...
Cara agar kuku cepat panjang
5-min read

4 Cara agar Kuku Cepat Panjang Secara Alami, Coba Yuk!

Cara agar kuku cepat panjang

Kuku panjang sehat dan terawat menjadi dambaan banyak wanita. Simak caranya di sini!

Kuku berpotensi untuk meningkatkan penampilan dan daya tarik seseorang, khususnya di kalangan wanita. Memiliki kuku panjang yang terawat sempurna menjadi dambaan banyak wanita saat ini.

Memiliki kuku yang terawat, bersih, dan cantik tentunya akan menambah rasa percaya diri seseorang. Hal ini dikarenakan tren kuku panjang hingga nail art simple sedang marak di kalangan wanita remaja hingga dewasa.

Sayangnya, tidak semua orang mampu merawat kuku yang sudah panjang tersebut. Jadi mau tidak mau, agar terlihat rapi, kuku tersebut harus dipotong. Tenang, kini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kuku panjang dan cantik.

Penyebab Kuku Cepat Panjang

Source: Pexels

Kuku panjang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Bahkan pertumbuhan kuku masing-masing orang tidak sama, dikarenakan ada faktor-faktor yang memengaruhinya. Beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan kuku, antara lain genetik, pola makan, dan perawatan rutin.

Genetik menjadi salah satu penyebab utama mengapa sebagian orang memiliki kuku yang cepat panjang. Jika orang tua atau keluarga dekatmu memiliki kuku yang kuat dan tumbuh dengan cepat, kemungkinan besar kamu juga akan mengalami hal serupa.

Pola makan sehat juga berperan penting dalam pertumbuhan kuku. Kekurangan vitamin dan mineral tertentu seperti zat besi, biotin, dan zinc dapat membuat kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran hijau, ikan, telur, daging tanpa lemak serta buah-buahan segar agar tubuhmu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup termasuk pada area kukumu.

Selain itu, keseimbangan hormon dalam tubuh juga memengaruhi kondisi kulit serta pertumbuhan rambut di seluruh tubuh termasuk pada bagian pemicunya, yakni pada daerah kukumu.

Jadi, apabila ada ketidakseimbangan hormonal maka dampak buruk ini juga menimbulkan masalah terhadap kecepatan tumbuhnnya.

Info wajib baca: Cara dan Tips Jualan yang Efektif di TikTok Shop Agar Makin Cuan!

Cara Mudah agar Kuku Cepat Panjang

Source: Pexels

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan jika kukumu ingin cepat tumbuh panjang. Berikut di antaranya:

1. Pastikan asupan nutrisi dalam tubuh terjaga

Pastikan kamu memberi nutrisi yang cukup pada kuku dan tubuhmu secara keseluruhan. Kekurangan vitamin dan mineral penting seperti biotin, zat besi, dan seng dapat membuat pertumbuhan kuku melambat. Konsumsilah makanan sehat yang kaya akan nutrisi ini atau gunakan suplemen jika diperlukan.

Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen sesuai kebutuhan. Pastikan juga untuk menjaga kelembapan kuku dengan menggunakan produk-produk perawatan berkualitas.

2. Jaga kebersihan dan kelembapan kuku

Jaga kebersihan dan kelembapan kuku dengan baik sebagai cara merawat kuku paling mendasar. Membersihkan kuku secara teratur membantu mencegah infeksi dan mempercepat pertumbuhannya. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan bagian bawah kuku setiap hari agar tidak ada sisa-sisa debu atau bakteri yang menumpuk.

Jangan lupa juga untuk menjaga kelembapan alami pada kulit di sekitar kukumu dengan menggunakan pelembap atau minyak untuk kutikula secara rutin. Kulit yang lembap akan mendukung pertumbuhan kuku yang sehat.

3. Hindari penggunaan produk kimia berbahaya

Hindari menggunakan produk kimia keras seperti cat kuku beracun atau penghapus cat berbasis aseton. Produk-produk ini dapat membuat kuku menjadi mudah rapuh dan patah serta menghambat pertumbuhan kukumu.

4. Hindari kebiasaan mengigit kuku

Hindari kebiasaan meremas atau menggigit-gigit kukumu. Kebiasaan mengigit kuku dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula (kulit pelindung) di sekitar kukumu serta memperlambat proses pembentukan sel-sel baru yang diperlukan untuk pertumbuhan kukumu.

Tips Merawat Kuku Panjang

cara agar kuku cepat panjang
Source: Autonomous

Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk merawat kuku panjangmu supaya senantiasa sehat dan terlihat cantik.

1. Jaga kebersihan kuku

Cuci tanganmu secara teratur dan pastikan untuk membersihkan kuku dengan lembut menggunakan sikat kuku. Hindari penggunaan kuku untuk mengorek atau membersihkan sesuatu, karena hal ini dapat merusak kuku.

Jangan terlalu sering menggunakan kukumu untuk membuka tutup botol atau melakukan tugas-tugas kasar lainnya. Gunakan saja alat yang sesuai untuk tugas-tugas tersebut demi meminimalisasi terjadinya kuku patah atau banyaknya kuman yang masuk ke kuku.

2. Hindari paparan air yang berlebihan

Kuku yang sering terkena air, terutama dalam keadaan basah terlalu lama, dapat menjadi rapuh. Gunakan sarung tangan ketika mencuci piring atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang melibatkan kontak dengan air dalam waktu lama.

Info wajib baca: Ini Dia 5 Cara Unduh Video TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah

3. Potong dengan hati-hati

Gunakan gunting kuku atau kikir kuku yang baik untuk memotong kuku. Hindari memotong terlalu pendek, karena ini dapat menyebabkan masalah seperti kuku terkelupas atau terbelah.

Ketika kamu ingin melukis kuku, gunakan base coat untuk melindungi kuku dari pewarnaan yang menggunakan bahan terlalu kuat. Setelah selesai, gunakan top coat untuk memberikan lapisan pelindung agar tahan lama.

4. Lakukan perawatan rutin

Selain merawat kuku secara umum, lakukan perawatan rutin seperti memijat kutikula, memotong kuku dengan bentuk tepat, dan menghindari produk kimia yang keras.

Jika kamu mengalami masalah serius dengan kukumu, seperti infeksi atau penebalan yang tidak normal, segera konsultasikan dengan seorang ahli kuku atau dokter kulit.


Itu dia cara agar kuku cepat panjang secara alami. Kuku panjang memang terlihat lebih cantik, namun kamu harus lebih ekstra dalam merawatnya supaya kukumu tetap sehat dan terawat. Kalau kamu tim kuku panjang atau kuku pendek?

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare