...
tingkatan sabuk ikspi
5-min read

Tingkatan Sabuk di Perguruan Silat IKSPI Kera Sakti | Dari Hitam, Biru, hingga Merah

tingkatan sabuk ikspi

Yuk, kenali tingkatan sabuk di perguruan IKSPI Kera Sakti ini!

Apa kamu senang dengan olahraga bela diri? Pastinya sudah nggak asing lagi, kan, dengan salah satu cabang seni bela diri kebanggaan Indonesia, yakni Pencak Silat.

Pencak silat merupakan seni bela diri khas Indonesia yang sudah populer dan mendunia. Selain itu, bela diri ini juga cukup kaya karena memiliki banyak aliran dan perguruan. Bahkan, tiap daerah bisa mempunyai aliran pencak silatnya sendiri yang membedakannya dari daerah lain.

Nah, salah satu perguruan silat yang nggak kalah populer adalah Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti. Perguruan ini juga menjadi salah satu yang memiliki banyak anggota yang tertarik untuk mempelajari seni bela diri pencak silat.

Mengenal IKSPI Kera Sakti

tingkatan sabuk ikspi
Source: SehatAqua

Memiliki pusat di Madiun, Jawa Timur, nama perguruan IKSPI Kera Sakti dalam bela diri pencak silat Tanah Air pun mulai populer. Bahkan, anggota dari perguruan silat ini sudah mencapai satu juta orang, lho!

IKSPI Kera Sakti resmi berdiri mulai tahun 1980 dan didirikan oleh seseorang yang bernama R. Totong Kiemdarto. Dirinya merupakan sosok yang memiliki kontribusi besar dalam melahirkan perguruan ini dengan pengalaman bela diri yang luar biasa.

BACA JUGA: 7 Film Terbaik Barry Prima, Aktor Lawas dengan Karya Emas

Kedekatannya dengan etnis Tionghoa pun membuat perguruan ini jadi memiliki sentuhan Kung Fu dalam beberapa jurus yang digunakannya. Hal ini pun tentunya dikombinasikan dengan jurus pencak silat yang dikuasainya setelah berguru di beberapa perguruan silat yang lebih dulu ada di Madiun.

Metode latihan IKSPI pun mempunyai beberapa tingkatan yang disimbolkan dengan penggunaan sabuk. Bagi yang ingin mahir menguasai gerakan silat di IKSPI, tentunya harus mendapatkan tingkatan sabuk tertinggi dahulu dengan mengikuti beberapa tahapan.

Ada sejumlah tahapan latihan dan tingkatan sabuk yang perlu dilewati para anggota IKSPI Kera Sakti. Berikut ini tingkatannya:

Tingkatan Sabuk IKSPI Dasar

tingkatan sabuk ikspi
Source: Pinhome

Pada tingkatan paling dasar, para anggota IKSPI Kera Sakti harus mengenakan seragam berwarna putih sebagai identitasnya. Warna ini pun dianggap sebagai warna yang bersih dan melambangkan kekosongan, sesuai dengan tujuan para anggota yang hendak berlatih di mana belum memiliki banyak pengetahuan gerakan.

Maka dari itu, pada tahap ini, ada dua tingkatan sabuk yang harus dilalui, yaitu:

1. Tingkatan sabuk hitam IKSPI Kera Sakti

Pada tingkatan paling dasar, anggota IKSPI harus mengenak sabuk berwarna hitam dengan seragam putih. Adapun selama masih mengenakan sabuk berwarna hitam, maka para anggota hanya akan mempelajari gerakan dasar dari perguruan pencak silat ini aja.

Gerakan dasar menjadi hal yang paling penting untuk dikuasai dalam silat. Sebab, gerakan ini akan melatih bagaimana seseorang akan melakukan serangan atau bertahan melindungi diri dari serangan lawan. Maka dari itu, tahapan ini harus dikuasai.

2. Sabuk kuning

Setelah menguasai gerakan dasar, maka para anggota selanjutnya sudah bisa lanjut ke tingkat yang lebih lanjut dengan mengenakan sabuk berwarna kuning. Pada tahap ini, nantinya para anggota akan mempelajari gerakan lanjutan.

Nah, beberapa gerakan yang diajari pada tingkat dasar ini di antaranya senam pelemasan, teknik dasar pukulan dan tendangan, teknik dasar pernapasan Chi Kung, dan teknik dasar pengembangan jurus.

Info wajib baca: Tingkatan Sabuk Tapak Suci, dari Siswa sampai Pendekar

Tingkatan Sabuk IKSPI Warga

Source: IDN Times

Warga adalah sebutan anggota yang sudah lulus pada ujian di tingkat dasar dan berhak untuk naik ke tingkat yang selanjutnya. Seragam yang dikenakan pun berbeda bukan lagi putih, melainkan hitam. Adapun warna sabuk IKSPI Kera Sakti yang dikenakan pada tingkatan ini yaitu:

1. Tingkatan sabuk biru IKSPI Kera Sakti

Sabuk biru adalah level pertama untuk tingkat warga. Nah, para anggotanya juga tentunya akan mempelajari beberapa gerakan yang lebih rumit jika dibandingkan pada tingkatan sebelumnya, termasuk juga mempelajari gerakan kombinasi.

2. Tingkatan sabuk merah

Setelah naik ke sabuk merah, para anggota IKSPI Kera Sakti pun selanjutnya akan mempelajari gerakan khas dari perguruan ini. Adapun fokus gerakan akan berpusat pada kecepatan dan refleks dari gerakan kombinasi

Tingkatan Sabuk IKSPI Pendekar

Pendekar merupakan tingkatan tertinggi dari perguruan IKSPI Kera Sakti. Pada tingkatan ini, seragam yang dikenakan pun menggunakan warna hitam dengan sabuk berwarna merah dan strip emas.

Adapun gerakan yang dipelajari pada tingkatan ini tentunya jauh lebih sulit dan rumit jika dibandingkan dari tingkatan di bawahnya. Namun begitu, fokus utama dari materi yang diajarkan pun umumnya masih berkaitan dengan kecepatan dan gerakan refleks saat melakukan jurus atau gerakan.


Nah, itulah beberapa tingkatan sabuk yang terdapat di perguruan IKSPI Kera Sakti Madiun. Dengan segala materi yang diajarkan, perguruan ini tentunya menjadi salah satu yang bisa kamu jadikan tempat berlatih jika ingin mahir dalam gerakan silat.

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare