...
penyebab dada kiri sakit pada wanita
5-min read

6 Penyebab Dada Kiri Sakit pada Wanita dan Kenali Kenapa Dada Seseorang Bisa Sakit

penyebab dada kiri sakit pada wanita

Cewek-cewek, yuk simak penyebab dada kiri sakit pada wanita yang patut kamu waspadai berikut ini!

Apakah kamu sering merasakan sakit di dada kiri? Jangan anggap remeh gejala ini, terutama bagi wanita, dan tentu harus tau apa yang jadi penyebab dada kiri sakit pada wanita. Faktanya, dada kiri menjadi bagian tubuh yang paling rentan mengalami masalah kesehatan, seperti jantung dan payudara.

Oleh karena itu, mengetahui penyebabnya seperti mengetahui penyebab kenapa dada terasa sakit sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kita. Yuk, simak artikel berikut ini!

Kenapa Dada Seseorang Bisa Sakit?

sakit dada
Source: Lifepal

Nggak cuma wanita, tapi pria, bahkan semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit di bagian dada. Baik itu di kanan, kiri, atau tengah.

Dada yang sakit bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari masalah yang ringan, hingga masalah serius yang memerlukan perawatan medis segera. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dada sakit pada seseorang yang umum dijumpai.

1. Gangguan pada jantung

Salah satu penyebab dada sakit yang serius adalah gangguan pada jantung. Beberapa masalah jantung seperti serangan jantung, angina atau gangguan irama jantung dapat menyebabkan nyeri dada yang hebat dan membutuhkan perawatan medis segera.

2. Masalah pernapasan

Nyeri dada juga dapat disebabkan oleh masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, atau pneumonia. Masalah ini dapat mempengaruhi saluran napas dan menyebabkan sensasi sesak napas atau sulit bernafas.

3. Masalah pada otot dan tulang

Dada sakit juga dapat disebabkan oleh masalah pada otot atau tulang, seperti cedera pada tulang rusuk atau otot dada yang kram. Masalah pada tulang belakang atau osteoarthritis juga dapat menyebabkan nyeri pada dada.

4. Gangguan pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), ulkus lambung, atau peradangan pada pankreas juga dapat menyebabkan nyeri dada.

5. Kondisi kecemasan dan stres

Kondisi kecemasan dan stres dapat menyebabkan sensasi dada yang sakit atau tertekan. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami kecemasan berlebihan atau stres yang berkepanjangan.

6. Efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit, obat tekanan darah tinggi, dan obat-obatan untuk masalah jantung dapat menyebabkan nyeri dada sebagai efek sampingnya.

Inof wajib baca: Apa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Cek 7 Sumber Masalahnya!

Penyebab Dada Kiri Sakit pada Wanita

penyebab dada kiri sakit pada wanita
Source: SehatQ

Dada kiri sakit pada wanita dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk masalah pada payudara atau masalah pada organ-organ internal seperti jantung, paru-paru, dan lambung. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dada kiri sakit pada wanita yang umum ditemui.

1. Penyebab dada kiri sakit pada wanita, masalah pada payudara

Salah satu penyebab paling umum dari dada kiri sakit pada wanita adalah masalah pada payudara. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti adanya kista atau benjolan pada payudara, infeksi payudara (mastitis).

Selain itu, bisa juga dengan adanya gangguan hormon seperti sindrom pramenstruasi (PMS) atau menopause. Beberapa wanita juga mungkin mengalami nyeri dada pada saat ovulasi karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh.

2. Penyebab dada kiri sakit pada wanita, adanya gangguan jantung

Dada kiri sakit pada wanita juga bisa disebabkan oleh masalah jantung. Wanita yang mengalami nyeri dada atau sesak napas yang tidak biasa sebaiknya segera mencari bantuan medis, karena bisa menjadi gejala serangan jantung.

Gejala lain dari serangan jantung pada wanita meliputi rasa sakit di lengan kiri, punggung, rahang, atau leher, serta keringat dingin dan mual. Penting untuk diingat bahwa serangan jantung pada wanita bisa memiliki gejala yang berbeda dari pada pria, dan kadang-kadang sulit dideteksi.

3. Penyebab dada kiri sakit pada wanita, gangguan paru-paru

Dada kiri sakit pada wanita juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada paru-paru seperti pneumonia atau emboli paru, dikenal sebagai sumbatan pembuluh darah di paru-paru).

Gejala yang terkait dengan gangguan paru-paru meliputi sesak napas, batuk berdahak, dan demam. Wanita yang merasa kesulitan bernapas atau mengalami nyeri dada yang parah sebaiknya segera mencari bantuan medis.

4. Gangguan lambung

Beberapa wanita mungkin mengalami nyeri dada kiri sebagai akibat dari gangguan lambung seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau tukak lambung.

Nyeri dada pada kasus seperti ini biasanya akan bertambah buruk saat berbaring atau setelah makan makanan tertentu, misal makanan penyebab kista. Gejala lain yang terkait dengan gangguan lambung meliputi perut kembung, mual, dan muntah.

5. Masalah otot dan tulang

Dada kiri sakit pada wanita juga bisa disebabkan oleh masalah otot dan tulang, seperti cedera atau tekanan yang terjadi pada tulang rusuk atau otot-otot yang terkait dengan dada.

Wanita yang mengalami nyeri dada seperti ini biasanya akan merasa nyeri saat melakukan gerakan tertentu atau saat menekan bagian dada yang terkena masalah.

6. Penyebab dada kiri sakit pada wanita, adanya angina

Bukan masuk angin, ya, beda! Angina adalah gejala dari gangguan jantung seperti jantung koroner. Ciri-ciri dari angina adalah dada kiri yang terasa sakit, tidak nyaman, dan merasakan tekanan yang disebabkan oleh jantung yang kekurangan pasokan oksigen.

Selain dada kiri yang terasa sakit, kamu juga mungkin merasakan nyeri pada lengan, bahu, leher, punggung, atau dagu. Kalau merasakan gejala-gelaja tersebut ada baiknya kamu waspada, ya.

Inof wajib baca: Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Kamu Tahu


Perlu diingat, kalau dadamu terutama bagian kiri sedang sakit, ada baiknya untuk tetap tenang, dan menarik napas perlahan. Jika sakitnya perlahan hilang sendiri, kamu sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang berat dulu.

Tapi kalau sakit dadamu terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat. Semoga info di atas bermanfaat!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare