...
Obat cacing alami
5-min read

5 Obat Cacing Alami yang Mudah Dibuat Di Rumah

Obat cacing alami

Kamu bisa pilih obat cacing alami untuk menghilangkan cacingan, nih.

Penyakit cacingan adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya infeksi cacing dalam tubuh. Cacing-cacing ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan maupun air minum yang terkontaminasi. Cacing yang masuk ke dalam usus akan bertahan dalam tubuh dan menyerap sari-sari makanan.

Umumnya penyakit cacingan dialami oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan dialami oleh orang dewasa. Pengobatannya tentu berbeda, kamu bisa memilih obat cacing orang dewasa agar lebih cepat mengatasinya.

Penyakit cacingan yang tidak segera diobati dapat menimbulkan masalah yang serius. Selain menyebabkan gangguan pencernaan, cacing-cacing yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menimbulkan masalah pada kulit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak obat cacing alami yang mudah untuk kamu buat sendiri di rumah. Cek cara membuatnya sendiri di rumah, yuk!

Info wajib baca: 9 Obat Amandel Alami yang Mudah Ditemui di Rumah, Ampuh!

Gejala Cacingan

Source: Freepik

Di fase-fase awal, umumnya cacingan tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Namun, ketika cacing mulai menyerang usus, gejala-gejala tersebut mulai terasa di tubuh.

Beberapa gejala yang mungkin terjadi pada penderita cacingan, antara lain mual dan muntah, diare, nyeri perut, iritasi di sekitar anus, nafsu makan menurun, dan lain-lain.

Apabila beberapa gejala di atas sudah mulai terasa, ada baiknya kamu segera mengambil langkah awal dengan minum obat.

5 Obat Cacing Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

Jika kamu tidak biasa minum obat-obatan kimia, kamu bisa mengatasinya dengan minum obat cacing alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut lima obat cacing alami yang bisa kamu coba.

1. Bawang putih

Source: Freepik

Umumnya di setiap rumah selalu ada bawang putih yang biasa digunakan untuk masak. Bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki khasiat yang cukup baik untuk mengatasi penyakit cacingan secara alami. Hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membasmi cacing di perut.

Cara yang dapat dilakukan cukup mudah. Kamu dapat mengonsumsi langsung bawang putih mentah setiap hari. Mengonsumsi bawang putih utuh selama kurang lebih satu minggu dapat membantu mengobati cacingan.

Tetapi jika kamu tidak dapat mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa menggerusnya dan mencampurnya ke dalam makanan yang kamu konsumsi.

2. Wortel

Sayuran yang satu ini manfaaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Wortel mengandung serat alami dan beta karoten yang dapat membantu membersihkan usus dan mengurangi risiko infeksi cacing. Wortel juga berperan penting dalam membersihkan saluran pencernaan dari parasit-parasit jahat.

Untuk mengatasi gejala cacingan dengan wortel, kamu dapat mengonsumsinya langsung secara mentah maupun dimasak.

Cara lainnya yang dapat kamu coba, yakni dengan membuat jus atau salad dengan bahan baku wortel segar. Selain dijadikan obat cacing alami, wortel juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit karena wortel kaya akan vitamin A. Jadi, penting juga kamu menanam wortel di rumah, tuh!

3. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah pepaya juga dikenal sebagai salah satu obat cacing alami. Buah tropis ini mengandung enzim papain yang dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dari parasit cacing.

Enzim papain dalam pepaya telah terbukti efektif dalam melawan infeksi cacing usus seperti cacing gelang dan cacing tambang. Pepaya juga memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, sehingga dapat membantu meredakan peradangan akibat serangan parasit serta mencegah infeksi lebih lanjut.

Cara mengonsumsi pepaya sebagai obat cacing cukup mudah. Kamu bisa memakan buahnya secara langsung. Tetapi jika tidak menyukai buah pepaya utuh, kamu dapat membuatnya menjadi jus pepaya segar.

Info wajib baca: Obat Tradisional Batuk Pilek Bayi yang Ampuh dan Alami, Nggak Perlu Was-Was dengan Obat Kimia!

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu obat cacing alami yang kerap digunakan dalam pengobatan tradisional. Bahan yang satu ini terbuat dari daging kelapa yang diperas hingga menghasilkan minyak kental dengan aroma harum.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu membasmi parasit dan cacing dalam tubuh manusia. Asam laurat memiliki sifat antimikroba yang kuat, sehingga mampu melawan infeksi akibat keberadaan cacing pada saluran pencernaan.

Cara penggunaan minyak kelapa sebagai obat cacing cukup mudah. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Dianjurkan untuk mengonsumsi 1-2 sendok makan minyak kelapa setiap hari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Kunyit

Rempah kunyit merupakan salah satu rempah yang kaya akan manfaat. Kunyit dipercaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatasi peradangan, antibakteri dan anti-jamur. 

Rempah yang satu ini mengandung senyawa yang dapat membantu membasmi cacing, serta mampu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh parasit pada usus.

Untuk menjadikan kunyit sebagai obat cacing alami cukup mudah. Kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam olahan makanan atau membuat minuman yang kamu konsumsi, saat mengalami gejala cacingan.


Itu dia lima obat cacing alami yang mudah dibuat di rumah. Jika kamu mengalami gejala cacingan, kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan alami di atas sebagai langkah antisipasi. Dari lima obat di atas, mana yang sudah pernah kamu coba?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare