...
perbedaan cappuccino dan latte
5-min read

Ternyata Begini Perbedaan Cappuccino dan Latte!

perbedaan cappuccino dan latte

Apa perbedaan cappuccino dan latte? Yuk, cari tahu di sini!

Sekarang ini, banyak kafe dan kedai kopi yang menawarkan cappucino dan latte di menu mereka. Banyak orang yang tidak tahu perbedaan cappuccino dan latte, sehingga menganggapnya sama saja.

Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan yang membedakan cappucino dan latte. Agar kamu tidak salah pesan saat berada di kafe atau kedai kopi, kamu harus tahu ini.

Lalu, sebenarnya apa saja perbedaan antara cappucino dan latte yang harus kamu ketahui ini? Simak jawabannya sebagai berikut.

Info wajib baca: Kenal Lebih Dekat dengan Para Pemain Cek Toko Sebelah 2, Ini Profil dan Biodatanya

Perbedaan Cappucino dan Latte

perbedaan cappuccino dan latte
Source: Ayo Purwakarta

Inilah perbedaan dari keduanya:

1. Takaran susu menjadi perbedaan cappucino dan latte

Meskipun kedua minuman ini mengandung susu, latte memiliki rasio susu yang lebih tinggi daripada cappuccino. Walaupun keduanya sebenarnya memiliki dua cangkir espresso, latte memiliki rasio susu-ke-espresso yang lebih tinggi.

Itulah mengapa latte selalu disajikan dalam cangkir yang jauh lebih besar daripada cappuccino. Karena rasanya yang lebih lembut dan lebih susu, tidak mengherankan jika minuman ini disukai oleh semua kalangan masyarakat.

2. Sejarahnya

Latte dan cappucino juga sudah berbeda sejak lama. Bisa dibilang bahwa caffe latte adalah minuman yang terbuat dari kopi dan susu, karena kata “latte” berasal dari bahasa Italia dan berarti “susu.”

Namun, cappucino adalah minuman yang bahannya bukanlah namanya. Sejarah cappuccino sangat panjang, dan keduanya berasal dari Italia.

Orang-orang biasanya menyebut kopi yang dinikmati di pagi hari sebagai cappucino, dan istilah ini bahkan merujuk pada biarawan Capuchin.

Mereka dulunya mengenakan jubah coklat panjang dengan topi runcing yang panjang dengan ujung menjuntai. Nama minuman ini, cappuccino, berasal dari kata “tudung” dalam bahasa Italia.

3. Rasanya menjadi perbedaan cappucino dan latte

Latte dan cappuccino sama-sama terbuat dari susu, jadi cita rasanya berbeda. Karena latte lebih tinggi daripada cappuccino, orang yang menyukai kopi yang lebih ringan dan manis akan menyukai latte.

Namun, cappuccino bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai kopi dengan rasa yang lebih asam dan sedikit susu. Rasanya inilah yang membuatnya disajikan di cangkir yang lebih kecil. Banyak orang menyukai cappuccino di pagi hari meskipun rasanya sedikit pahit.

4. Penyajiannya

Selain hal-hal di atas, ada perbedaan lain di mana kedua minuman disajikan. Bahan-bahannya sama, tetapi takarannya sangat penting.

Untuk membuat kopi latte, kamu hanya perlu dua cangkir espresso, atau sekitar 60 mililiter, kemudian secangkir susu mendidih, dan foam untuk menghiasnya.

Untuk membuat kopi latte terlihat lebih manis dan sayang untuk diminum, biasanya dihiasi dengan ukiran yang menarik.

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan sebelum kamu dapat menyajikan cappuccino. Di antaranya adalah espresso, susu bubur (juga dikenal sebagai susu yang dikocok sampai berbusa), dan susu yang telah dipanaskan.

Untuk mendapatkan cita rasa yang enak, jumlah susu kental, susu rebus, dan espresso harus seimbang. Minuman ini biasanya disajikan dengan bubuk coklat di atas busa susu.

Tidak banyak yang membedakan latte dan cappuccino. Untuk pemberian susunya, terutama saat disajikan panas, bisa sangat memengaruhi pembuatan keduanya.

Hal ini akan membuat cita rasa asli susu bersaing dengan keasaman kopi. Beberapa orang bahkan suka menambahkan pemanis, seperti sirup atau gula, ke dalam latte dan cappucino mereka.

Info wajib baca: Ingin Dikagumi Banyak Orang? Inilah Cara Menjadi Cowok Cool

5. Tempat dimana harus minum

Jika kamu bingung memilih kopi apa yang ingin kamu minum di kafe atau di rumah, ada beberapa perbedaan penting yang harus kamu ingat. Cappuccino memiliki cita rasa yang lebih kuat, sedangkan latte hadir dalam gelas yang lebih besar untuk waktu yang lebih lama.

Entah itu latte atau cappuccino, masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda, dan keduanya dapat dinikmati dalam berbagai situasi. Apa pun pilihan kamu, rasa kopi tidak akan habis.

Pengertian Cappuccino

Kopi Italia yang populer adalah cappuccino, yang dikonsumsi lebih sering. Cappuccino lebih mudah diterima oleh semua orang, terutama anak-anak karena rasanya yang tidak terlalu pahit seperti espresso.

Ada espresso, tambahan susu cair, dan busa di atasnya. Beberapa orang juga suka mengganti susu dengan bubuk kayu manis atau cokelat.

Cappuccino diberi nama karena alasan tertentu. Busa di atas cangkir menyerupai topi (cap) yang dikenakan biarawan Capuchin, jadi disebut cappuccino.

Pengertian Latte

Perbandingan espresso dengan susu adalah 1 banding 3 hingga 1 banding 9, dan latte sendiri sebenarnya adalah campuran kopi dan susu. Latte sangat populer di Amerika karena rasanya yang lembut dan manis dibandingkan dengan espresso.

Latte berbeda dengan cappuccino karena mengandung 1/6 espresso, 4/6 susu cair, dan 1/6 busa susu. Tekstur kopinya yang encer memungkinkan untuk dinikmati sebagai hidangan penutup dan dapat ditambahkan berbagai perasa.

Barista juga sering menggunakan busa yang ada pada latte untuk membuat latte art atau gambar yang menarik.


Itulah dia perbedaan cappuccino dan latte yang harus kamu tahu. Selama kamu menyukai keduanya, itu tidak masalah. Kamu pasti sudah tahu bahwa latte dan cappuccino tidak sama.

Jika kamu sedang berada di kafe atau kedai kopi, kamu harus menghindari memesan sesuatu yang tidak akan kamu minum. Karena itu hanya akan melukai hati orang yang membuatnya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare