...
penyebab bibir kering dan pecah
5-min read

7 Penyebab Bibir Kering dan Pecah, Jangan Sepelekan Pentingnya Minum Air Putih!

penyebab bibir kering dan pecah

Penyebab bibir terasa kering dan pecah bisa bermacam-macam mulai dari lingkungan hingga konsumsi makanan

Kamu pernah merasa nggak enak karena bibir terasa kering dan pecah? Bibir yang kering dan pecah memang bisa mengganggu kenyamanan dan bahkan bisa mempengaruhi nafsu makan, lho.

Penyebab bibir terasa pecah dan kering juga bisa berasal dari berbagai faktor yang mungkin nggak kamu sadari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab bibir kering dan pecah yang terkadang disebabkan oleh kebiasaan sepele maupun faktor lingkungan.

Yuk, cari tahu penyebab bibir pecah dan kering serta cara-cara sederhana untuk mengatasinya. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Penyebab Bibir Kering dan Pecah

penyebab bibir kering dan pecah
Source: Kompas.com

Bibir terasa kering dan pecah bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk beberapa yang mungkin kamu nggak menyangkanya. Berikut ini beberapa penyebab umum terjadinya bibir pecah dan kering:

1. Penyebab bibir kering dan pecah karena kurang minum air putih

Kita mulai dari yang paling dasar dulu, yaitu kurangnya minum air putih. Minum cukup air putih itu penting banget, bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan bibir kita.

Jadi, kalo bibirmu udah mulai kering, coba, deh, ingat lagi, berapa banyak air putih yang sudah kamu minum hari ini. Mungkin saja asupan cairan kamu masih kurang.

Info wajib baca: 5 Cara Mudah dan Alami untuk Mengecilkan Bibir yang Terlalu Besar

2. Penyebab bibir kering dan pecah karena alkohol

Nah, ini nih yang mungkin nggak semua orang sadari. Konsumsi alkohol berlebihan bisa bikin bibir kamu kering dan pecah, lho.

Alkohol bisa mengganggu proses penyerapan vitamin dalam tubuh, jadi kamu bisa kekurangan vitamin yang sebenarnya dibutuhkan bibirmu. Kalau kamu suka minum alkohol, coba minum setidaknya 1-2 gelas air setelahnya untuk membantu tubuh menggantikan cairan yang hilang. Pastikan juga kamu tetap mencukupi asupan cairan sepanjang hari.

3. Makanan asin atau pedas

Buat yang suka makan makanan asin atau pedas, hati-hati ya. Garam yang ada di makanan asin bisa membuat iritasi pada kulit bibir dan bikin kering.

Hal ini pun berlaku juga untuk kamu yang sering mengonsumsi makanan pedas. Nggak harus stop makan makanan ini, kok. Tapi cobalah untuk penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak minum air agar tetap ada kelembaban di bibirmu.

4. Terlalu banyak paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa jadi penyebab bibir kering, bahkan kalau cuaca sedang mendung. Sinar matahari membuat kelembaban kulit dan bibir kita hilang.

Selain itu, kulit bibir juga lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit di bagian lain tubuh sehingga lebih mudah kering. Nah, kalau bibirmu sudah mulai tipis, kemerahan, atau bahkan ada luka, lebih baik kamu konsultasikan ke dokter, ya.

5. Penyebab bibir kering dan pecah karena obat-obatan

Ternyata, bibir kering juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, lho. Beberapa obat, seperti misalnya obat kemoterapi, obat penekan pembuluh darah, atau obat vertigo, bisa bikin bibir jadi kering.

Ada juga kemungkinan kamu punya alergi terhadap beberapa bahan yang ada di obat atau kosmetik yang kamu gunakan. Jadi, selalu hati-hati dan konsultasi ke dokter kalau bibirmu kering parah karena obat-obatan, ya.

6. Penyebab bibir kering dan pecah karena faktor cuaca

Kulit bibir itu sensitif banget sama perubahan suhu di luar. Cuaca dingin bisa bikin kelembaban bibir hilang, dan itu bisa bikin bibir kita pecah-pecah bahkan sampai luka. Jadi, jangan lupa pake lip balm atau pelembab bibir kalau cuaca lagi nggak bersahabat, ya.

7. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin juga bisa bikin bibir kering. Vitamin B2 itu penting banget buat kesehatan kulit, termasuk bibir. Tubuh nggak bisa produksi vitamin sendiri, jadi kamu perlu mendapatkan vitamin ini dari makanan, kayak sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Info wajib baca: Taruh Lipstikmu! Ini 8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Tanpa Makeup

Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering

Source: Halodoc

Sudah tau penyebab bibir kering dan pecah, sekarang kita bahas cara mengatasinya, yuk. Jangan khawatir, cara-cara ini nggak ribet, kok!

1. Pakai lip balm

Cara paling sederhana buat untuk mengatasi bibir kering adalah dengan pakai lip balm atau pelembab bibir. Lip balm biasanya mengandung bahan seperti petroleum, beeswax, dan minyak yang bisa melindungi bibir dari udara dingin dan kering.

Selain itu, ada juga emolien dan vitamin yang bisa melembutkan dan menutrisi bibir kamu supaya terlihat sehat.

2. Pastikan tubuh terhidrasi

Dehidrasi bisa jadi salah satu penyebab bibir kering. Jadi, pastikan kamu minum cukup air putih setidaknya dua liter per hari. Cara ini mudah banget, tapi sering kali kita nggak sadar kalau kita lagi dehidrasi.

3. Oleskan madu

Kalau suka cara alami, kamu bisa coba mengoleskan madu ke bibir. Madu bisa bantu metontokkan sel-sel kulit mati di bibir.

Caranya pun gampang, tinggal oleskan madu ke bibir kamu secara rutin, idealnya setiap hari. Tapi, kalau kamu ada tanda-tanda alergi, segera hentikan penggunaannya ya.

Jadi nggak perlu panik kalau bibir kamu kering dan pecah, deh. Dengan perawatan sederhana dan perubahan kebiasaan yang sesuai, kamu bisa menjaga kesehatan bibir. Ingat, bibir yang sehat itu penting, jadi jangan lupakan perawatannya, ya!


Nah, apa kamu pernah mengalami kondisi ini juga? Yuk, share cerita kamu dalam mengatasinya di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare