...
manfaat vitamin B12
5-min read

6 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan Tubuh | Penambah Darah hingga Menghindari Tulang Keropos!

manfaat vitamin B12

Vitamin B12 menjadi nutrisi yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja?

Menjaga kesehatan tubuh tentunya nggak hanya dilakukan dengan olahraga saja, nih. Lebih dari itu, memiliki tubuh yang sehat juga memerlukan nutrisi lain yang berasal dari makanan seperti vitamin.

Nah, vitamin B12 menjadi salah satu vitamin yang penting bagi tubuh kita. Meskipun hanya diperlukan dalam jumlah kecil, keberadaannya sangatlah vital untuk menjaga kesehatan dan fungsi normal tubuh. Apalagi buat kamu yang setiap harinya mudah merasa lemas dan kurang bersemangat.

Manfaat Vitamin B12 bagi Kesehatan Tubuh

Source: AloDokter

Ada sejumlah manfaat penting yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Nah, apa saja? Yuk, simak beberapa manfaat penting dari vitamin B12 ini!

1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Salah satu manfaat utama dari vitamin B12 adalah membantu dalam produksi sel darah merah. Pasalnya, sel darah merah bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.

Jika tubuh kekurangan vitamin B12, produksi sel darah merah dapat terganggu, dan ini dapat menyebabkan anemia. Dengan asupan yang cukup dari vitamin B12, tubuh dapat mempertahankan jumlah sel darah merah yang sehat dan meningkatkan kualitas sirkulasi darah.

2. Manfaat vitamin B12 dalam mendukung fungsi saraf yang sehat

Vitamin B12 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Ha ini dapat membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan mielin, atau lapisan pelindung yang melapisi serat saraf.

Info wajib baca: Mengungkap 7 Manfaat Retinol untuk Wajah, Bisa Menunda Penuaan!

Dengan memiliki mielin yang sehat, sinyal saraf dapat dikirim dengan lancar dan efisien di seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B12 juga berkontribusi dalam produksi neurotransmitter yang penting untuk keseimbangan suasana hati dan fungsi kognitif yang optimal.

3. Manfaat B12 dalam meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan

manfaat vitamin b12
Source: TribunStyles.com

Jika kamu sering merasa lelah dan kekurangan energi, mungkin kurangnya vitamin B12 adalah salah satu penyebabnya, tuh. Pasalnya, vitamin B12 berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang membantu tubuh dalam mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Dengan asupan yang cukup dari vitamin B12, kamu dapat merasakan peningkatan energi dan mengurangi kelelahan yang berlebihan. Menjalani kegiatan sehari-hari pun jadi lebih semangat, deh!

4. Manfaat B12 dalam mempertahankan kesehatan tulang

Ingin mempunyai tulang yang kuat untuk menopang beban hidup? Konsumsi vitamin B12 dapat menjadi cara bisa kamu lakukan, nih. Pasalnya, Vitamin B12 memiliki peran penting dalam kesehatan tulang.

Bersama dengan nutrisi lainnya seperti vitamin D dan kalsium, vitamin B12 dapat membantu menjaga kepadatan tulang yang optimal. Ini penting terutama untuk mencegah risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang lebih rentan terhadap kondisi ini setelah menopause supaya nggak mudah keropos!

5. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi vitamin B12 yaitu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin ini membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah.

Info wajib baca: 10 Makanan yang Mengandung Lemak Sehat, Gaya Hidup Jadi Seimbang

Tingginya kadar homosistein biasanya berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan menjaga kadar homosistein yang sehat, vitamin B12 dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kondisi yang terkait dengan pembuluh darah.

6. Mendukung kesehatan mental

manfaat vitamin B12
Source: theasianparent

Sering mengeluh soal mental health? Selain healing, kamu juga bisa menjaga kesehatan mental dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh.

Selain manfaatnya untuk fungsi saraf, vitamin B12 juga mempunyai peran yang signifikan untuk menjaga kesehatan mental. Sebab, kondisi tubuh yang kekurangan vitamin B12 dapat mendorong terjadinya peningkatan risiko gangguan mood seperti depresi dan kecemasan.

Dengan asupan yang cukup dari vitamin B12, kamu dapat mendukung kesehatan mental kamu dan menjaga suasana hati yang seimbang. Tentunya didukung dengan menjaga diri dari beberapa aktivitas yang dapat mengganggumu, ya!

Penting untuk diingat bahwa vitamin B12 dapat ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu. Oleh karena itu, orang-orang yang menjalani diet vegetarian atau vegan mempunyai risiko kekurangan vitamin B12 dan perlu mencari sumber suplemen yang tepat.

Maka dari itu, pastikan untuk memberikan asupan yang cukup dari vitamin B12 dalam pola makan kamu untuk menjaga kesehatan lebih optimal. Jaga keseimbangan nutrisi dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki kekhawatiran tentang asupan vitamin B12, ya!


Nah, itu dia sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mencukupi kebutuhan vitamin B12 untuk tubuh. Dengan mengetahui informasi penting ini, kamu tentunya jadi bisa merawat kesehatan diri dengan lebih baik, deh!

Apa kamu punya cerita menarik dengan masalah kesehatan yang berkaitan dengan vitamin B12? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar untuk menyebarkan informasi positif mengenai pentingnya konsumsi nutrisi yang tepat untuk tubuh!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare