...
manfaat minum kopi sebelum olahraga
5-min read

Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Sebelum Olahraga | Meningkatkan Performa hingga Bikin Kecanduan

manfaat minum kopi sebelum olahraga

Dengan manfaat yang baik untuk tubuh, minum kopi sebelum olahraga menjadi hal yang kerap dilakukan banyak orang. Simak penjelasan lengkapnya!

Apakah kamu termasuk orang yang suka minum kopi? Dengan rasa khas dan berbagai macam kandungannya, kopi kerap menjadi pilihan banyak orang.

Kopi juga menjadi salah satu minuman yang paling populer di dunia, dikenal karena kemampuannya untuk memberikan rasa segar dan meningkatkan kewaspadaan. Banyak orang mengonsumsi kopi sebelum berolahraga untuk meningkatkan performa fisik mereka.

Namun, apakah minum kopi sebelum olahraga selalu baik? Yuk, kita coba gali lebih dalam tentang manfaat, risiko, dan efek samping minum kopi sebelum berolahraga.

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

manfaat minum kopi sebelum olahraga
Source: Halodoc

Kafein, zat aktif yang terdapat dalam kopi, memiliki efek merangsang pada sistem saraf pusat yang mempunyai sejumlah manfaat pada tubuh. Jika minum sebelum olahraga, ada sejumlah manfaat dari kopi yang bisa kamu rasakan, yaitu: 

1. Minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan kewaspadaan

Kafein menjadi zat yang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Jika diminum sebelum olahraga, hal ini bisa berguna untuk menjaga konsentrasi saat melakukan latihan.

2. Minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan performa

Kafein juga dapat meningkatkan kontraksi otot dan merangsang sistem saraf yang bisa membantu meningkatkan performa olahraga, terutama dalam aktivitas anaerobik seperti angkat beban atau sprint.

Info wajib baca: Mengenal Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Udah Tau?

3. Minum kopi sebelum olahraga untuk mengurangi rasa sakit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu mengurangi persepsi rasa sakit selama atau setelah latihan intens.

4. Peningkatan metabolisme

Terakhir, kafein juga dapat meningkatkan laju metabolisme yang bisa membantu pembakaran kalori lebih efisien selama dan setelah olahraga.

Risiko dan Efek Samping Minum Kopi Sebelum Olahraga

manfaat minum kopi sebelum olahraga
Source: Sukabumi Update

Tak hanya memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, ada juga risiko dan efek samping yang perlu diperhatikan jika kamu memutuskan untuk minum kopi sebelum olahraga. Berikut di antaranya:

1. Gangguan pencernaan

Kafein dapat merangsang produksi asam lambung yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau gejala refluks asam. Hal ini dapat terjadinya utamanya jika kamu berolahraga dengan intensitas tinggi.

2. Minum kopi sebelum olahraga dapat membuat kehilangan cairan

Kafein bersifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan cukup cairan.

3. Gangguan tidur

Konsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu pola tidur kamu. Jika berolahraga di malam hari dan minum kopi sebelumnya, ini bisa mengganggu kualitas tidurmu.

4. Peningkatan detak jantung

Kafein dapat meningkatkan detak jantung seseorang. Jika kamu memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi risiko yang perlu diperhatikan.

5. Minum kopi sebelum olahraga dapat menyebabkan kecanduan

Kandungan dalam kafein bersifat adiktif atau menyebabkan kecanduan. Menggunakan kopi sebagai “pengganti” energi bisa menyebabkan kecanduan dan toleransi yang memerlukan konsumsi lebih banyak kafein untuk mencapai efek yang sama.

Dalam mengonsumsi kopi sebelum olahraga, dosis dan waktu sangatlah penting. Adapun dosis kafein yang aman untuk dikonsumsi sebelum olahraga berkisar antara 3 hingga 6 miligram per kilogram berat badan.

Jika kamu memiliki sensitivitas tinggi terhadap kafein, mungkin sebaiknya perlu mengonsumsi dosis yang lebih rendah.

Sedangkan dari waktu konsumsi, kopi idealnya diminum sekitar 30 hingga 60 menit sebelum memulai olahraga. Ini memberikan waktu bagi kafein untuk meresap ke dalam tubuh dan memberikan efek merangsang pada sistem saraf.

Info wajib baca: 7 Cara Membuat Masker Kopi, Bikin Mencerahkan Wajah

Tips Minum Kopi Sebelum Olahraga dengan Aman

Source: Orami

Jika kamu ingin mencoba minum kopi sebelum olahraga, berikut beberapa tips agar melakukannya dengan aman:

  1. Perhatikan dosis: Jangan melebihi dosis yang direkomendasikan agar menghindari efek samping yang tidak diinginkan.
  2. Hindari kombinasi kopi dengan lainnya: Hindari mengonsumsi kafein bersamaan dengan suplemen atau obat lain yang mengandung kafein, untuk menghindari overdosis.
  3. Pertimbangkan jenis olahraga: Efek kafein bisa berbeda tergantung pada jenis olahraga yang kamu lakukan. Beberapa olahraga mungkin lebih sensitif terhadap efek kafein daripada yang lain.
  4. Perhatikan toleransi pribadi: Setiap individu memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein. Jika kamu baru pertama kali mencoba minum kopi sebelum olahraga, perhatikan bagaimana tubuhmu bereaksi.
  5. Keseimbangan cairan: Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan meminum cukup air bersamaan dengan minuman berkafein.

Minum kopi sebelum olahraga bisa memberikan manfaat, terutama dalam meningkatkan kewaspadaan dan performa. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan risiko dan efek sampingnya, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Yang terpenting adalah memastikan bahwa kamu mengonsumsi kafein dengan bijak, mengikuti dosis yang direkomendasikan, dan memperhatikan bagaimana tubuh merespon. Jika Anda memiliki keraguan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengubah kebiasaan minuman kamu sebelum olahraga.


Itulah sejumlah manfaat dan efek samping yang bisa saja terjadi saat kamu memutuskan untuk minum kopi sebelum olahraga. Apa kamu termasuk orang yang sering melakukan kegiatan ini juga. Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare