...
tempat wisata di serang
5-min read

12 Tempat Wisata di Serang Wajib Mampir | Dari Wisata Alam hingga Sejarah

tempat wisata di serang

Mau liburan di akhir pekan tapi nggak mau jauh-jauh? Mampir ke tempat wisata di Serang ini saja!

Healing tipis-tipis penting banget biar kita tetap waras. Apalagi kalau setiap hari dihujani oleh tugas dan kerjaan yang nggak ada habisnya.

Kata siapa liburan harus jauh-jauh? Di Serang ternyata banyak juga tempat wisata yang bisa jadi destinasi liburan kamu, lho. Mau tahu di mana saja?

7 Tempat Wisata Alam di Serang

Mau ke pantai nggak harus ke Bali. Serang juga punya, lho. Nggak cuma pantai, ada juga pulau, curug, dan tempat wisata alam lainnya yang nggak kalah cantik!

1. Tempat wisata di Serang: Pantai Sambolo

tempat wisata di serang
Source: Pantainesia

Salah satu pantai yang cukup terkenal di Serang adalah Pantai Sambolo. Saking terkenalnya, sering kali pantai ini ramai oleh pengunjung, nih, apalagi di akhir pekan. Meski begitu, jangan salah, pantai ini tetap bersih dan asri, lho.

Sambolo populer karena pantainya yang bebas dari kerang laut dan bentuknya landai. Pemandangannya yang eksotis juga bikin pengunjung betah berlama-lama di sana. Berasa lagi ada di Pantai Kuta Bali, deh.

2. Pantai Marbella Anyer

tempat wisata di serang
Source: Pantainesia

Selain Sambolo, ada juga pantai yang nggak kalah cantik dan terkenalnya, yaitu Pantai Marbella Anyer. Berada di Bandulu, Serang, wisata pantai Anyer ini letaknya juga sebelahan dengan Pantai Sambolo, lho, jadi kamu bisa mampir ke kedua pantai ini sekaligus, deh.

Yang bikin pewe dan makin betah, pantai ini memiliki banyak saung yang bisa jadi tempat ngaso sambil menikmati pemandangan. Dengan pasir yang putih dan bersih, di pantai ini kamu juga bisa bermain banana boat sampai surfing, lho.

3. Rumah Hutan Serang

tempat wisata di serang
Source: Instagram/@mrendi423

Nggak hanya pantai, Serang juga punya tempat wisata alam yang bikin kamu serasa lagi di daerah pegunungan, nih. Di Rumah Hutan, terdapat banyak rumah-rumah pohon, dikelilingi oleh hutan yang asri banget.

Di sini juga ada fasilitas lainnya, lho, seperti lapangan badminton sampai perpustakaan. Pokoknya cocok banget buat liburan bareng keluarga, pasangan, atau bestie. Fix banget harus masuk di list tempat buat healing, nih.

4. Taman Wisata Batu Gede Sayar

tempat wisata di serang
Source: Turtransjawa.id

Senang mendaki tapi nggak mau naik gunung? Mampir saja ke sini. Dengan suasana pedesaan yang tenang, kamu nggak akan nyangka, deh, kalau tempat ini lokasinya nggak begitu jauh dari pusat perkotaan.

Dengan sawah dan bukit yang membentang, kamu bisa puas foto-foto di sini. Mau ambil dokumentasi pakai drone juga oke banget, lho. Bisa banget jadi pilihan lokasi buat kamu yang menyediakan jasa foto pre-wed.

5. Tempat wisata di Serang: Pulau Sangiang

tempat wisata di serang
Source: KSMTour.com

Berjarak 45 menit dari Anyer lewat laut, kamu juga bisa mampir ke pulau yang cantik nan indah ini. Dengan pemandangan pantai dan terumbu karang yang masih asli, serta pasir putih dan pohon bakau yang menghiasi, nggak salah, deh, kalau Pulau Sangiang dijadikan cagar alam. Gimana nggak, di sini banyak fauna dan flora yang langka, lho!

6. Tempat wisata di Serang: Curug Cigumawang

tempat wisata di serang
Source: Travelspromo

Serang juga punya segudang curug, alias air terjun yang bisa kamu kunjungi, nih. Salah satunya Curug Cigumawang. Di sini, kamu bisa menikmati air terjun yang mengalir deras dan segar banget. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi tumbuhan dan batuan alam yang menambah kecantikan pemandangan.

Kamu juga bisa puas berenang di sini, lho, karena sungai di sini nggak terlalu deras. Kamu juga bisa panjat tembing hingga camping di sini. Seru banget, kan? Selain Curug Cigumawang, di Serang juga ada curug populer lainnya seperti Curug Betung dan Curug Bumi.

7. Arung jeram Tubing Cikalumpang

Source: pikiran-rakyat.com

Nah, bagi kamu yang suka dengan wisata yang dapat memicu adrenalin, bisa banget mencoba bermain arung jeram di Tubing Cikalumpang. Di sungai ini kamu akan merasakan aliran air yang cukup deras dan pastinya sangat menguji adrenalin.

Banten River Tubing selalu ramai pengunjung, terutama di musim liburan maupun akhir pekan. Kalau kamu mau mencoba bermain arung jeram, bisa langsung mengunjungi lokasi tempat wisata di Serang ini ada yang berlokasi di Padarincang, Serang, Banten.

Info wajib baca: 5 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Hits | Cocok Jadi Tempat Healing!

5 Tempat Wisata Sejarah di Serang

Nggak hanya wisata alam, Serang juga punya segudang tempat wisata sejarah, lho. Yuk, kita intip ada apa saja!

1. Vihara Avalokitesvara

tempat wisata di serang
Source: Bantenbisnis.com

Dibangun sejak abad ke-16, vihara ini disebut-sebut berkaitan sengan Sunan Gunung Jati, nih. Letaknya 15 km dari Kota Serang, Banten, ada juga yang menyebut kalau vihara ini dibangun pada masa emas Kerajaan Banten pimpinan Sultan Ageng Tirtayasa.

Yang membuat tempat ini unik adalah gerbangnya yang berhiaskan dua naga yang memperebutkan mustika sang penerang. Vihara ini juga disebut sebagai Klenteng Tri Darma, karena melayani tiga kepercayaan yaitu Buddha, Kong Hu Cu, dan Taoisme.

2. Tempat wisata di Serang: Istana Surosowan

Istana Surosowan
Source: Bolangbanten

Dibangun sekitar tahun 1522 sampai 1526, istana ini disebut-sebut dihancurkan pada November 1808 oleh pemerintah Belanda atas perintah Daendels.

Meski begitu, jangan sedih, karena kamu masih bisa melihat pemandian Roro Denok yang masih terjaga bentuknya. Konon katanya air di pemandian ini asalnya dari Danau Tasik Ardi yang sudah dijernihkan tiga kali, lho.

3. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk
Source: Flickr

Benteng yang satu ini adalah peninggalan Belanda, nih. Jadi jangan kaget kalau di setiap sudut bangunan ada menara pengintainya. Terletak di kawasan Pamarican, Kasemen, Serang, kamu bisa melihat langsung kota Banten Lama lewat menara pengintai di benteng ini, lho.

Walaupun terlihat usang dimakan usia, tapi benteng yang masih berdiri kokoh ini memiliki nilai sejarah yang menarik bagi para wisatawan.

4. Masjid Agung Banten Lama

masjid agung banten
Source: Instagram/@masranasama

Nggak hanya vihara, Serang juga punya tempat wisata sejarah masjid, nih. Dibangun pada pemerintahan Sultan Hasanuddin, masjid ini dikelilingi tembok setinggi satu meter dan memiliki mercusuar di sebelahnya. Desain arsitekturnya sendiri juga nggak kalah menarik, karena merupakan campuran dari gaya China, Eropa, Jawa, dan kebudayaan Hindu.

Selain berwisata sejarah, para umat Muslim juga bisa beribadah di sini, lho. Masjid ini juga mencakup pemakaman sultan Banten dan keluarganya.

5. Keraton Kaibon

Source: bantennews.co.id

Di tempat wisata di Serang ini, kamu bisa melihat kemegahan Kerajaan Banten Lama. Meski bentuknya sudah tidak lagi sempurna, namun Keraton Kaibon masih menjadi tempat favorit para pecinta wisata sejarah.

Konon, Keraton ini juga dibangun di atas air dan memiliki sebuah kanal sebagai sarana transportasi menuju Istana Surosowan. Memiliki bentuk bangunan yang eksotis, nggak heran tempat wisata ini juga sering dijadikan tempat photoshoot, lho.

Info wajib baca: Pesona Pantai Pangandaran: Fakta Unik dan Beragam Aktivitas Menarik yang Harus Kamu Tau

Di-update oleh Faniditya Ramadhan


Nah, itulah beberapa tempat wisata di Serang yang bisa kamu kunjungi dan menjadi kegiatan di weekend bersama keluarga atau pasangan tercinta. Jadi, sudah ada rencana mau pergi ke mana?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare