersepeda, senam, dan juga berenang.

Waktu olahraga yang ideal dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, yaitu sekitar 30–60 menit, sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Jika konsisten dalam berolahraga, kadar tekanan darah kamu dapat berkurang sebanyak 5-8 mmHg.

3. Menjaga berat badan

Menjaga Berat Badan
Source: diana.grytsku (freepik)

Tinggal diet, dong, min? Iya, lagi-lagi berat badan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, terutama tekanan darah. Kelebihan berat badan sendiri dapat membuat jantung bekerja jauh lebih keras dan mengakibatkan hipertensi.

Dengan menjaga berat badan dan menurunkan berat badan menjadi ideal, kamu dapat dengan mudah mengontrol tekanan darah di tubuh. Selain itu, kerja jantung pun akan lebih baik dan hidup kamu menjadi lebih sehat!

4. Menjaga pola makan sehat

Menjaga Pola Makan Sehat
Source: Jcomp (freepik)

Bagian ini juga berhubungan dengan poin nomor 1, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung kalium. Beberapa buah sudah disebutkan di poin sebelumnya, dan pilihan buah lain yang mengandung kalium adalah jeruk. Seger!

Untuk sayuran yang mengandung kalium sendiri ada bayam, kentang, dan wortel. Selain mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung kalium, kamu juga dapat mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian utuh, produk olahan susu rendah lemak, serta mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol.

5. Batasi konsumsi garam

Batasi Konsumsi Garam
Source: Halodoc

Garam atau sodium (natrium) sendiri menjadi salah satu bahan yang dapat meningkatkan kadar tekanan dalam darah kamu, lho! Kok, bisa? Bisa! Soalnya jika jumlah sodium yang terdapat di dalam tubuh kamu terlalu banyak, otomatis tekanan darahmu juga akan meningkat.

Jumlah sodium yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa normalnya sekitar 1.500–2.000 mg per hari. Jika lebih dari itu, kamu harus waspada dan segera mengurangi konsumsi garam di makanan, ya!

6. Stop merokok dan mengonsumsi alkohol

Stop Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol
Source: KlikDokter

Hayo, siapa yang susah berhenti merokok? Biasanya yang mengalami kendala ini adalah laki-laki. Karena laki-laki identik dengan konsumsi rokok yang mungkin berlebihan. Bahkan ada yang sehari dapat menghabiskan 1-2 bungkus rokok? Auto-bahaya! Kamu yang masih suka begini, kurang-kurangin, deh!

Merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan komplikasi di organ-organ lain seperti paru-paru, ginjal, dan hati. Hiii, ngeri!

7. Konsumsi obat-obatan

tips menurunkan tekanan darah tinggi
Source: Lifepack.id

Yang satu ini lebih sering dilakukan oleh para manula, tapi jika kamu terkena tekanan darah tinggi dan cara-cara di atas kurang efektif atau tidak berhasil menurunkan tekanan darahmu selama 6 bulan lebih, maka dapat mengonsumsi obat-obatan untuk membantu menurunkan tensi.

Penggunaan obat antihipertensi sendiri tidak oleh sembarangan, ya! Harus konsultasi terlebih dahulu dan harus dengan resep dokter, karena dosis obat yang diberikan nanti akan disesuaikan dengan usia, respons tubuh terhadap obat, dan riwayat penyakit lain yang diderita.


Nah, itu dia tadi beberapa informasi mengenai tips menurunkan tekanan darah tinggi. Sekarang kamu sudah tahu, kan, selain usia ada banyak penyebab darah tinggi. Kamu dapat menerapkan tips-tips di atas dengan rutin agar tekanan darahmu dan keluarga tetap terjaga. Semoga bermanfaat, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare