...
resensi novel perahu kertas
5-min read

Resensi Novel Perahu Kertas oleh Dewi Lestari “Dee” yang Sukses Bikin Orang Indonesia Baper Pada Masanya

resensi novel perahu kertas

Kalau kamu suka novel romance, pasti nggak asing sama novel ini! Simak resensi novel “Perahu Kertas” karya Dewi Lestari “Dee” berikut, yuk.

Halo teman-teman pembaca setia! Kali ini, kita akan membahas novel yang sudah menjadi buah bibir di kalangan pecinta literasi Tanah Air. Yaitu resensi novel “Perahu Kertas” karya Dewi Lestari “Dee”.

Siapa yang tidak kenal dengan “Perahu Kertas” karya Dewi Lestari “Dee”? Novel ini telah berhasil menarik perhatian banyak orang dan mendapat banyak pujian karena ceritanya yang memikat. Kamu yang tertarik membaca, langsung simak resensinya di bawah ini sebagai bahan pertimbanganmu.

Sinopsis Novel “Perahu Kertas”

Novel Perahu Kertas menceritakan tentang kisah persahabatan, cinta, dan idealisme. Kisah cerita novel dimulai dengan adanya sosok remaja laki-laki, ia bernama Keenan. Tokoh ini baru saja lulus SMA.

Dia adalah sosok lelaki yang cerdas, bahkan ia juga mempunyai bakat melukis yang cukup kuat di dalam dirinya. Ia bercita-cita untuk menjadi seorang pelukis.

Tetapi, semua itu hanyalah sebuah mimpi. Keenan sudah sepakat dengan ayahnya untuk menempuh pendidikan di fakultas ekonomi Bandung. Bebeda dengan tokoh Kugy, ia adalah seorang remaja yang unik. Dimana, ia mempunyai daya imajinasi yang sangat tinggi.

Ia begitu suka dengan dunia dongeng hingga ia pun bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng atau menjadi juru dongeng. Kugy begitu paham dan menyadari bahwa profesi yang diinginkannya memang bukan profesi yang bisa mendapatkan uang.

Suatu ketika, saat reuni Kugy bertemu dengan Noni dan pacarnya. Mereka sudah tidak bertemu selama bertahun-tahun. Kini mereka berdua kembali kuliah bersama di Bandung. Keenan adalah sepupu pacarnya Noni. Disinilah dimulai pertemuan antara Kugy dan Keenan.

Diam-diam Keenan dan Kugy saling jutuh cinta. Tetapi, saat itu Kugy memang sudah mempunyai kekasih yang bernama Joshua. Dan saat itu, Keenan juga sedang dekat dengan Wanda.

Di sisi lain, Kugy tetap menyibukan dirinya dengan mengajar di sekolah Darurat yang bernama sekolah Alit. Di sekolah ini, Kugy memberikan inspirasi untuk menulis sebuah dongeng yang berjudul Pasukan Alit dan Jenderal Pilik.

Sedangkan, Wanda selalu berusaha untuk memenangkan hati Keenan dengan berbagai tipu daya. Hingga hal tersebut justru membuat Keenan menjadi merasa tidak percaya diri dan tidak ingin melukis. Sampai akhirnya mereka bertengkar.

Keenan pun kabur pergi ke rumah Pak Wayan di Bali. Disini, ia dapat menemukan dunianya kembali yaitu melukis. Saat itu, ia juga menjalin hubungan dengan keponakannya Pak Wayan yang bernama Luhde.

Selang beberapa tahun, Kugy yang sudah lulus kuliah bekerja sebagai copywriter. Ia bertemu dengan tokoh Remi yang diam-diam menjatuhkan hati kepadanya.

Hingga suatu waktu, Keenan kembali ke Jakarta karya ayahnya yang sakit. Keenan pun bertemu kembali dengan Kugy dalam kondisi yang berbeda. Saat itu, kisah cinta mereka berdua kembali diuji.

Info wajib baca:

Kelebihan Novel “Perahu Kertas”

resensi novel perahu kertas
Source: Inspirasi Pagi

Novel yang udah pernah diangkat jadi sebuah film dan bahkan ada seri keduanya ini, pastinya memiliki kelebihan tersendiri yang membuat para pembaca tertarik dengan buku novel berikut.

Kelebihannya yang pertama adalah pilihan kata dan gaya bahasa, di mana pada novel ini kata dan gaya bahasa yang disajikan bersifat ringan, sederhana, dan menyesuaikan kondisi masyarakat dan para pembaca.

Hal tersebut yang membuat novel ini mudah untuk dinikmati oleh segala usia, dari remaja sampai orang dewasa.

Kelebihan lainnya adalah nilai edukatif yang dapat membantu pembaca termotivasi ada pada novel “Perahu Kertas”, misal semangat dalam meraih mimpi dan cita-cita, tetap percaya bahwa hidup ini sudah ada yang mengatur dan menetapkan, pantang mundur atau menyerah, serta memahami jati diri.

Kisah dalam novel ini juga cenderung realistis karena mungkin banyak dialami oleh para remaja. Pengaturan latar dan waktunya juga cukup terperinci tapi nggak berlebihan, yang membuat kita seakan masuk ke dalam ceritanya.

Nggak cuma tentang percintaan, novel ini juga memberikan unsur lain yang merangkul kuat sisi percintaan tersebut, di antaranya arti dari sebuah persahabatan, mimpi yang harus diperjuangkan dan digapai, serta kekeluargaan dengan segala pergolakan yang ada.

Karena deskripsi antara alur cerita, latar, dan tokoh, terbilang imajinatif, para pembaca seakan-akan dibawa berimajinasi dan membayangkan seolah-olah kejadian pada novel ini adalah nayta dan dialami oleh kita sehari-hari.

Info wajib baca:

Kekurangan Novel “Perahu Kertas”

resensi novel perahu kertas
Source: The Atlantic

Dibalik kelebihan, pasti ada kelemahan, nggak terkecuali buat buku novel yang satu ini. Kelemahan dari novel “Perahu Kertas” adalah ceritanya yang sedikit monoton. Di mana hal ini mungkin membuat sebagian pembaca merasa bosan.

Selain itu, latar tempat yang kerap kali berubah-ubah, mungkin membuat sebagian pembaca merasa kebingungan dalam memahami latar tempat yang ada di dialog-dialog para tokoh. Karena itu, para pembaca sering kali perlu waktu untuk memahaminya.


Kalau kau tertarik buat baca buku tentang kisah persahabatan lain yang nggak kalah menginspirasi, kamu bisa baca resensi novel “5 cm” dan resensi buku “Laskar Pelangi” berikut buat nambah daftar wishlist buku bacaanmu!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare