...
olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu
5-min read

Olahraga Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu, Apa Saja?

olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu

Mau meninggikan badan? Ini dia beberapa olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu.

Apa kamu selalu merasa rendah diri karena tinggi badanmu yang kurang ideal? Jangan khawatir, karena kali ini kita bakal bahas olahraga meninggikan badan hingga 15cm dalam 1 minggu.

Dengan melakukan olahraga-olahraga berikut ini, kamu bisa menambah tinggi badanmu dalam waktu singkat, lho. Yuk simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya! Langsung mulai aja, yuk!

Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu
Source: Alodokter

Tinggi badan adalah fitur genetik yang ditentukan oleh faktor-faktor seperti warisan keluarga, pola pertumbuhan, dan faktor-faktor lingkungan. Sementara beberapa olahraga dan kebiasaan hidup sehat dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh pada anak-anak dan remaja.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tinggi badan seseorang di antaranya:

1. Genetika

Tinggi badan cenderung diturunkan dari anggota keluarga. Faktor genetik adalah faktor utama yang menentukan potensi maksimal tinggi badan seseorang.

2. Gizi

Pola makan yang seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh adalah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, protein, vitamin D, dan zat-zat gizi lainnya dapat mendukung pertumbuhan tulang yang sehat.

3. Olahraga dan aktivitas fisik

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik yang teratur dapat membantu memperkuat tulang dan otot, serta memperbaiki postur tubuh. Aktivitas seperti berenang, bersepeda, berlari, atau bermain olahraga dapat mendukung pertumbuhan yang sehat.

4. Pola tidur yang baik

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan dan pemulihan tubuh. Selama tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang dan otot.

5. Kesehatan umum

Menjaga kesehatan umum dengan menjaga kebersihan diri, menghindari penyakit yang dapat mempengaruhi pertumbuhan, dan mengelola stres dengan baik juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan yang sehat.

Info wajib baca: Nggak Hanya Renang, Ini 6 Olahraga yang Efektif untuk Meninggikan Tubuh

Rekomendasi Olahraga Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu

olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu
Source: HonestDocs

Bukan hanya kamu yang bermasalah dan merasa kurang percaya diri sama tinggi badanmu, ya. Tenang, banyak, kok, orang yang punya masalah serupa! Ada yang mencari jalan alternatif dengan mengonsumsi suplemen peninggi badan, atau sampai melakukan pengobatan alternatif.

Buat kamu yang nggak mau ribet dan keluar uang banyak buat nambah tinggi badan, kamu bisa cukup lakukan rekomendasi olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu berikut ini!

1. Lompat tali

Ya, kamu nggak salah baca! Lompat tali ternyata bisa membantu kamu meninggikan badanmu dalam waktu singkat, lho.

Latihan yang satu ini juga jadi sebuah hal yang umum dilakukan oleh orang-orang yang mau meninggikan badan. Apakah kamu juga pernah ngelakuin hal ini biar bisa tambah tinggi? Kostmin juga suka soalnya! Hihihi.

Gerakan melompat dengan memanjangkan anggota tubuh dapat membantu peregangan tubuh dan menambah rangsangan dalam pertumbuhan tulang. Saat memutarkan tali skipping, lengan bekerja maksimal untuk mengkontraksikan otot, melepaskan hormon pertumbuhan ke seluruh  tubuh, termasuk tubuh bagian bawah.

2. Cobra stretch

Latihan yang satu ini biasanya dilakukan sesudah melakukan aktivitas berat atau latihan membentuk otot perut biar otot di bagian tersebut nggak kaku dan tegang.

Tapi, siapa sangka kalau cobra stretch ini juga bisa membantu kamu menambah tinggi badan dalam waktu singkat? Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah di rumah dengan beralaskan matras.

Pose ini juga dapat meregangkan otot bahu, dada, dan perut secara sekaligus. Nggak cuma itu, gerakan ini juga ampuh memperkuat tulang belakang, terutama kalau kamu sering merasa sakit pada area tersebut.

3. Jogging

Jogging atau olahraga lari santai juga bisa membantu kamu meningkatkan tinggi badan dalam waktu yang singkat, loh! Karena dengan melakukan salah satu olahraga meninggikan tubuh ini, kaki kamu bisa menjadi lebih panjang.

Selain bisa membantu kamu menambah tinggi badan secara singkat, jogging juga bisa membuat otot kaki menjadi lebih kuat, dan juga meningkatkan stamina serta membuat kamu bisa lebih mengatur pernapasan.

Info wajib baca: Mengenal Penyebab Mata Kuning dan Cara Mengatasinya

4. Berenang 

Siapa yang nggak suka berenang? Buat kamu yang suka atau bahkan rutin melakukan kegiatan ini, ada kabar baik, nih! Berenang juga jadi salah satu latihan yang bisa menambah tinggi badanmu!

Menurut beberapa sumber, berenang merupakan salah satu cara yang efektif untuk menambah tinggi badan. Pasalnya, nih, berenang dapat melatih semua otot-otot pada tubuh dan akan membantu menambah tinggi badan.

5. Bergelantung atau hanging

Latihan satu ini termasuk latihan menambah tinggi badan yang mudah dilakukan, bahkan bisa kamu lakukan di rumah sendiri kalau ada tiang cukup kuat untukmu bergelantung.

Olahraga ini jadi salah satu latihan yang efektif untuk menambah tinggi badan dan jenis olahraga ini mudah untuk dilakukan. Olahraga bergelantung bertujuan untuk meluruskan posisi tulang belakang seseorang. 

Bergelantung atau hanging sendiri sangat cocok dilakukan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan biar membantu mereka tumbuh lebih tinggi.

6. Peregangan tubuh

Kalau latihan yang satu ini, pasti sering kali kamu lakuin mulai dari pas baru bangun tidur, atau pas kamu lagi merasa pegal pas terus-terusan duduk, iya, kan?

Ternyata, kegiatan yang satu ini juga efektif membantu menambah tinggi badan kamu, lho! Semakin sering melakukan peregangan pada tubuh, tubuh akan semakin lentur dan mudah untuk semakin bertambah tinggi.

Salah satu latihan peregangan yang bisa membantu kamu meninggikan badan dan bisa dilakukan sendiri adalah leg stretch, di mana kamu memposisikan kaki sejajar, kemudian sentuh jari-jari kaki dengan posisi tubuh yang baik tanpa membungkuk. Tahan posisi ini hingga beberapa detik dan rasakan tiap peregangan pada tubuh. 

7. Pelvic shift

Latihan yang satu ini juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan beralaskan matras. Pelvic shift sendiri jadi salah satu latihan yang berguna untuk meluruskan tulang belakang tubuh kamu.

Karena ternyata, bentuk tulang belakang kita bisa berubah jika posisi duduk kita tidak tepat. Olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh dan bisa membuat badan lebih tinggi. 

Kamu juga bisa meminimalisasi dampak negatif dari duduk terlalu lama pada tubuh dan tinggi badanmu dengan melakukan latihan berikut ini.


Nah, kalau udah tahu olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membantu meninggikan badan dengan waktu singkat di atas, kamu juga perlu tau mitos fakta seputar olahraga, biar nggak keliru!

Perlu diingat, pastinya dalam meninggikan badan nggak bisa instan, ya. Yang pasti harus ada niat, konsistensi dalam menjalani proses, dan bantuan suplemen jika diperlukan.

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare