...
pantangan weton rabu kliwon
5-min read

Pantangan Weton Selasa Wage yang Harus Dihindari

pantangan weton rabu kliwon

Yuk, simak pantangan weton Selasa Wage berikut ini yang dapat kamu hindari!

Selasa Wage menjadi hari yang istimewa bagi sebagian orang, terutama dalam budaya Jawa. Hari tersebut diyakini memiliki keajaiban tersendiri dan dipercayai memengaruhi keberuntungan seseorang di masa depan.

Oleh karena itu, banyak pantangan weton Selasa Wage yang harus dihindari agar tidak mengganggu harmoni hidup kamu. Tidak ingin melewatkan momen berharga ini? Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai pantangan weton Selasa Wage dalam artikel ini!

Mengapa Pantangan Weton Selasa Wage Sangat Penting?

Mengapa Pantangan Weton Selasa Wage Sangat Penting?
Source: iStock

Pantangan weton Selasa Wage sangat penting bagi mereka yang memercayai tradisi Jawa. Selasa wage adalah hari yang diperingati sebagai hari puasa air. Pada hari ini, orang Jawa tidak boleh minum air sama sekali. Mereka juga tidak boleh mengonsumsi makanan berair, seperti sayur-sayuran atau buah-buahan.

Menurut tradisi Jawa, pantangan ini sangat penting karena dipercaya bahwa hari Selasa wage adalah hari yang turun langit (khusus) bagi makhluk halus dan utusan dari Tuhan. Mereka menganggap hari ini bisa mengubah nasib baik atau buruk bagi orang yang percaya pada tradisinya.

Dengan berpuasa air, mereka diyakini akan mendapat tambahan rahmat dan rezeki dari Sang Maha Kuasa. Oleh karena itu, pantangan weton Selasa wage sangat disarankan dilaksanakan oleh umat Jawa.

Pantangan Weton Selasa Wage

Apa saja pantangan yang sebisa mungkin harus dihindari oleh pemilik weton Selasa Wage? Cek selengkapnya di sini.

1. Melaksanakan upacara sakral

Melaksanakan upacara sakral
Source: www.inforedaksi.com

Tidak disarankan untuk melaksanakan upacara sakral pada hari Selasa Wage dalam budaya Jawa karena dipercaya bahwa pada hari tersebut terdapat energi atau kekuatan mistik yang cukup kuat, yang bisa mengganggu jalannya upacara atau ritual.

Selain itu, Selasa Wage juga dikaitkan dengan karakteristik astrologi tertentu yang mungkin tidak cocok dengan energi dari upacara tertentu.

Menurut kepercayaan Jawa, ada hari-hari yang lebih cocok untuk melaksanakan upacara sakral atau kegiatan yang berkaitan dengan spiritual, seperti Jumat Kliwon atau Jumat Legi.

Oleh karena itu, untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan upacara atau ritual, para pemeluk agama Jawa memilih hari yang tepat berdasarkan perhitungan kalender Jawa atau ramalan dari dukun atau ahli astrologi.

2. Pantangan weton Selasa Wage: Memulai usaha baru atau proyek baru

Pantangan weton Selasa Wage: Memulai usaha baru atau proyek baru
Source: Garuda Systrain Interindo

Dalam budaya Jawa karena dipercaya bahwa pada hari tersebut terdapat energi atau kekuatan mistik yang kurang mendukung untuk memulai hal baru seperti usaha atau proyek.

Selain itu, Selasa Wage dikaitkan dengan karakteristik astrologi tertentu yang mungkin tidak cocok dengan kebutuhan energi untuk memulai usaha baru.

Menurut kepercayaan Jawa, ada hari-hari yang lebih cocok untuk memulai usaha baru, seperti Senin Kliwon atau Jumat Legi. Pemilihan hari untuk memulai usaha baru didasarkan pada perhitungan kalender Jawa atau ramalan dari dukun atau ahli astrologi.

3. Melakukan perjalanan jauh

Melakukan perjalanan jauh
Source: The Keyword

Tidak disarankan untuk melakukan perjalanan jauh pada hari Selasa Wage dalam budaya Jawa karena dipercaya bahwa pada hari tersebut terdapat energi atau kekuatan mistik yang kurang mendukung untuk melakukan perjalanan jauh.

Menurut kepercayaan Jawa, ada hari-hari yang lebih cocok untuk melakukan perjalanan jauh, seperti Jumat Kliwon atau Kamis Pahing. Pemilihan hari untuk melakukan perjalanan jauh didasarkan pada perhitungan kalender Jawa atau ahli astrologi.

4. Pantangan weton Selasa Wage: Memotong atau mencabut pohon

Memotong atau mencabut pohon
Source: www.sewaktu.com

Ada beberapa alasan mengapa orang Jawa dan Bali sering kali menghindari untuk memotong pohon pada hari Selasa Wage. Pertama, hari Selasa Wage merupakan hari yang dianggap sebagai hari suci bagi umat Hindu.

Oleh karena itu, melakukan aktivitas seperti memotong pohon pada hari tersebut dianggap sebagai penghinaan terhadap agama. Kedua, pada zaman dahulu, ada tradisi yang menyebutkan bahwa jika seseorang memotong pohon di hari Selasa Wage, maka ia akan mendapat musibah.

Terutama jika pohon yang dipotong adalah pohon beringin, yakni salah satu pohon yang kerap dilindungi oleh masyarakat Hindu.

Pada akhirnya, menghindari untuk memotong pohon pada Selasa Wage adalah cara bijaksana sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi dan agama yang berkembang di negeri ini.

5. Menyelesaikan pekerjaan di malam hari

Menyelesaikan pekerjaan di malam hari
Source: BERNAS.id

Menurut kepercayaan Jawa, aktivitas di malam hari pada Selasa Wage dianggap memiliki risiko mendatangkan kesialan atau bencana.

Penyebabnya adalah pada hari Selasa Wage, energi alam semesta sedang tidak stabil, sehingga aktivitas yang dilakukan pada saat tersebut bisa menjadi tidak terkendali.

Konsentrasi dan produktivitas kamu mungkin telah berkurang karena kamu merasakan emosi yang berbeda, seperti sedih atau marah. Oleh karena itu, sebaiknya tidak melakukan sesuatu yang terlalu berat di malam hari ketika kamu merasakan emosi ini, ya!

Info wajib baca: Mengungkap Keistimewaan Weton Kamis Kliwon dari Watak sampai Rezeki Kamu

Tips Menghindari Pantangan Bagi Weton Selasa Wage

Tips Menghindari Pantangan Bagi Weton Selasa Wage
Source: Muslima – Hops.id

1. Perhatikan kondisi sekitar saat ingin melakukan sesuatu

Ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan pada hari Selasa Wage, perlu memperhatikan kondisi dan situasi sekitar, serta mengambil tindakan yang paling aman dan kondusif.

Ini termasuk memperhatikan cuaca dan kondisi lingkungan sekitar, memastikan bahwa peralatan yang digunakan dalam kondisi baik, dan melakukan tindakan pencegahan lainnya yang dapat membantu mengurangi risiko atau bahaya saat melakukan aktivitas atau pekerjaan.

Info wajib baca: Wajib Tau! Ini Dia Pantangan Weton Selasa Pahing yang Perlu Diperhatikan

2. Menjaga emosi dan sikap

Dalam kepercayaan Jawa, Selasa Wage berkaitan dengan karakteristik astrologi tertentu yang mungkin kurang cocok jika melakukan kegiatan yang membutuhkan impuls atau tindakan yang terlalu emosional.

Oleh karena itu, menjaga emosi dan sikap tenang, sabar, dan positif pada hari Selasa Wage dapat membantu mengurangi risiko konflik atau situasi yang sulit diatasi. Hal ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan energi dalam tubuh dan menjaga keadaan batin agar tetap tenang dan positif.

3. Berbuat baik

Berbuat baik pada hari Selasa Wage dapat membantu menjaga keseimbangan energi positif dan menghindari energi negatif atau destruktif yang dapat memengaruhi keadaan batin dan keberuntungan seseorang.

Selain membantu menjaga keseimbangan energi positif, berbuat baik juga dapat membantu meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap orang lain, serta membantu membangun karakter positif dan moral yang kuat.


Demikian pantangan-pantangan weton Selasa Wage yang sebaiknya lebih diperhatikan. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya kepercayaan dan kebiasaan yang berkaitan dengan budaya Jawa, ya!

Jika kamu tidak percaya dengan pantangan atau tips ini, maka sebaiknya tetap melakukan aktivitas atau pekerjaan dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan serta selalu jaga kesehatan.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare