...
cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning
5-min read

3 Cara Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Kuning, Cek di Sini!

cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning

Cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning berikut ini dapat kamu langsung coba, lho.

Sepatu putih merupakan salah satu jenis sepatu yang menjadi favorit bagi banyak orang. Bahkan sebagian anak muda juga memiliki sepatu berwarna putih karena lebih kekinian dan terlihat keren ketika dipakai.

Namun, terdapat satu hal yang kerap menjadi masalah bagi pemilik sepatu berwarna putih. Masalahnya yakni warna putih pada sepatu mudah berubah menjadi kekuningan setelah pemakaian beberapa lama. Mungkin saja kamu juga pernah mengalami hal ini, bahkan ketika setelah dicuci, bukan?

Nah, untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning.

Info wajib baca: 4 Ide Outfit Kondangan Pria dengan Kemeja Hitam, Kasual dan Elegan!

Cara Mencuci Sepatu agar Tidak Kuning yang Dapat Kamu Terapkan

Di bawah ini merupakan 3 cara dan terdiri atas beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika mencuci sepatu putih. Simak baik-baik, ya.

1. Persiapan sebelum mencuci sepatu putih

Sebelum mencuci sepatu putih, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, nih. 

Pertama, bersihkan noda atau kotoran pada sepatu putih menggunakan kain lembut atau sikat gigi bekas yang sudah dibersihkan. Jangan sesekali menggunakan sikat dengan bulu kasar atau bahan yang kasar, karena hal tersebut dapat merusak permukaan sepatu.

Kedua, pastikan bahan pencuci yang akan digunakan aman untuk sepatu putih. Gunakanlah sabun atau detergen yang dikhususkan untuk mencuci sepatu putih, karena bahan-bahan ini mengandung bahan penghilang noda dan memutihkan sepatu tanpa merusak permukaannya.

Terakhir, siapkan juga perendam khusus untuk sepatu putih, seperti baking soda atau cuka putih. Baking soda dan cuka putih dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dan memutihkan sepatu putih.

2. Cara mencuci sepatu putih dengan benar

Setelah persiapan sudah dilakukan, berikut adalah langkah-langkah mencuci sepatu putih dengan benar:

Langkah pertama, siapkan air dalam wadah yang cukup untuk memasukkan sepatu. Pastikan air yang digunakan suhu ruangan atau hangat, jangan terlalu panas.

Langkah kedua, masukkan sepatu ke dalam air, dan basahi menggunakan air hingga seluruh permukaan sepatu terendam.

Ketiga, tuangkan sabun atau detergen yang sudah disiapkan ke dalam air, dan aduk hingga berbusa.

3. Cara berikutnya mencuci sepatu putih dengan benar

Langkah keempat, sikat sepatu menggunakan sikat lembut atau lap lembut. Gosok perlahan-lahan permukaan sepatu, dan fokus pada bagian yang kotor atau berminyak.

Kelima, bilas sepatu dengan air bersih, pastikan semua sabun atau detergen terangkat dengan sempurna.

Keenam, keringkan sepatu menggunakan handuk bersih atau kain lap, dan jangan mengepel sepatu dengan terlalu keras.

Langkah terakhir, nih, kamu bisa jemur sepatu di tempat yang teduh atau di dalam ruangan yang terkena cahaya matahari. Jangan menempatkan sepatu di bawah sinar matahari langsung, karena dapat membuat warna putih pada sepatu menjadi kuning.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara mengeringkan sepatu dalam semalam apabila sepatu putihmu ingin lebih cepat kering.

Info wajib baca: Penyebab Kaki Bengkak Pada Lansia: Faktor, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

Tips Merawat Sepatu Putih agar Tetap Bersih dan Awet

Cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning berikut ini dapat kamu terapkan agar sepatu kamu awet. Simak di sini
Source: Berkeluarga.id

Selain mencuci sepatu putih dengan benar, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar sepatu putih tidak cepat kuning setelah dicuci atau digunakan.

1. Tips mudah yang dapat kamu lakukan dalam merawat sepatu putih

Berikut adalah beberapa tips agar sepatu putih tidak cepat kuning setelah dicuci atau digunakan:

  • Hindari memakai sepatu putih di area yang kotor atau berdebu. Jika memang harus memakainya, pastikan membersihkan sepatu setelah digunakan dengan cara menyikat atau membersihkan kotoran pada sepatu.
  • Simpan sepatu putih di tempat yang kering dan sejuk. Hindari meletakkan sepatu putih di tempat yang lembap atau basah, karena dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri pada sepatu. Kamu bisa menggunakan kotak sepatu atau rak sepatu yang tertutup untuk menyimpan sepatu putih.
  • Jangan mencuci sepatu putih terlalu sering. Mencuci sepatu terlalu sering dapat membuat warna putih pada sepatu cepat memudar dan berubah menjadi kuning.
  • Gunakan penghilang noda khusus untuk sepatu putih. Jangan mencoba menggunakan penghilang noda yang biasa digunakan untuk baju atau kain, karena bisa merusak warna putih pada sepatu.

2. Tips mudah berikutnya merawat sepatu putih adalah…

  • Gunakan pelindung sepatu. Jika ingin sepatu putih tetap bersih dan putih, gunakan pelindung sepatu untuk mencegah noda atau kotoran menempel pada sepatu.
  • Jangan memakai sepatu putih saat hujan atau kondisi cuaca yang basah. Air dapat merusak bahan sepatu dan membuat warna putih pada sepatu cepat memudar.
  • Lakukan perawatan berkala pada sepatu. Kamu bisa membersihkan sepatu putih secara berkala dan melakukan perawatan seperti memberi krim atau pelindung pada sepatu agar tetap terjaga kebersihannya dan tahan lama.
  • Jangan lupa untuk selalu memeriksa label pada sepatu kamu sebelum mencuci, dan jangan mencuci sepatu putih dalam mesin cuci.

Demikian pemaparan tentang cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning. Dengan begitu, sepatu putih kesayangan kamu bisa tetap terlihat bersih dan awet meskipun sudah sering digunakan. Semoga bermanfaat dan dapat kamu terapkan dengan baik, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare