...
Perbedaan obat wasir Boraginol S dan N
5-min read

Perbedaan Borraginol S dan Borraginol N, Teliti Sebelum Menggunakan!

Perbedaan obat wasir Boraginol S dan N

Hati-hati, jangan sampai kamu salah beli obat wasir. Cek dulu perbedaan Borraginol S dan N!

Penyakit ambeien atau wasir tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Wasir yang juga dikenal sebagai hemoroid adalah kondisi medis yang terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus atau dalam rektum mengalami pembengkakan atau peradangan.

Wasir dapat menyebabkan gejala seperti rasa gatal, nyeri, perdarahan saat buang air besar, dan kadang-kadang benjolan di sekitar anus. Penyakit ini dapat membuat aktivitas sehari-hari yang sangat sederhana seperti duduk, terganggu serta menimbulkan rasa tidak nyaman yang luar biasa.

Namun, jangan khawatir! Saat ini penyakit wasir dapat diatasi dengan menggunakan Boraginol S dan Boraginol N. Jika belum mengetahui perbedaan Boraginol S dan Boraginol N, yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini!

Penyebab Wasir

Source: Orami

Penyebab ambeien atau wasir dapat bervariasi dan sering kali melibatkan kombinasi dari beberapa faktor. Salah satu penyebab utama adalah tekanan berlebih pada pembuluh darah di daerah sekitar anus dan rektum.

Tekanan ini dapat terjadi karena beberapa alasan seperti sembelit kronis yang membuat kamu harus mengejan saat buang air besar. Sembelit sendiri disebabkan oleh kurangnya serat dalam diet sehari-hari, kurang minum air putih, kurangnya aktivitas fisik, atau penggunaan obat-obatan tertentu yang memengaruhi proses pencernaan.

Selain itu, kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab umum ambeien karena adanya peningkatan tekanan pada vena di area panggul.

Faktor gaya hidup juga dapat memainkan peran penting dalam perkembangan ambeien. Misalnya, duduk terlalu lama di toilet dengan tegang saat menggunakan ponsel atau membaca buku bisa meningkatkan risiko menderita kondisi ini. Bisa jadi akibat makanan penyebab ambeien yang tidak kamu sadari.

Pada kasus-kasus yang lebih jarang terjadi, faktor genetik dan riwayat keluarga juga dapat menjadi penyumbang bagi perkembangan ambeien. Dan… pada beberapa kasus, seseorang mungkin mengalami wasir tanpa adanya faktor-faktor predisposisi yang jelas.

Penting untuk diketahui bahwa setiap individu memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap kemungkinan penyebab tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan yang kaya serat, minum banyak air putih, dan perbanyak istirahat.

Info wajib baca: Bekerja Efektif, Begini Cara Pakai Obat Wasir Peluru atau Suppositoria

Jenis Borfaginol untuk Obat Wasir

Source: Orami

Boraginol merupakan obat yang digunakan untuk mengobati ambeien atau wasir. Ada dua jenis boraginol yang tersedia di pasaran, yaitu Borraginol S dan Borraginol N.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama dalam mengatasi masalah wasir, namun terdapat perbedaan penting antara keduanya.

Ketika memilih antara kedua jenis Borraginol tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dapat menentukan mana yang paling sesuai dengan kondisi tubuhmu. Dokter akan menganalisis gejala serta memberikan saran tentang penggunaan obat ini secara tepat.

Perbedaan Boraginol S dan Boraginol N

Source: Halodoc

Boraginol S dan Boraginol N adalah dua jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi masalah ambeien atau wasir.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meredakan gejala dan membantu proses penyembuhan, namun terdapat perbedaan dalam komposisi dan cara penggunaannya.

Perbedaan utama antara Borraginol S dan Borraginol N terletak pada kandungan bahan aktifnya. Borraginol S mengandung lidokain hydrochloride sebagai anestesi lokal, sehingga dapat memberikan efek mati rasa pada area yang terkena.

Sedangkan Borraginol N yang mengandung lithospermi radix extractum memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri akibat wasir.

Info wajib baca: Cara dan Tips Jualan yang Efektif di TikTok Shop Agar Makin Cuan!

Kandungan dan manfaat Borraginol

Borraginol N merupakan obat yang mengandung lithospermi radix Extractum, aethelis aminobenzoas, dibuacaine HCl, diphenhydramin HCl, dan cetramide. Borraginol N tersedia dalam bentuk supositoria dan salep. Supositoria Borraginol N digunakan untuk wasir dalam, sedangkan salep Borraginol N digunakan untuk wasir luar.

Obat ini dapat digunakan untuk membantu mengobati wasir yang disertai dengan pendarahan, luka terbuka pada dubur, anal prolapse (adanya bagian dinding rektum keluar dari anus), periproctitis (peradangan pada rektum), serta gatal-gatal pada dubur.

Sedangkan Borraginol S merupakan obat yang mengandung Lithospermi radix extr, prednisolone, lidocaine, cetrimide, aethylis aminobenzoate, lecithinum ovi. Borraginol S juga tersedia dalam bentuk supositoria dan salep. Supositoria Borraginol S digunakan untuk wasir dalam, sedangkan salep Borraginol S digunakan untuk wasir luar.

Sama seperti Borraginol N, Borraginol S juga bermanfaat untuk membantu wasir bagian luar dan dalam, disertai pendarahan, luka terbuka pada dubur, anal prolapse (adanya bagian dinding rektum keluar dari anus), periproctitis (peradangan pada rektum), serta gatal-gatal pada dubur.

Efek samping Borraginol

Hal ini juga penting untuk kamu ketahui sebelum menggunakannya untuk mengatasi penyakit wasir yang diderita. Borraginol S dan Borraginol N umumnya aman digunakan, namun beberapa efek samping berikut ini mungkin saja terjadi:

  • Reaksi alergi (seperti ruam, gatal, dan bengkak)
  • Iritasi kulit
  • Bengkak pada dubur

Jika kamu mengalami efek samping yang serius, maka segera hentikan penggunaan Borraginol dan langsung berkonsultasi kepada dokter.


Itu dia perbedaan antara Boraginol S dengan Boraginol N. Walau keduanya memiliki fungsi yang sama, namun dalam pemakaiannya kamu harus tetap hati-hati dan ikuti saran dari dokter.

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare