...
Senjata Kalimantan Timur
5-min read

5 Senjata Tradisional Khas Kalimantan Timur yang Punya Makna Unik

Senjata Kalimantan Timur

Kalimantan Timur memiliki ragam senjata tradisional khas dengan fungsi yang berbeda-beda

Indonesia memiliki ragam warisan budaya, salah satunya adalah senjata tradisional. Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki senjata tradisionalnya tersendiri, termasuk provinsi Kalimantan Timur.

Provinsi Kalimantan Timur memiliki ragam senjata tradisional khas yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun silam. Beberapa di antaranya sudah cukup populer di telinga masyarakat Indonesia.

Untuk mengetahui senjata tradisional apa saja yang terdapat di Kalimantan Timur, berikut lima senjata tradisional khas Kalimantan Timur yang wajib diketahui. Yuk, simak artikelnya!

Info wajib baca: 4 Jenis Senjata Tradisional Khas Bangka Belitung, Sudah Mulai Sulit Ditemukan?

Fungsi Senjata Tradisional

Source: IDN TIMES

Di luar fungsi utamanya sebagai alat pelindung diri, senjata tradisional juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti alat untuk berburu dan sebagai simbolisme atau status di masyarakat.

Senjata tradisional digunakan oleh masyarakat pada zaman dahulu untuk berburu hewan. Senjata seperti busur dan panah, tombak, dan lain-lain digunakan untuk memburu hewan yang kemudian akan dimanfaatkan kembali, misal untuk memenuhi pangan.

Selain itu, senjata tradisional juga melambangkan status tertentu di masyarakat. Beberapa senjata tradisional menjadi suatu simbol kehormatan dan kepemimpinan bagi masyarakat tertentu.

5 Senjata Tradisional Khas Kalimatan Timur

Source: Orami

Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, seperti senjata tradisional Kalimantan Utara, suku Dayak di Kalimantan Timur juga memiliki berbagai senjata tradisional. Berikut lima di antaranya:

1. Mandau

Mandau merupakan sejenis pedang pendek khas dari suku Dayak di Kalimantan Timur. Senjata ini menjadi simbol keberanian dan kekuatan suku Dayak.

Bilah Mandau berbentuk lebar dan melengkung yang terbuat dari besi atau baja. Umumnya bilah Mandau sering dilengkapi oleh ukiran indah yang mencerminkan suku Dayak.

Keunikan lain dari mandau adalah hulu (penghias di atas handle) yang sering kali terbuat dari tanduk rusa atau kepala burung enggang emas. Tidak hanya sebagai dekorasi semata, hulu juga memberikan keseimbangan saat menggunakan senjata ini dalam pertempuran.

Mandau menjadi bagian penting dalam upacara adat suku Dayak. Pada acara-acara tertentu seperti Gawai Kenyalang (Festival Kepala Burung Enggang), mandau dipamerkan sebagai simbol kebesaran dan kemampuan seorang pahlawan suku. Oleh sebab itu, Mandau bukan hanya sebagai senjata, melainkan juga simbol kehormatan dan keberanian dalam budaya Dayak.

2. Tombak

Tombak merupakan senjata tajam yang digunakan untuk berburu dan pertempuran. Senjata ini berbentuk seperti sebilah tombak dengan mata tajam dan ujung yang runcing. Masyarakat Dayak sering kali menggunakan tombak dalam upacara adat dan sebagai simbol kekuatan.

Tombak juga dapat digunakan sebagai alat perburuan. Para pemburu menggunakan tombak untuk menjebak dan mengalahkan hewan buas yang ada di hutan Kalimantan Timur.

Tombak dapat menjangkau target dari jarak jauh. Senjata ini memiliki ukuran panjang yang bervariasi, antara 2 hingga 3 meter. Tombak mampu memberikan tekanan besar pada lawan dalam pertempuran.

Di beberapa wilayah di Kalimantan Timur, Tombak juga menjadi simbol kekuatan dan kepahlawanan suku-suku Dayak.

3. Bujak

Source: romadecade.org

Bujak merupakan sebuah senjata pemukul yang terbuat dari dua bahan berbeda. Bagian tangkai terbuat dari kayu keras, sedangkan bagian ujung atau mata terbuat dari besi. Senjata ini berbeda dari keris bujak beliung yang merupakan senjata tradisional dari Kalimantan Selatan.

Ciri khas dari senjata yang satu ini adalah gagangnya yang panjang dan berat, sehingga dapat memberikan kekuatan lebih saat digunakan. Bujak memiliki panjang sekitar 3 meter.

Dalam pertempuran, bujak sering kali digunakan sebagai senjata bela diri untuk melawan musuh secara langsung. Biasanya di bagian ujung akan diberikan racun dari getah pohon untuk memberikan efek mematikan pada musuh.

Info wajib baca: 9 Senjata Tradisional Aceh, Nggak Hanya Rencong!

4. Parang

Parang merupakan sejenis pedang yang umumnya digunakan untuk berburu dan mempertahankan diri. Senjata ini terdiri atas berbagai bentuk dan ukuran, tergantung pada daerah asalnya. Parang terbuat dari logam tajam dengan pegangan kayu yang kokoh.

Kekuatan dan ketahanan parang membuat senjata ini cocok digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari alat pertanian hingga senjata perang. Parang juga dapat digunakan untuk memotong kayu atau bambu saat membangun rumah tradisional.

Parang menjadi simbol keberanian dan kekuatan dalam melindungi diri. Kehebatan parang telah dikenal sejak zaman dahulu kala dan masih menjadi bagian penting dari budaya Kalimantan Timur hingga saat ini.

5. Sumpit

Eits, ini bukan ngomongin sumpit untuk makan, ya. Sumpit yang dimaksud merupakan senjata tradisional yang digunakan untuk berburu dan pertahanan diri. Senjata ini terbuat dari bambu dan digunakan untuk melemparkan peluru kecil seperti anak panah. Sumpit juga dikenal dengan sebutan “panah bambu”.

Masyarakat Dayak kerap menggunakan sumpit untuk berburu hewan seperti babi hutan dan burung. Senjata ini panjangnya sekitar satu meter dan ujungnya dilengkapi dengan mata panah.

Salah satu keunikan sumpit terdapat pada cara penggunaannya. Untuk menggunakan sumpit, penggunanya harus menggenggam bagian tengah batang bambu tersebut dengan tangan kanan dan menempatkan mata panah pada ujung sisi belakang.

Kemudian, dengan kecepatan dan ketepatan tinggi, seseorang dapat melemparkan atau menembakkan mata panah menggunakan tenaga dari tangan kiri. Kecepatan dan ketepatan lemparan mata panah inilah yang membuat hewan buruan sulit untuk melarikan diri.


Itu dia lima senjata tradisional Khas Kalimantan Timur yang wajib diketahui. Senjata tradisional menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang penting untuk kamu ketahui. Dari lima senjata di atas, senjata mana yang sudah pernah kamu lihat?

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare