...
oleh oleh Malaysia
5-min read

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Malaysia | Dari Kuliner hingga Pernak-pernik Unik!

oleh oleh Malaysia

Durian Musang King menjadi salah satu oleh oleh khas Malaysia paling terkenal. Sudah pernah coba?

Terkenal sebagai negara yang satu rumpun dengan Indonesia, Malaysia juga mempunyai banyak kekayaan budaya yang bisa dinikmati oleh para turis baik itu lokal maupun mancanegara.

Saat berkunjung ke negara ini, tentunya kurang lengkap kalau nggak berburu oleh-oleh sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih mulai dari kuliner hingga barang kerajinan dengan bentuk unik dan nggak biasa.

Nah, apa kamu tertarik untuk mencari referensi oleh oleh jika berkunjung ke Malaysia? Biar nggak bingung, simak rekomendasi ya berikut ini, yuk!

Rekomendasi Oleh oleh Khas Malaysia

Mulai dari kuliner lokal hingga pernak-pernik, berikut ini beberapa oleh oleh khas Malaysia paling terkenal yang bisa kamu bawa pulang:

Info wajib baca: Wisata Malam Jogja yang Hits dan Instagramable, Udah Pernah Dateng ke Sini?

1. Kek Lapis Sarawak, oleh oleh tradisional khas Malaysia

oleh oleh Malaysia
Source: My Modern Met

Kek Lapis Sarawak adalah kue tradisional Malaysia yang terkenal dengan pola berlapis-lapis yang indah. Terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, gula, dan rempah-rempah, kek lapis Sarawak memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang khas.

Karena bentuknya yang sangat cantik, kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas atau hadiah untuk acara-acara spesial.

2. Karipap

Karipap adalah salah satu jajanan khas Malaysia yang sangat populer. Terbuat dari adonan kulit yang dibungkus dengan isian beragam seperti kentang, daging, kacang hijau, atau telur, karipap memiliki cita rasa yang gurih dan renyah.

Biasanya, dijual dalam bentuk kecil yang mudah disantap sebagai camilan atau makanan ringan. Bentuknya pun nggak begitu asing di mata orang Indonesia karena mirip dengan pastel.

3. Tau Sah Piah

Tau Sah Piah adalah salah satu oleh-oleh khas dari Penang, Malaysia. Terbuat dari kulit yang tipis dan renyah yang diisi dengan adonan gula merah atau pasta kacang hijau, tau sah piah memiliki rasa manis yang lezat dan memiliki tekstur yang mirip dengan bakpia

Camilan ini sangat populer di kalangan wisatawan dan juga sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Kudapan ini pun bisa dengan mudah kamu temukan di banyak pusat oleh oleh di Malaysia.

4. Durian Musang King,oleh oleh khas Malaysia paing terkenal

oleh oleh Malaysia
Source: MainMain.id

Durian Musang King adalah varietas durian yang terkenal di Malaysia dan menjadi unggulan di Negeri Jiran itu. Daging buah yang tebal, kuning, dan beraroma kuat menjadi ciri khas utama dari buah ini.

Rasanya manis dengan sedikit keasaman, dan sangat disukai oleh pecinta durian di seluruh dunia. Nah, Durian Musang King sering dibeli sebagai oleh-oleh untuk dinikmati atau dibagikan kepada orang terdekat.

5. Roti Jala

Roti Jala adalah sejenis roti tipis berlubang dengan tekstur lembut. Biasanya disajikan dengan kari atau kuah kacang, roti jala sangat populer di Malaysia.

Rasanya yang lezat dan presentasinya yang cantik membuat roti jala menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

6. Pua Kumbu

Nggak hanya makanan, kamu juga bisa menemukan oleh oleh lainnya di Malaysia. Salah satunya adalah Pua Kumbu atau kain tenun tradisional yang berasal dari suku Dayak di Sarawak, Malaysia.

Kain ini memiliki corak dan warna yang unik, dan sering digunakan sebagai selendang atau hiasan dinding. Pua Kumbu merupakan salah satu oleh-oleh yang paling berharga dan menarik untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

7. Wau Malaysia

Jika mau bawa pulang oleh oleh yang nggak biasa, ada juga Wau Malaysia yang bisa dibawa pulang. Wau adalah layang-layang tradisional Malaysia yang indah dan unik. Terbuat dari bambu dan kertas, wau Malaysia memiliki bentuk dan corak yang beragam.

Wau ini biasanya digunakan dalam festival dan acara tradisional Malaysia. Sayangnya, bentuk yang besar kan menyulitkan kamu jika membawanya ke pesawat. Namun jika tertarik, membawa pulang miniatur wau Malaysia sebagai oleh-oleh akan menjadi pilihan yang tepat.

Info wajib baca: Chord Lagu Malaysia Rindu Serindu Rindunya Beserta Liriknya, Cek di Sini!

8. Kerongsang, oleh oleh khas Malaysia yang mudah dibawa pulang

Kerongsang adalah bros tradisional Malaysia yang digunakan untuk menghias pakaian tradisional seperti baju kurung atau kebaya. Mirip dengan bros, Kerongsang terbuat dari logam dan dihiasi dengan batu permata atau manik-manik yang memberikan sentuhan elegan pada pakaian.

9. Labu Sayong, oleh oleh tembikar khas Malaysia

Source: Harian Metro

Labu Sayong adalah jenis kerajinan tembikar yang berasal dari Perak, Malaysia. Kerajinan ini terbuat dari tanah liat dan memiliki bentuk unik seperti labu.

Jika melihat fungsinya, Labu Sayong biasa digunakan untuk menyimpan air. Kini, Bentuknya yang unik membuat Labu Sayong sering dijadikan oleh-oleh sebagai hiasan rumah atau sebagai wadah unik untuk minuman.

10. Miniatur Menara Petronas

Menara Petronas adalah ikon terkenal Malaysia yang menjadi salah satu landmark paling dikenal di dunia. Karena nggak bisa dibawa pulang, miniatur Menara Petronas adalah oleh-oleh populer yang sering dibeli pengunjung untuk mengenang kunjungan mereka ke Negeri Jiran ini.

Miniatur ini terbuat dari berbagai bahan seperti logam atau resin, dan menjadi pilihan yang bagus sebagai hiasan meja atau kenang-kenangan.


Selama kunjungan ke Malaysia, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba dan membeli oleh-oleh khas yang unik. Dengan begitu, kamu jadi dapat membawa pulang potongan-potongan kebudayaan Malaysia yang tak terlupakan.

Apa kamu pernah melakukan kunjungan ke Malaysia? Kira-kira apa saja, nih, oleh-oleh yang bisa kau bawa? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare