...
mitos jawa
5-min read

14 Contoh Mitos Jawa yang Bikin Geleng-geleng Kepala dan Masih Dipercaya

mitos jawa

Mitos jawa ternyata masih dipercaya hingga sekarang lho. Apakah kamu percaya?

Mitos merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari warisan budaya suatu masyarakat, tak terkecuali dengan contoh mitos Jawa. Konon katanya mitos jawa ini masih jadi hal yang dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Banyak orang Indonesia yang percaya pada mitos leluhur mereka meskipun mereka hidup di era modern. Lalu kira-kira apa saja mitos Jawa yang sampai hari ini masih dipercaya? Cek di bawah ini ya.

Info wajib baca: Mengerikan! Penyakit Langka Artis Ini Pernah Diderita oleh Artis Dunia, Siapa Saja?

Contoh Mitos Jawa yang Masih Dipercaya

mitos jawa
Source: IDN Times

Di bawah ini kita akan menjelajahi beberapa contoh mitos Jawa, serta alasan mengapa mitos-mitos ini masih dipegang erat oleh sebagian masyarakat Jawa.

1. Mitos anak gadis duduk di depan pintu sulit dapet jodoh jadi mitos jawa

Sampai hari ini, masyarakat Jawa masih percaya mitos bahwa jika anak gadis duduk di depan pintu, akan sulit mendapatkan jodoh. Hal baik dari munculnya mitos ini adalah bahwa itu mengajarkan anak perempuan untuk sopan.

Karena duduk di depan pintu dapat mencegah orang masuk atau keluar. Meskipun mungkin terdengar aneh, mitos ini mencerminkan norma-norma sosial yang ada dalam masyarakat Jawa terkait etika dan sopan santun.

2. Jangan keluar rumah saat magrib karena bisa diculik wewe gombel

Mitos ini mengatakan bahwa jika anak-anak keluar dari rumah saat magrib, mereka bisa diculik oleh makhluk halus bernama Wewe Gombel. Berjenis sebagai wanita tua dengan rambut kotor dan panjang.

Misalnya, mitos ini mungkin dibuat untuk mengingatkan anak-anak agar tidak keluar rumah pada malam hari, yang dianggap berbahaya. Biasanya hal ini kerap digunakan oleh orang tua untuk meminta anaknya segera pulang bermain.

3. Siul di malam hari artinya memanggil setan

Kamu mungkin pernah bersiul di malam hari dan ditegur oleh orang yang lebih tua tanpa kamu sadari. Mereka mengatakan bahwa bersiul di malam hari dapat memanggil setan.

Namun, itu jelas mengganggu keluarga atau tetangga yang sedang tidur. Malam hari membuat sunyi, terutama di desa. Selain itu, suasana malam sama dengan waktu tidur, jadi suara siulan atau suara lain dapat terdengar lebih jelas dan mengganggu kenyamanan atau waktu tidur orang di sekitarnya.

4. Tidak boleh duduk di bantal karna bisa bisulan jadi salah satu mitos jawa

Alas yang empuk akan membuat kamu duduk lebih nyaman. Pasti pernah terpikir untuk menggunakan bantal saat duduk agar lebih nyaman, kan?

Ternyata, ada mitos lain yang masih dipercaya oleh orang Jawa. Seperti penggunaan tutup sebagai piring, mitos ini muncul dan berkembang dengan tujuan mengingatkan kita untuk menggunakan barang sesuai dengan fungsinya.

Bantal pada hakikatnya dimaksudkan untuk digunakan di kepala, bukan di kaki atau alas duduk. Jika digunakan secara tidak tepat, bantal akan menjadi kotor dan tidak lagi layak digunakan untuk kepala, yang berarti kepala kita juga akan kotor.

5. Nyapu tidak bersih akan dapat suami yang brewokan

Kebersihan penampilan seorang pria sangat penting bagi masyarakat Jawa kuno. Seorang pria harus dinilai dari banyak aspek, salah satunya adalah brewok.

Pria yang brewok dianggap urakan dan tidak dapat merawat diri sendiri. Selain itu, ada tuntutan bahwa wanita harus dapat melakukan tugas rumah tangga seperti menyapu, masak, cuci piring, dll.

Masyarakat percaya bahwa wanita harus belajar dan mengurus rumah dengan telaten, seperti menyapu. Ibaratnya, perempuan yang malas, tidak telaten, dan tidak bersih juga dapat mendapatkan jodoh yang tidak rapi dan tidak bersih.

6. Tidak boleh pakai baju hijau jika berada di pantai selatan

Masyarakat Jawa percaya bahwa Nyi Roro Kidul tinggal di pantai selatan karena dia digambarkan selalu mengenakan kebaya berwarna hijau. Selain itu, ada mitos Jawa yang terus-menerus mengatakan bahwa orang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau ke mana pun di pantai selatan.

Menurut mitos, itu tidak sopan karena menyamai warna baju Nyi Roro Kidul. Sehingga Nyi Roro Kidul akan marah dan orang-orang berbaju hijau akan diseret ke laut.

7. Nabrak kucing bisa bikin sial atau celaka

Kamu sering melihat kucing liar di tengah jalan saat berkendara, kan? Kemungkinan menabrak kucing yang tiba-tiba lewat bisa terjadi karena kurangnya penerangan, terutama saat berkendara di malam hari.

Mitos Jawa mengatakan bahwa menabrak kucing akan menyebabkan masalah di masa depan. Sebenarnya, tujuannya adalah untuk membuat orang lebih berhati-hati saat berkendara. Mitos ini harus membuat orang selalu waspada saat berkendara, bukan?

Info wajib baca: Unik! Berikut 5 Senjata Tradisional Sumatera Barat

8. Kupu-kupu masuk rumah tanda akan datang tamu

Seringkali kita melihat kupu-kupu di pekarangan rumah kan? Namun, ada mitos Jawa yang masih dipercaya bahwa jika kupu-kupu masuk ke rumah, berarti ada tamu yang akan datang.

Sebenarnya, ini dimaksudkan agar ketika seseorang berkunjung ke rumahmu, kamu selalu siap menyambut mereka dengan baik dan ramah, terlepas dari apakah mereka adalah kerabat, sahabat, atau orang terdekat.

9. Makan sambil tiduran bisa jadi ular merupakan contoh mitos jawa

Mitos Jawa kuno mengatakan bahwa makan sambil tidur bisa menjadi ular! Mitos itu berlaku untuk semua orang, dari orang tua hingga anak-anak.

Sebenarnya, mitos tersebut memiliki dasar yang masuk akal. Mitos bahwa orang harus makan dalam posisi yang baik, yaitu duduk, karena makan dalam posisi tiduran dapat mengganggu pencernaan dan bahkan dapat menyebabkan tersedak.

10. Pamali mengambil makan sebelum orang tua

Selain itu, ada mitos Jawa yang masih dipercaya yang menyatakan bahwa menjadi pamali jika kamu mengambil makanan sebelum orang tua kamu selesai makan. Menurut mitos ini, kamu hanya boleh mengambil makanan setelah orang tua atau orang yang lebih tua kamu selesai makan.

Mitos itu ternyata dibuat untuk mengajarkan anak-anak untuk menghargai orang yang lebih tua. Orang Jawa sangat sopan. Akibatnya, mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh orang yang lebih tua dianggap sebagai tindakan yang tidak etis dan sebaiknya tidak dilakukan.

11. Dilarang memotong kuku saat malam hari

Memotong kuku biasanya dilakukan saat waktu luang. Jika kamu sibuk seharian, kadang-kadang kamu hanya bisa memotongnya setelah mandi malam.

Ternyata, banyak orang Jawa masih percaya bahwa memotong kuku di malam hari bisa menyebabkan masalah. Setelah diselidiki, ternyata mitos tersebut dibuat dengan niat baik.

Ada banyak risiko jika kamu memotong kuku pada malam hari. Misalnya, karena suasana gelap, mungkin salah memotong kuku menjadi terlalu panjang atau bahkan menggores tangan.

12. Ayam berkokok di malam hari salah satu mitos jawa

Jika ayam berkokok, itu biasanya menunjukkan bahwa pagi telah tiba. Namun, ada situasi tertentu di mana ayam dapat berkokok di malam hari.

Mitos yang berkembang mengatakan bahwa, karena ayam berkokok tidak tepat waktu, itu adalah tanda yang buruk. Artinya, mungkin akan terjadi malapetaka atau tanda-tanda bahwa seorang gadis hamil sebelum waktunya.

Menurut beberapa orang, ayam berkokok di malam hari karena mereka melihat sesuatu yang tak kasat mata.

13. Makan sayap ayam bikin jauh jodoh

Selain itu, ada mitos Jawa yang mengatakan bahwa orang yang makan sayap ayam tidak akan mendapatkan jodoh. Mitos ini sebenarnya mengatakan bahwa makan sayap ayam yang banyak lemak dapat menyebabkan jerawat.

Remaja yang hormonnya belum stabil berisiko mendapat jerawat jika mereka mengonsumsi lemak berlebihan. Wanita dianggap sulit mendapatkan pacar jika kulit muka mereka tidak bersih.

14. Mitos makan menggunakan tutup wadah

Di Korea, menjadikan tutup wadah sebagai alas sudah biasa. Namun, di Indonesia, ini menjadi mitos karena dianggap dapat menyebabkan hal buruk.

Namun, mitos ini juga dapat diartikan sebagai pengingat bahwa setiap barang harus digunakan sesuai dengan fungsinya.


Nah, itulah dia 14 mitos jawa yang masih dipercaya sampai sekarang. Ternyata, banyak alasan di balik mitos tersebut, ya. Apa kamu masih percaya dengan mitos tersebut? Tulis di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare