...
penyebab radang tenggorokan
5-min read

Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Kamu Tahu

penyebab radang tenggorokan

Kira-kira apa penyebab radang tenggorokan dan gimana cara mengatasinya, sih?

Apa kamu pernah merasa kesulitan waktu menelan makanan atau bahkan minuman? Atau mungkin, tenggorokan terasa sakit dan gatal yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman? Bisa jadi tenggorokanmu sedang radang!

Yang namanya masalah kesehatan, pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan tentu ada ragam penyebabnya, seperti penyebab batuk berdahak, dan biasanya ada lagi masalah lain yang mengikutinya sehingga kamu juga harus mengobati sakit dada bagian tengah.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas sama-sama penyebab dari kondisi yang sering dialami oleh banyak orang ini, sekaligus ada solusinya. Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Radang Tenggorokan?

penyebab radang tenggorokan
Source: KlikDokter

Radang tenggorokan, atau pharyngitis, adalah kondisi medis umum yang terjadi ketika tenggorokan seseorang menjadi meradang atau terinfeksi. Tenggorokan terletak di bagian belakang leher dan terdiri atas jaringan yang disebut faring.

Faring terdiri atas tiga bagian, yaitu nasofaring, orofaring, dan laringofaring. Radang tenggorokan dapat memengaruhi salah satu atau semua bagian ini.

Beberapa gejala umum radang tenggorokan

Yang namanya penyakit atau ada salah satu bagian tubuh yang bermasalah pasti ada gejalanya, nggak terkecuali untuk radang tenggorokan. Berikut ini beberapa gejala umum radang tenggorokan yang mungkin kamu alami:

  1. Rasa sakit, sakit atau terbakar di tenggorokan.
  2. Kesulitan menelan.
  3. Nyeri saat menelan.
  4. Batuk.
  5. Demam.
  6. Sakit kepala.
  7. Pilek.
  8. Suara serak atau hilangnya suara.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu, tergantung dari penyebabnya. Namun, jika gejalanya parah atau tidak kunjung mereda, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain itu, seseorang dapat mencegah radang tenggorokan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, seperti rajin mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang yang sakit, dan menghindari merokok atau terpapar polutan udara.

Info wajib baca: Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Penyebab Radang Tenggorokan

penyebab radang tenggorokan
Source: Halodoc

Radang tenggorokan adalah kondisi yang umum terjadi ketika tenggorokan menjadi meradang, merah, dan terasa sakit. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu para pengidapnya. Berikut adalah beberapa penyebab radang tenggorokan yang perlu diketahui.

1. Penyebab radang tenggorokan: Infeksi virus

Infeksi virus adalah penyebab umum radang tenggorokan. Virus seperti virus flu, virus yang menyebabkan pilek, dan virus mononukleosis, dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang. Gejala infeksi virus yang menyebabkan radang tenggorokan biasanya disertai dengan demam, sakit kepala, dan kelelahan.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Bakteri seperti streptokokus A, bisa menyebabkan infeksi tenggorokan yang serius yang dikenal sebagai radang tenggorokan streptokokus. Gejala radang tenggorokan streptokokus meliputi sakit tenggorokan yang parah, demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

3. Penyebab radang tenggorokan: Alergi

Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, bulu binatang, atau bahan kimia. Reaksi alergi dapat membuat tenggorokan menjadi meradang dan menyebabkan gatal dan sakit tenggorokan. Beberapa alergi makanan juga dapat menyebabkan radang tenggorokan dan gejala yang terkait seperti ruam, bengkak, dan kesulitan bernapas.

4. Asap dan polutan udara

Asap rokok, polutan udara, dan paparan bahan kimia beracun lainnya juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Paparan bahan kimia yang berlebihan dapat merusak jaringan tenggorokan dan menyebabkan iritasi dan inflamasi.

5. Penyebab radang tenggorokan: Refluks asam

Refluks asam adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Kondisi di mana asam lambung sedang nik ini juga dapat menyebabkan radang tenggorokan, sakit tenggorokan, dan batuk.

6. Menyanyi atau berbicara terlalu lama

Menyanyi atau berbicara terlalu lama juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Terlalu banyak menggunakan tenggorokan tanpa istirahat dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi, terutama jika suara ditekan atau dipaksa menghasilkan suara dengan keras.

7. Kehilangan kelembapan

Udara yang kering atau dehidrasi juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Ketika udara kering, tenggorokan cenderung lebih mudah mengalami iritasi dan inflamasi. Dehidrasi dapat membuat lendir tenggorokan menjadi lebih kental dan menyebabkan iritasi.

Info wajib baca: 8 Penyebab Kepala Kliyengan tapi Tidak Sakit yang Perlu Kamu Ketahui!

Cara Mencegah dan Mengatasi Radang Tenggorokan

penyebab radang tenggorokan
Source: Kompas.com

Terkadang, radang tenggorokan bisa membaik dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, namun ada beberapa cara yang dapat membantu meredakan gejala dan mengatasi radang tenggorokan.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi radang tenggorokan. Disimak sampai habis, ya!

1. Hindari merokok dan terpapar asap rokok

Merokok dan terpapar asap rokok bisa memperparah radang tenggorokan dan membuat kondisinya lebih buruk. Jadi, hindari merokok dan jauhi lingkungan yang terpapar asap rokok.

2. Hindari makanan pedas dan asam

Makanan pedas dan asam bisa membuat iritasi di tenggorokan dan memperburuk radang tenggorokan. Hindari makanan jenis ini sampai tenggorokan kamu pulih sepenuhnya.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu tubuh memulihkan diri dari radang tenggorokan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu.

4. Berkumur dengan air garam hangat

Larutan air garam hangat dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan dan meredakan sakit tenggorokan. Larutkan satu sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat, lalu berkumur selama 30 detik hingga satu menit, dan keluarkan air kumur dari mulut. Ulangi beberapa kali sehari.

5. Minum cairan hangat

Minum cairan hangat, seperti teh atau sup, dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan meredakan sakit. Hindari minuman yang bersuhu dingin atau sangat panas, karena ini bisa memperburuk iritasi tenggorokan.

6. Minum banyak air

Memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air bisa membantu menjaga kelembapan di tenggorokan dan mencegah iritasi. Hindari minuman yang beralkohol atau minuman berkafein karena bisa membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

7. Mengunyah permen khusus

Mengunyah permen khusus yang berisi bahan-bahan obat untuk sakit tenggkorokan juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Tapi ingat, jangan sampai terlalu berlebihan, ya!


Itu tadi pembahasan terkait penyebab radang dan cara mencegah serta mengatasinya. Kalau gejala radang tenggorokan kamu lumayan parah atau berlangsung lebih dari beberapa hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membantu meredakan gejala atau antibiotik jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri. Semoga informasi di atas membantu!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Jakarta Barat Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare