...
penyebab mulut terasa pahit
5-min read

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit serta Cara Mengatasinya | Jangan Sepelekan!

penyebab mulut terasa pahit

Ketahui beberapa penyebab kondisi mulut terasa pahit berikut ini, yuk!

Mulut terasa pahit adalah kondisi yang cukup umum dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ketika mengalami rasa pahit yang berlebihan dalam mulut, hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan mengurangi nafsu makan seseorang.

Pada artikel ini, kita akan membahas penyebab mulut terasa pahit secara lengkap, termasuk gejala yang terkait, faktor risiko, serta opsi pengobatan yang tersedia. Yuk, baca terus artikel ini sampai habis!

Info wajib baca: Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat dalam 1 Minggu, Bisakah?

Penyebab Mulut Terasa Pahit

penyebab mulut terasa pahit
Source: liputan6.com

Pada dunia medis, kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan dysgeusia. Dysgeusia tidak hanya menimbulkan rasa pahit, namun juga rasa asam atau seperti habis menjilat logam. Nah, di bawah ini Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dysgeusia dan harus kamu waspadai:

1. Gangguan pada saluran pencernaan

Mulut terasa pahit dapat menjadi tanda adanya gangguan pada saluran pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), penyakit hati, atau gangguan empedu. Kondisi-kondisi ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan dan mulut, sehingga menimbulkan rasa pahit yang terus-menerus. Terjadinya refluks asam ini dapat mengiritasi rongga mulut dan menyebabkan rasa pahit yang tidak sedap.

2. Gangguan pada gigi dan gusi

Infeksi pada gigi dan gusi, seperti radang gusi atau abses gigi, dapat menyebabkan rasa pahit dalam mulut. Bakteri yang berkembang biak dalam rongga mulut dapat menghasilkan senyawa berbau dan berasa pahit. Selain itu, gigi yang berlubang atau penumpukan plak juga dapat menjadi tempat bagi bakteri dan makanan yang membusuk, di mana menyebabkan rasa pahit tidak sedap.

3. Mengonsumsi obat-obatan

Beberapa obat-obatan, seperti antibiotik, antihistamin, dan obat-obat antihipertensi, dapat menyebabkan efek samping berupa mulut terasa pahit. Komponen aktif dalam obat-obatan tersebut dapat mengubah keseimbangan rasa di mulut, sehingga menghasilkan sensasi pahit. Jika kamu mengalami gejala ini setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

4. Gangguan sistem saraf

Beberapa gangguan pada sistem saraf, seperti gangguan pada saraf kranial atau gangguan neurologis, dapat memengaruhi persepsi rasa pada lidah dan menyebabkan mulut terasa pahit. Selain itu, gejala diabetes, stroke, atau penyakit Alzheimer juga dapat memengaruhi persepsi rasa di mulut dan menimbulkan rasa pahit di mulut.

5. Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, produksi air liur dapat berkurang. Kurangnya air liur dalam mulut dapat menyebabkan rasa pahit yang berlebihan. Dehidrasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya asupan cairan yang cukup, demam, diare, atau kehilangan cairan berlebihan melalui keringat akibat aktivitas fisik yang intens atau cuaca panas. Penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air setiap hari.

6. Kondisi mulut kering

Kondisi mulut kering, juga dikenal sebagai xerostomia, adalah ketika produksi air liur dalam mulut berkurang. Air liur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mulut, seperti membantu proses pengunyahan, pencernaan makanan, melindungi gigi dari kerusakan, dan mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Kurangnya produksi air liur juga dapat memicu munculnya rasa pahit di mulut. Kondisi ini juga sering kali menimbulkan bau mulut dan napas yang tidak sedap.

7. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon seperti perubahan kadar estrogen saat wanita sedang hamil atau menstruasi bisa menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit. Inilah mengapa biasanya wanita hamil atau yang ingin mulai menstruasi mulutnya sering kali terasa agak pahit.

Info wajib baca: Minuman Penambah Darah, Sudah Coba Minum Jus Buah Bit?

Pengobatan dan Pencegahan Mulut Terasa Pahit

mulut
Source: close-up.com

Adapun terdapat beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mencegah penyebab mulut terasa pahit, di antaranya:

1. Mengatasi penyebab yang mendasari

Jika mulut terasa pahit disebabkan oleh kondisi medis seperti GERD atau penyakit hati, pengobatan harus ditujukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan sesuai.

2. Perawatan gigi yang baik

Rajin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan benang gigi dapat membantu mencegah infeksi dan masalah gigi yang dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Kunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan yang diperlukan.

3. Menjaga kebersihan mulut

Berkumur dengan air garam hangat atau larutan antiseptik setelah makan dapat membantu mengurangi jumlah bakteri dalam mulut dan menghilangkan rasa pahit. Sikat lidah secara lembut untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada permukaan lidah.

4. Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan

Merokok dan konsumsi alkohol dapat memengaruhi kesehatan mulut secara negatif. Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu mengurangi risiko mulut terasa pahit.

5. Minum cukup air

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air setiap hari. Ini akan membantu menjaga produksi air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan dan kesehatan mulut.

Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami mulut terasa pahit yang terus menerus atau jika gejala disertai dengan masalah kesehatan lainnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, menganalisis riwayat kesehatan, dan mungkin melakukan tes diagnostik tambahan untuk menentukan penyebab yang mendasari dan merencanakan pengobatan.


Nah, itulah beberapa penjelasan terkait penyebab mulut terasa pahit beserta pengobatan dan pencegahannya. Kalau kamu punya informasi lainnya terkait hal tersebut, jangan ragu untuk bagikan di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare