...
pantangan gula darah rendah
5-min read

Pantangan Gula Darah Rendah, Hindari Makanan Ini!

pantangan gula darah rendah

Simak pantangan gula darah rendah di bawah ini, yuk!

Gula darah rendah atau hipoglikemia terjadi ketika kadar glukosa darah di dalam tubuh menjadi lebih rendah dari normal. Ketika makanan dicerna dalam tubuh, zat tersebut dipecah menjadi banyak nutrisi. Setelah itu, nutrisi ini diserap ke dalam aliran darah untuk digunakan dalam melakukan berbagai fungsi tubuh.

Penderita gula darah sebaiknya selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Gula darah rendah bisa menyerang kamu yang tidak menderita diabetes juga, lho. Jadi, yuk, simak makanan yang jadi pantangan gula darah rendah di bawah ini!

Info wajib baca: Pantangan Punya Bulu Perindu, Simak Selengkapnya di Sini!

Pantangan Gula Darah Rendah: Hal yang Perlu Kamu Ketahui

pantangan gula darah rendah
Source: Insiden 24

1. Apa itu gula darah rendah?

Seseorang menderita gula darah rendah bila kadar gula darah berada di bawah 70mg/dL. Perlu kamu ketahui gula darah rendah non-diabetes bisa terjadi beberapa jam setelah makan atau saat puasa, ketika kamu belum makan. 

Faktor lainnya dapat disebabkan oleh reaksi terhadap obat-obatan seperti terlalu banyak mengonsumsi aspirin dan menderita kanker. Maka dari itu, bagi penderita gula darah rendah non-diabetes perlu memilih makanan tertentu dan mengubah gaya hidup untuk mengelola hipoglikemia.

Perlu kamu ketahui, nih, beberapa jenis makanan wajib dihindari karena bisa menyebabkan glukosa darah melonjak cepat, ini menandakan lonjakan insulin dan mengakibatkan penurunan gula darah. 

Pada beberapa orang, reaksi tubuhnya akan berbeda. Tubuh bereaksi berlebihan dan mengatur prosesnya untuk mengurangi glukosa darah. Hasilnya adalah kadar glukosa yang terlalu rendah. Kemudian tubuh melepaskan adrenalin, serta meningkatkan glukosa dalam aliran darah atau disebut dengan reaktif hipoglikemia.

Agak sulit untuk mendiagnosis gula darah rendah atau hipoglikemia yang terjadi. Meski begitu, biasanya gejala akan terlihat secara konsisten dari satu hingga tiga jam setelah makan, setelah itu kembali normal. Apabila nggak diketahui penyebab secara medisnya, diagnosis hipoglikemia reaktif sulit untuk ditentukan.

2. Gejala gula darah rendah

Jika gula darah terus turun, otak tidak mendapatkan cukup glukosa dan akan berhenti berfungsi sebagaimana seharusnya. Hal ini bisa menyebabkan penglihatan kabur, sulit berkonsentrasi, dan mengantuk. Kalau dipaparkan lebih lanjut, berikut merupakan gejala gula darah rendah yang umum dialami:

  • Wajah pucat
  • Tubuh gemetar dan berkeringat
  • Sakit kepala
  • Perut terasa mual
  • Detak jantung yang cepat atau tidak normal
  • Merasa cemas dan kelelahan
  • Kesemutan atau mati rasa pada bibir, lidah, atau pipi

Namun, ketika kondisi gula darah rendah semakin parah, terdapat berbagai gejala lain yang muncul, seperti:

  • Merasa linglung dan tidak mampu melakukan rutinitas seperti biasa
  • Kehilangan koordinasi
  • Bicara agak cadel
  • Muncul “tunnel vision” pada penglihatan dan pandangan kabur
  • Mengalami mimpi buruk apabila sedang tertidur

3. Diagnosis untuk gula darah rendah

Gula darah rendah dapat dideteksi melalui pengecekan gula darah. Jenis cek gula darah sendiri ada beragam, yaitu:

  • Tes toleransi glukosa oral
  • Tes gula darah sewaktu
  • Tes gula darah puasa
  • Tes gula darah dua jam setelah makan
  • Tes Hemoglobin A1c (HbA1c)

Meski terdapat banyak jenis cek gula darah yang tersedia, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan tes apa yang harus dijalani sesuai kondisi dan gejala yang ada. Dokter juga akan melakukan rangkaian pemeriksaan lain apabila dicurigai bahwa kondisi gula darah rendah merupakan akibat dari penyakit lain.

Pantangan Gula Darah Rendah: Makanan dan Minuman yang Perlu Kamu Hindari

pantangan gula darah rendah
Source: Jawapos.com

Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari penderita gula darah rendah: 

1. Makanan tinggi gula dan gula pekat 

Makanan ini mempunyai efek roller coaster pada gula darah. Sejumlah makanan tinggi gula di antaranya adalah kue, pai buah, es krim, dan yogurt beku. 

2. Kafein 

Makanan yang mengandung kafein menyebabkan pelepasan hormon adrenalin yang dapat meningkatkan gula darah. Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein adalah kopi, kakao, soda, dan teh hitam. 

3. Makanan berkarbohidrat

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat terlalu banyak sebaiknya dihindari oleh pendertia gula darah rendah. Alih-alih demikian, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan karbohidrat sederhana sepanjang hari sehingga dapat membantu untuk mengatur glukosa dalam tubuh. Dengan begitu, tindakan tersebut juga dapat membantu mencegah lonjakan hipoglikemik.

Kenapa demikian? karena tubuh kamu mampu mengubah dan menyerap karbohidrat sederhana menjadi glukosa dengan mudah, meningkatkan kadar gula darah, dan memicu peningkatan pelepasan insulin bahkan beberapa jam setelah makan.

4. Minuman beralkohol 

Alkohol menyebabkan gula darah rendah, terutama diminum saat perut kosong. Bagi kamu penderita gula darah rendah, hindarilah meminum segala jenis alkohol jika kamu terkena penyakit ini. Alkohol sangat keras efeknya pada hati, yaitu organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan glukosa ke dalam tubuh. 

5. Makanan yang digoreng

Kamu juga wajib menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng. Hal tersebut dapat memengaruhi tubuh kamu dalam pelepasan kadar gula dalam tubuh.


Nah, itulah sejumlah pantangan gula darah rendah yang mesti kamu hindari. Dengan menghindari mengonsumsi makanan-makanan di atas, maka kamu akan semakin dekat dengan hidup sehat yang telah kamu idamkan. Semoga bermanfaat dan kamu bisa praktikkan, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare