...
obat nyamuk aman untuk bayi
5-min read

Berbeda dengan Orang Dewasa, Ini Tips Memilih Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

obat nyamuk aman untuk bayi

Memilih obat nyamuk yang aman untuk bayi membutuhkan ketelitian untuk meminimalisir bahaya

Nyamuk adalah salah satu hewan yang dapat membawa penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya. Bayi, dengan kulit yang lembut dan sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, termasuk dalam kelompok yang paling rentan terhadap gigitan nyamuk.

Oleh karena itu, melindungi bayi dari nyamuk sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan mereka. Namun, saat memilih obat nyamuk untuk bayi, kita sering kali bingung untuk memastikan produk obat nyamuk mana saja yang aman untuk bayi.

Nah, supaya kamu nggak bingung lagi saat mencari perlindungan yang sempurna untuk bayi, cari tahu cara memilih obat nyamuk yang aman untuk bayi di artikel ini, yuk!

Tips Memilih Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

obat nyamuk aman untuk bayi
Source: Shopee

Kulit bayi yang lembut dan sensitif membuatnya lebih rentan terhadap iritasi dan gigitan nyamuk. Dalam jangka waktu tertentu, hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi atau infeksi kulit.

Selain itu, bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah, chikungunya, dan Zika.

Info wajib baca: Canggih! Ini Cara Mudah Mengusir Nyamuk dengan Hp | Pakai Suara Ultrasonik!

Maka dari itu, kita harus selalu ingat bahwa produk yang aman dan efektif untuk dewasa tidak selalu cocok untuk bayi. Oleh karena itu, penting untuk memahami pilihan terbaik dalam melindungi bayi dari nyamuk.

Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih obat nyamuk yang aman untuk bayi:

1. Pilih yang berlabel aman untuk bayi

Ketika mencari obat nyamuk, pastikan produk yang kamu pilih jelas berlabel “aman untuk bayi”. Label semacam ini menandakan bahwa produk tersebut telah diuji dan dianggap aman untuk digunakan pada bayi.

2. Perhatikan bahan aktif

Selanjutnya, periksa kandungan obat nyamuk yang tercantum pada kemasan. Pilih obat nyamuk yang mengandung bahan aktif DEET atau IR3535. Kedua bahan aktif ini telah teruji secara klinis aman untuk bayi.

3. Hindari penggunaan bahan permethrin

Penting juga bagi kamu untuk menghindari obat nyamuk yang mengandung bahan aktif permetrin. Sebab, bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi dan bukan pilihan yang ideal untuk melindungi bayi dari nyamuk.

4. Gunakan sesuai petunjuk

Selalu gunakan obat nyamuk sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Jangan menggunakan obat nyamuk dalam jumlah berlebihan, karena dapat menyebabkan risiko yang tidak diinginkan.

5. Pertimbangkan jenis produk obat nyamuk yang aman untuk bayi

Terakhir, pertimbangkan jenis produk obat nyamuk yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi kamu. Misalnya, kamu dapat memilih antara losion anti-nyamuk, gantungan anti-nyamuk, semprotan nyamuk, patch anti-nyamuk, atau kelambu berinsektisida.

Kandungan Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Source: Enesis

Dalam upaya melindungi bayi dari gigitan nyamuk, ada tiga bahan aktif yang umumnya dianggap aman untuk digunakan pada bayi. Adapun ketiga bahan tersebut yaitu:

1. DEET

DEET (N, N-Diethyl-meta-toluamide) adalah bahan aktif yang paling umum digunakan dalam produk obat nyamuk. Bahan ini bekerja dengan cara mengganggu sistem saraf nyamuk sehingga tidak dapat mencium bau manusia.

Bahan DEET juga aman untuk bayi jika digunakan sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.

2. IR3535, kandungan obat nyamuk yang aman untuk bayi

IR3535 (Ethyl butylacetylaminopropionate) adalah bahan aktif yang baru-baru ini dikembangkan. Sama seperti DEET, IR3535 juga bekerja dengan mengganggu sistem saraf nyamuk. Produk yang mengandung IR3535 aman untuk bayi jika digunakan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

3. Minyak esensial

Minyak esensial seperti minyak lavender, minyak lemon eucalyptus, dan minyak citronella dapat digunakan untuk melindungi bayi dari nyamuk. Namun, pastikan untuk mengencerkannya dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa atau minyak almond dan hindari penggunaan pada bayi yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi.

Info wajib baca: Faktor-faktor yang Menjadi Penyebab Terjadinya DBD serta Cara Pencegahannya

Tips Penggunaan Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Source: Orami

Selain memilih obat nyamuk yang aman, ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu pertimbangkan saat menggunakannya, misalnya:

1. Jangan gunakan pada kulit terbuka

Saat menggunakan obat nyamuk pada bayi, jangan pernah mengoleskannya secara langsung pada kulit bayi yang terbuka. Sebaliknya, gunakan produk tersebut pada pakaian bayi atau kelambu bayi.

2. Pantau bayi setelah menggunakan obat nyamuk

Selalu awasi bayi kamu ketika menggunakan obat nyamuk. Pastikan mereka tidak menggaruk atau menggosok produk tersebut pada kulit mereka karena khawatir dapat menyebabkan iritasi karena luka atau bahkan risiko tertelan.

3. Jangan berikan obat nyamuk pada bayi yang tidur

Jangan biarkan bayi tidur dengan obat nyamuk yang masih menyala, seperti semprotan nyamuk bakar. Hal ini dapat membuat bayi berisiko menghirup kandungan obat nyamuk yang beracun.

4. Bersihkan kulit setelah penggunaan

Setelah memberikan obat nyamuk pada bayi, penting bagi kamu untuk segera membersihkan kulit bayi dengan lembut menggunakan sabun dan air. Hal ini penting dilakukan supaya tidak menimbulkan risiko gangguan kulit pada bayi akibat penggunaan jangka panjang

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu jadi dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk dengan aman. Selalu pertimbangkan kesehatan dan kenyamanan bayi saat memilih dan menggunakan obat nyamuk, ya.


Nah, apakah kamu sering menggunakan produk obat nyamuk juga kepada bayi? Yuk, tulis cerita kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare