...
5-min read

5 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Alami Untuk Mengatasinya | Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah!

Kamu tidak percaya diri dengan bibir yang gelap? Cari tahu penyebab dan solusinya di sini!

Bibir menggelap bisa dialami setiap orang. Selain mengganggu pengampilan, bibir gelap juga menandakan bahwa tubuh kita tidak sehat. Tidak hanya disebabkan oleh genetika, bibir yang hitam dapat disebabkan oleh beberapa hal. Untuk itu, penting bagi kita menjaga kesehatan tubuh. Namun jangan khawatir, bibir yang hitam bisa berwarna merah mudah dengan beberapa cara alami.

Penasaran apa saja penyebab bibir hitam dan bagaimana cara agar bibir berwarna merah muda? Baca artikel ini sampai habis karena Kostmin akan menjabarkan penyebab bibir hitam. Selain itu Kostmin juga akan memberi tahu cara alami untuk membuat bibirmu berwarna pink cantik. Yuk simak selengkapnya!

Penyebab Bibir Hitam

1. Penyebab bibir hitam: paparan sinar matahari

Kita sering menggunakan sunblock untuk melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV, tetapi kita melupakan bagian paling sensitif, yaitu bibir. Jika tidak menggunakan perlindungan, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang produksi melanin yang berlebihan sehingga menyebabkan bibir berpigmen atau menjadi gelap. Perubahan warna yang mencolok terlihat pada warna kulit terang hingga sedang.

Info wajib baca: 7 Penyebab Bibir Kering dan Pecah, Jangan Sepelekan Pentingnya Minum Air Putih!

2. Penyebab bibir hitam: dehidrasi

Source: Reddit

Hidrasi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Tak hanya itu, hidrasi juga penting untuk menjaga indahnya warna pink pada bibir kita. Melansir dari Be Beautiful, kekurangan air dalam makanan dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, dan iritasi. Jadi, penting untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari dan bahkan lebih banyak lagi selama musim dingin.

3. Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga merupakan penyebab utama bibir gelap. Orang yang rutin merokok sering kali memiliki garis hitam di sekitar bibir. Saat kamumenyalakan rokok, nikotin dan tar dalam tembakau berpindah ke bibir dengan cepat. Hal ini mendorong produksi melanin pada kulit dan menyebabkan bibir menjadi gelap dalam jangka waktu tertentu.

4. Kekurangan vitamin

Salah satu penyebab utama bibir gelap adalah kekurangan vitamin B12. Pada kondisi ini, kamu akan mengalami flek hitam atau bibir yang menggelap secara tidak merata. Melansir dari Clinically, vitamin B12 sendiri diperlukan untuk produksi kulit dan sel darah yang baik.

Vitamin lain, seperti C dan E juga perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah perubahan warna. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan bibir kering dan berubah warna menjadi gelap.

5. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti obat kemoterapi dan obat antipsikotik, dapat menyebabkan efek samping penggelapan bibir. Perubahan hormonal dapat menyebabkan bibir menjadi gelap selama kehamilan, menstruasi, atau menopause. Anemia defisiensi besi dapat menyebabkan bibir pucat dan gelap.

Cara Mencerahkan Bibir Hitam

Source: Amalie Beauty

1. Eksfoliasi bibir

Eksfoliasi bibir secara teratur membantu mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Kamu bisa melakukan eksfoliasi pada bibirmu dengan lembut menggunakan sikat gigi lembut atau scrub buatan sendiri yang terbuat dari gula dan madu. Gosok lembut bibirmu dengan gerakan memutar lalu bilas dengan air hangat.

Info wajib baca: Mengungkap Penyebab Kedutan Bibir Kanan Atas dan Artinya Menurut Primbon: Ada Apa?

2. Perasan air lemon

Mengutip Times of India, perasan air lemon memiliki sifat pemutihan alami yang dapat membantu mencerahkan bibir gelap. Peras jus lemon segar dan oleskan ke bibir menggunakan bola kapas. Biarkan selama sekitar 10 menit lalu bilas. Berhati-hatilah karena air lemon dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Maka dari itu, lembapkanlah bibirmu setelah menggunakan bahan alami ini.

3. Tetap terhidrasi

Bibir gelap terkadang bisa disebabkan oleh dehidrasi. Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk bibirmu.

4. Lindungi bibir dari sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat bibirmu semakin menghitam. Oleh karenanya, oleskan lip balm dengan SPF atau gunakan pelindung fisik seperti topi atau syal untuk melindungi bibirmu dari sinar UV yang berbahaya.

5. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya dikenal karena khasiatnya yang menenangkan dan menyembuhkan. Oleskan sedikit gel lidah buaya murni ke bibirmu dan biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Penggunaan secara teratur dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap dan menjaga kelembapannya.

6. Jus buah bit

Jus buah bit bertindak sebagai pewarna bibir alami dan dapat membantu mencerahkan bibir gelap seiring waktu. Oleskan jus bit segar ke bibirmu menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Penggunaan secara teratur secara bertahap dapat meringankan pigmentasi bibir.


Itulah penyebab bibir hitam dan cara alami untuk mengatasinya. Selain membuat kita tidak percaya diri dengan penampilan, bibir hitam ternyata bisa menjadi indikasi bahwa ada yang tidak beres pada tubuh kita, jadi jangan sepelekan jika bibirmu mulai menggelap!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare